Persiapan Ramadhan ala Dokter Spesialis Gizi Klinik

Persiapan Ramadhan tahun ini perlu diperkuat dengan kesiapan kesehatan, lho. Pasalnya, bulan puasa dibarengi dengan pergantian musim atau musim pancaroba. Maka dari itu, menjaga kesehatan selama bulan puasa sangat diperlukan agar puasamu bisa penuh selama sebulan! Nah, agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat, yuk simak tips persiapan puasa Ramadhan kali ini bersama dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK! 

Tips Persiapan Ramadhan dari Dokter Gizi Klinik

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, kebutuhan nutrisi saat puasa sama seperti  hari-hari biasanya. Maka dari itu, persiapan Ramadhan yang harus kamu lakukan antara lain adalah memastikan tubuh siap dan dalam kondisi fit. Berikut ini tips persiapan Ramadhan dari dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, yuk, simak bersama! 

  • Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral 

Agar imunitas tubuh terjaga selama berpuasa, persiapan Ramadhan yang perlu kamu lakukan pertama adalah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Selama berpuasa pola makanmu akan berubah, namun asupan nutrisi tidak boleh terganggu. Untuk itu, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK menyarankan agar kamu mendapatkan asupan vitamin C, vitamin B, folat, zat besi, zinc, serta selenium yang cukup 

Kamu bisa mengonsumsi True Cold-Pressed Juice dari Re.juve yang dibuat dari 100% buah segar dan sayuran organik untuk bantu penuhi kebutuhan vitamin dan mineral! Mengonsumsi True Cold-Pressed Juice dari Re.juve bukan hanya bisa membantu kamu memenuhi nutrisi, tapi juga mencegah dehidrasi. Tubuh membutuhkan cairan setidaknya 2 liter setiap harinya, maka dari itu Re.juve True Cold-Pressed Juice bisa menjadi solusi mudah memenuhi kebutuhan cairan dan mikronutrien. 

  • Komposisi Makanan Sahur Harus Lengkap 

Tips persiapan Ramadhan kedua adalah memperhatikan komposisi makanna sahurmu. Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, ketika berpuasa, selalu upayakan untuk makan sahur dengan komposisi yang lengkap. Komposisi lengkap yang dimaksud mencakup karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, vitamin dan mineral.

Karbohidrat kompleks, seperti oat atau granola. Pilihan protein, seperti ikan, telur, ayam, susu, atau kacang-kacangan. Lemak baik bisa didapatkan dari kacang almond dan alpukat, serta vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Untuk pilihan yang lebih praktis, kamu bisa mengonsumsi Oats on the Go dan Re.juve Cold-Pressed Smoothies untuk sahur yang sehat dan lengkap. 

  • Berbukalah dengan yang Sehat 

Mempersiapkan tubuh yang sehat dan kuat selama bulan Ramadhan membutuhkan konsistensi. Jadi, pastikan kalau persiapan Ramadhan kamu mencakup rutinitas sehat selama bulan puasa itu sendiri. Salah satunya adalah dengan konsisten berbuka dengan makanan yang sehat. Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK saat menjelang berbuka, kadar gula darah biasanya sudah menurun. Maka dari itu kita akan membutuhkan sumber energi yang bisa mengembalikan kadar gula darah.  

Dokter dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK menyarankan agar memilih sumber gula alamiah dari buah potong atau jus buah segar tanpa tambahan gula. Meminum jus buah dan sayur tanpa tambahan gula bisa membantu kembalikan kadar gula dan juga menghapuskan dahaga. Setelahnya, kita bisa melanjutkan dengan makan malam berkomposisi lengkap.

Siap Jalani Puasa dengan Tubuh Sehat

Nah, selain menjalankan tips persiapan Ramadhan di atas, pastikan juga kamu tetap merutinkan olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat karena kamu perlu memperhatikan kondisi cairan dalam tubuh. Kamu bisa memilih olahraga ringan, seperti jalan cepat, bersepeda, atau yoga. Pastikan kamu berolahraga di waktu yang tepat agar tidak merasa haus sepanjang hari. 

Untuk persiapan Ramadhan tahun ini, kamu bisa mulai stok Re.juve True Cold-Pressed Juice dan Cold-Pressed Smoothies untuk melengkapi nutrisi selama puasa. Kamu bisa menjadwalkan sahur dengan 1 Smoothies Re.juve dan 1 True Cold-Pressed Juice kesukaanmu agar lebih kuat puasa seharian. Selain itu, kamu bisa berbuka dengan 1 True Cold-Pressed Juice yang segar dan enak untuk menghilangkan dahaga dan mengembalikan kadar gula darah! Siap puasa jadi gak berat, dengan yang enak dan sehat bareng Re.juve!!

Interested to read more?

Download Re.juve App and unlock our exclusive articles.