Saat musim hujan, kita cenderung mudah sakit. Apalagi saat ini juga dipengaruhi oleh angka kasus Covid naik lagi. Untuk mempertahankan tubuh ketika musim hujan datang, badan akan membutuhkan nutrisi yang cukup, termasuk immune booster alami. Nutrisi yang tepat akan membantu tubuh melawan virus dan bakteri yang berkembang lebih banyak saat musim hujan. Lalu, bagaimana cara meningkatkan imun tubuh saat musim hujan tiba dan angka Covid naik? Simak jawabannya bersama dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK!

Pentingnya Meningkatkan Imun Tubuh Saat Musim Hujan dan Covid

Perubahan cuaca saat musim hujan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh. Saat cuaca tidak hujan, biasanya suhu udara akan cenderung panas. Namun, ketika hujan, cuaca akan turun secara tiba-tiba. Hal ini membuat badan bekerja keras menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu di luar. Penyesuaian ini juga berpengaruh pada kekebalan tubuh, maka saat musim hujan daya tahan tubuh cenderung menurun.

Saat daya tahan tubuh menurun, kita akan lebih rentan terinfeksi bakteri dan virus. Salah satunya virus Covid-19 yang saat ini mulai bertambah kembali kasusnya. Menurut dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK, cara meningkatkan imun tubuh adalah memastikan nutrisi yang masuk dalam tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Protein berguna untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel tubuh sehingga tubuh akan lebih siap melawan virus dan bakteri yang masuk.

Peran Nutrisi dalam Menjaga Imun Tubuh Saat Covid Naik Lagi

Menurut dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK, ada dua jenis protein yang perlu dipenuhi bagi tubuh, yaitu protein hewani yang didapat dari ikan, daging ayam, dan daging sapi tanpa lemak. Lalu, ada pula protein nabati yang bersumber pada kacang-kacangan, seperti tempe dan tahu. Lemak baik seperti omega 3 didapatkan dari salmon, makarel, biji chia, dan buah alpukat.

Berdasarkan penjelasan dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK, mikronutrien yang dibutuhkan untuk memperkuat imun tubuh terlebih saat virus Covid-19 semakin meningkat adalah vitamin B6, B12, C, D, dan E. Sedangkan mineral yang diperlukan, meliputi zinc dan selenium. Sumber makanan yang mudah didapat dan mengandung vitamin B6, menurut dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK, adalah pisang, dan bayam. Lalu, untuk vitamin C bisa didapatkan dari kiwi, jeruk, papaya, jambu, brokoli, dan bayam.

Vitamin E didapatkan dari bayam, kacang almond, serta alpukat. Sedangkan vitamin D biasanya didapatkan dari bahan makanan fortifikasi, seperti susu dan margarin, atau secara alami terdapat pada ikan laut, kuning telur, dan hati sapi. 

Selain makronutrien dan mikronutrien, dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK juga merekomendasikan untuk mengonsumsi rempah-rempah untuk menjaga imun tubuh. Jahe mengandung zat 6-gingerol berkontribusi dalam melawan infeksi virus. Selain jahe, rempah-rempah yang juga dianggap memiliki efek immune booster adalah kunyit (curcumin). Kunyit dikenal tinggi akan antioksidan dan antiinflamasi yang bisa memperkuat sistem imun.

3 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Musim Penyakit Tiba

Untuk memperkuat imun tubuh saat musim hujan tiba, mencukupi nutrisi adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK menyarankan agar menerapkan pola makan yang sehat agar nutrisi yang penting bagi tubuh dapat terpenuhi. Selain mengonsumsi rekomendasi makanan yang diberikan dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK di atas, berikut ini 3 cara meningkatkan imun tubuh saat musim hujan dan terhindar dari Covid!

1. Olahraga Rutin

Cara meningkatkan imun tubuh yang pertama adalah dengan berolahraga secara rutin. Meskipun hujan, pastikan kamu tetap melakukan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Olahraga berfungsi menjaga peredaran darah tetap lancar. Dengan begitu nutrisi penting dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga rutin juga meningkatkan energi. Tubuh pun jadi lebih bugar dan bersemangat!

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat malam yang cukup sangat diperlukan tubuh, lho. Pasalnya, saat kita tertidur, proses regenerasi sel-sel tubuh berlangsung. Maka dari itu, agar tubuh mampu melawan berbagai peradangan yang diakibatkan virus dan bakteri, kita perlu mendapatkan tidur yang cukup yakni sekitar 7-8 jam. 

3. Hindari Kebiasaan Buruk

Cara meningkatkan imun tubuh yang terakhir adalah dengan menghindari kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah kebiasaan merokok, minum alkohol, dan konsumsi gula yang berlebih. Rokok dan alkohol bisa memicu peradangan dalam tubuh dan dalam jangka panjang bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius. Memiliki kebiasaan buruk ini bisa menurunkan daya tahan tubuh, lho. Apalagi di tengah maraknya kasus Covid yang naik lagi, perokok aktif berisiko menderita lebih parah dari mereka yang tidak.

Itulah penjelasan cara meningkatkan imun tubuh yang didukung oleh rekomendasi makanan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh dari dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK. Selain memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, jangan lupa juga untuk membiasakan diri olahraga, beristirahat yang cukup, dan menghindari kebiasaan buruk. 

Untuk bantu perkuat imun tubuh saat musim hujan terutama agar terhindar dari Covid, kamu bisa minum True Cold-Pressed Juice dari Re.juve yang tinggi vitamin C, seperti Green Guava, Beat Guava, u.Glow, dan Tropic Joy. Kamu juga bisa menikmati Oats on the Go by Re.juve yang dibuat dari chia seed sumber omega 3. Gimana? Memperkuat imun tubuh saat musim hujan jadi lebih mudah dengan Re.juve, kan?

Interested to read more?

Download Re.juve App and unlock our exclusive articles.