Hal yang Perlu Dihindari saat Puasa Ramadan

Puasa Ramadan adalah puasa wajib yang dijalankan umat Muslim setahun sekali selama 30 hari penuh. Selama berpuasa, kita diwajibkan menahan nafsu dan mengendalikan diri dari berbagai perbuatan tidak baik. Nah, apa saja ya hal-hal yang perlu dihindari saat berpuasa di bulan Ramadan? Yuk, simak di bawah ini biar puasa kamu semakin berkah! 

1. Kurang Istirahat

Memiliki waktu istirahat yang cukup adalah modal agar berpuasa jadi tidak lesu. Pasalnya, saat puasa Ramadan, jam tidur akan sedikit terganggu karena kita melakukan sahur. Nah, mengatur jadwal tidur yang efisien sangatlah penting. Jangan biasakan begadang dan pastikan tidurmu cukup, teratur, dan berkualitas. Tubuh yang mendapatkan waktu istirahat yang pas akan lebih berenergi, meskipun sedang berpuasa sekalipun.

2. Mengonsumsi Kafein Berlebih 

Hal kedua yang perlu dihindari saat puasa Ramadan adalah mengonsumsi kafein. Kafein memiliki berpengaruh pada hormon antidiuretik yang mengontrol pembuangan cairan tubuh dalam bentuk urine. Artinya, ketika kamu minum kopi, maka besar kemungkinan kamu akan sering buang air kecil. Hal ini tentunya akan menggangu kinerja tubuh. Bila kamu minum kopi di sore hingga malam saat berbuka, maka akan mempengaruhi waktu tidurmu. Sedangkan, bila diminum saat sahur, maka kamu akan lebh sering membuang cairan tubuh saat siang. 

3. Tidur Seharian 

Saat melakukan puasa Ramadan, tubuh memang akan terasa lebih lemas karena kurangnya asupan sumber energi. Maka, tak sedikit orang yang berkeinginan untuk tidur seharian agar waktu berbuka jadi lebih cepat. Padahal, hal ini perlu dihindari, lho! Kita tetap perlu menjalankan kewajiban kita untuk bekerja dan salat. Menurut penelitian, tidur berlebih juga bisa mengganggu metabolisme tubuh, lho! 

4. Melewatkan Sahur 

Meskipun sahur bukan kewajiban, namun sahur merupakan sunnah Rasul yang sayang bila dilewatkan. Selain menambah berkah saat bulan puasa Ramadan ini, sahur juga memiliki manfaat dari segi kesehatan. Sahur bisa bantu memberikan energi untuk menjalankan aktivitas seharian. Selain itu, sahur juga bisa bantu mencegah dehidrasi dan meningkatkan konsentrasi. 

5. Mengonsumsi Makanan Cepat Saji Terlalu Banyak

Hal kelima yang perlu dihindari saat puasa Ramadan adalah kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji. Meskipun makanan seperti ini akan memberikan kemudahan serta kepraktisan, namun makanan cepat saji tidak mengandung gizi yang seimbang. Kebanyakan makanan cepat saji justru mengandung terlalu banyak lemak dan kurang vitamin serta mineral.  

Dibanding makanan cepat saji yang tidak memiliki gizi seimbang, kamu bisa beralih pada pilihan makanan dan minuman yang lebih sehat, namun tetap praktis. Contohnya, smoothie ready to drink  yang cocok dikonsumsi saat sahur untuk memberikan efek kenyang lebih lama. Kamu juga bisa mengonsumsi jus buah dan sayur murni tanpa tambahan gula saat sahur untuk bantu penuhi kebutuhan cairan, vitamin, dan mineral.  

6. Makan Berlebih 

Hal terakhir yang perlu dihindari saat puasa Ramadan adalah makan berlebih. Tujuan berpuasa adalah mengontrol nafsu, jadi cobalah untuk lebih menahan diri saat berbuka atau saat sahur. Makan berlebih juga bisa berakibat tidak baik pada kesehatan. Misalnya, bila makan berlebih saat sahur, maka kamu bisa merasa lebih letih dan mudah mengantuk karena kelebihan karbohidrat. Makan berlebihan saat berbuka juga kurang baik pada kesehatan karena bisa meningkatkan gula darah secara drastis. 

Biar berbuka lebih praktis, kamu bisa sedia sebotol Re.juve True Cold-Pressed Juice kesukaanmu! Meminum sebotol jus buah dan sayur murni tanpa tambahan gula bisa bantu menyegarkan dahaga dan memberikan tenaga setelah berpuasa seharian penuh. Konsumsi juga buah kurma yang baik bagi tubuh, seperti Nutty Dates yang ekslusif hadir di store Re.juve selama bulan Ramadan! 

Nutty Dates adalah camilan sehat yang terbuat dari kurma Medjool bercampur selai kacang, cokelat hitam dan sedikit garam laut, serta minyak kelapa. Kurma Medjool adalah kurma premium yang diimpor dari Palestina. Dikenal dengan daging buahnya yang lembut dan berukuran cukup besar, kurma ini memiliki rasa manis alami mirip karamel.  

Nah, selama bulan puasa Ramadan kali ini, Re.juve punya promo menarik yang tidak boleh kamu lewatkan, nih! Ada promo bundle Ramadan 2 Cold-Pressed Juice dan 1 Pack Nutty Dates atau 2 Cold-Pressed Juice dan 1 Smoothie. Kamu bisa mengonsumsi Smoothie dan Cold-Pressed Juice saat sahur, kemudian berbuka dengan Nutty Dates dan satu Cold-Pressed Juice! Bundle spesial Ramadan ini cocok banget kan untuk menemani sahur dan berbukamu? Tunggu apa lagi? Segera dapatkan promo spesial Ramadan di store Re.juve terdekat atau melalui website dan marketplace!