Menjaga Berat Badan dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian banyak orang. Namun, untuk mencapai berat ideal tentunya ada beberapa langkah yang harus diikuti. Salah satunya dengan memperhatikan pola makan seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, serta vitamin mineral dari buah dan sayur. Lalu, seberapa besarkah porsi mengonsumsi sayur dan buah agar kita bisa menjaga berat badan ideal? Simak jawaban dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp.GK di bawah ini! 

Manfaat Buah dan Sayur bagi Kesehatan

Berdasarkan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi buah dan sayur minimal 400gr per. Menurut dr. Juwalita, 400gr tersebut setara dengan 5 porsi sayur dan buah sebanyak 80gr untuk seporsinya. Konsumsi buah dan sayur sesuai dengan rekomendasi WHO dapat menunjang kesehatan secara umum. Sayur dan buah bisa bantu menurunkan risiko penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, serta beberapa jenis kanker.  

Dokter Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK juga menyebutkan kalau manfaat asupan buah dan sayur juga dapat membantu menjaga berat badan ideal. Hal ini dikarena kandungan sayur dan buah tinggi akan serat dan air sehingga lebih mengenyangkan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah dan sayur juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.  

Selain itu, buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya saja, vitamin C dan antioksidan beta karoten memiliki peran melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Vitamin dan mineral yang tercukupi dengan baik juga bisa bantu menjaga dan memperkuat imunitas tubuh. 

Pilihan Buah dan Sayur untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Memvariasikan pilihan buah dan sayur sangat penting untuk memenuhi nutrisi dan bantu menjaga berat badan ideal. Namun, bagi sebagian orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, pastinya perlu memperhatikan indeks glikemik khususnya pada buah-buahan. Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, buah-buahan segar rata-rata memiliki indeks glikemik rendah hingga sedang. Hanya buah semangka yang memiliki indeks glikemik cenderung tinggi. Namun, bila dikonsumsi dalam porsi yang pas (120gr), maka beban glikemiknya rendah. 

Selain memilih buah-buahan yang segar sebagai pilihan buah yang mampu membantu menjaga berat badan ideal, perhatikan pula pilihan sayuran yang kamu konsumsi. Jenis sayur yang direkomendasikan adalah sayur-sayur non-pati, seperti sayuran berdaun hijau, seledri, tomat, wortel, dan brokoli. Sayur non-pati tersebut dipercaya tidak menaikkan gula darah sehingga tetap baik bagi kesehatan. Sedangkan sayur pati, seperti kentang, jagung, dan kacang memiliki indeks glikemik yang cenderung lebih tinggi dibanding sayur non-pati. 

Tips Menjaga Berat Badan Ideal Secara Sehat ala Dokter Spesialis Gizi Klinik

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, tips menjaga berat badan ideal dengan membiasakan konsumsi buah dan sayur dimulai dari mendisiplinkan diri. Untuk memenuhi 5 porsi dalam sehari, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK menyarankan untuk makan utama sebanyak 2 atau 3 kali dan disertai selingan camilan buah segar sebanyak 2 kali sehari. Agar tidak mudah merasa bosan, variasikanlah jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Misalnya, konsumsi overnight oat dengan buah-buahan segar, Cold-Pressed Juice murni tanpa tambahan gula, atau sorbet buah. 

Selain memperhatikan jadwal makan dan makan selingan, lakukan juga olahraga secara rutin. Berolahraga selama minimal 30 menit sehari bisa membantu tubuh tetap sehat, aktif, dan tentunya menjaga berat bada tetap ideal. Olahraga yang dilakukan bisa berupa jalan kaki, lari, bersepeda, yoga, hingga angkat beban. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh agar manfaat olahraga tetap maksimal. 

 

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pentingnya mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga berat badan ideal. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dengan memperhatikan keseimbangan gizi serta melakukan olahraga secara rutin. Hindari juga aktivitas dan kebiasaan buruk yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, seperti merokok dan minum alkohol. Untuk bantu jaga berat badan idealmu, konsumsi jus buah dan sayur murni tanpa tambahan gula dan pengawet, seperti True Cold-Pressed Juice dari Re.juve! 

Interested to read more?

Download Re.juve App and unlock our exclusive articles.