Tipes merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan. Penyakit satu ini perlu diwaspadai karena dapat menular dengan mudah. Bahkan, tipes bisa kambuh saat daya tahan tubuhmu mulai turun, lho. Nah, kalau sudah begitu, apa saja makanan untuk tipes yang tepat dikonsumsi agar cepat pulih? Yuk, simak penjelasan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK di bawah ini!

Apa Itu Tipes?

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, tipes adalah penyakit akut yang terjadi akibat infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini dapat menyebar melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Perlu diperhatikan juga bahwa penyakit tipes dapat menular pada orang lain. Tipes menular lewat kontak dengan orang yang terinfeksi, mengonsumsi makanan atau minuman yang sama, dan bahkan menyentuh barang-barang yang terkontaminasi. Maka, dari itu, penyakit ini harus segera ditangani sebelum menularkan orang lain.

Gejala Tipes pada Orang Dewasa

Berdasarkan penjelasan oleh dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, gejala tipes melibatkan demam tinggi hingga 40 derajat, lemas, sakit kepala, hilang nafsu makan dan gangguan pencernaan. Pada beberapa kasus, gejala tipes pada orang dewasa juga meliputi mimisan dan nyeri pada sendi-sendi. Nah, gangguan pencernaan yang dialami penderita tipes bisa berupa mual, muntah, nyeri perut, hingga diare. Oleh karena itu, penderita tipes perlu menjalani perawatan dengan makanan untuk tipes yang tepat karena penyakit ini menyerang saluran pencernaan.

Pentingnya Memperhatikan Makanan untuk Penderita Tipes

Saat mengalami tipes, tubuh cenderung kehilangan nutrisi akibat muntah dan diare yang dirasakan. Belum lagi, bila penderita tipes merasa kehilangan nafsu makan. Nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan bakteri jadi tidak seimbang. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan nutrisi melalui makanan untuk tipes yang tepat dan memadai agar dapat mempercepat proses penyembuhan. 

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, dalam penyembuhan penyakit tipes, prinsip utamanya adalah mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, banyak minum air, dan terapkan prinsip keamanan pangan. Pastikan makanan untuk penderita tipes sudah dimasak secara matang sehingga terhindar dari kemungkinan kontaminasi bakteri. Maka dari itu, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK menyarankan untuk menghindari sayuran mentah terlebih dahulu saat masa pemulihan dari tipes.

Dokter Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK menyarankan beberapa pilihan makanan untuk tipes, seperti pisang, alpukat, melon, dan apel.  Buah-buahan tersebut dinilai lebih mudah diterima oleh sistem pencernaan ketika menderita tipes. Tekstur pisang dan alpukat yang lembut akan memudahkan sistem pencernaan. Apalagi, kandungan pektin dalam buah pisang dan apel sangat berguna untuk sumber energi.

Makanan Tepat untuk Tipes

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penderita tipes cenderung akan mudah lemas dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, mereka pun disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut seperti bubur. Namun, kebutuhan nutrisi seperti protein, mineral, dan vitamin juga akan sangat diperlukan untuk memulihkan tubuh dari infeksi bakteri. Maka dari itu, saat sedang kehilangan nafsu makan, penderita tipes bisa mengonsumsi smoothie ready to drink.

Smoothie ready to drink yang berprotein bisa menjadi alternatif makanan untuk tipes yang tepat dikonsumsi kala pemulihan. AvoCacao High dari Re.juve adalah salah satu alternatif terbaik karena dibuat dari alpukat segar yang dicampur dengan Whey Protein. Dalam satu botol AvoCacao High berukuran 250ml, kamu bisa mendapatkan 12 gram protein. Pilihan smoothie ini akan lebih baik karena protein hewani cenderung memiliki lemak jenuh.

Untuk kamu yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari buah-buahan, Golden Apple bisa menjadi pilihan yang tepat. Cold-Pressed Juice satu ini dibuat dari apel dan nanas yang terasa manis dan segar. Satu botol Golden Apple berukuran 250 ml dapat mencukupi 41% kebutuhan vitamin C harianmu. Vitamin C akan sangat berguna untuk memperkuat pertahanan tubuh dan melawan bakteri Salmonella typhi.

Nah, bila kamu merasa banyak kehilangan cairan akibat muntah saat menderita tipes, Coco Kopyor bisa menjadi alternatif mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang. Dibuat dari kelapa pandan wangi, kelapa kopyor, dan sedikit lemon segar, Coco Kopyor sangat cocok untuk meredakan mual karena mengandung potasium. Mengonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan gula juga sangat baik untuk mengembalikan cairan tubuh.

Kamu juga bisa mengonsumsi Golden Orange yang dibuat dari jeruk dan nanas. Cold-Pressed Juice yang satu ini sangat tinggi akan vitamin C, lho! Golden Orange juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan cairan saat muntah dan diare akibat bakteri Salmonella typhi.

Selain rekomendasi di atas, berikut ini tips agar pemulihan tipes lebih cepat:

  • Hindari makanan yang terlalu pedas dan asam. Makanan yang terlalu berlemak, berminyak, dan bersantan juga perlu dihindari karena akan memperlambat kinerja usus.
  • Hindari makanan yang setengah matang dan mengandung gas, seperti sayur kol.
  • Perhatikan konsumsi kopi karena dapat memicu produksi gas di dalam lambung.

Pulihkan Tubuh dari Tipes dengan Mudah Bersama Re.juve

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai penyakit dan makanan untuk tipes yang tepat agar pemulihan jadi lebih cepat. Untuk menunjang pemulihan tubuh dari tipes, pastikan juga kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Ingatlah untuk selalu mencuci tangan sebelum makan agar menjauhkan diri dari infeksi bakteri. Perhatikan juga keamanan pangan dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Konsultasikan kondisi tubuhmu jika gejala tipes tidak segera membaik dan bantu cukupkan kebutuhan nutrisimu dengan AvoCacao High Smoothie, Golden Apple, Coco Kopyor dan Golden Orange dari Re.juve!

Interested to read more?

Download Re.juve App and unlock our exclusive articles.