Mengatasi Asam Urat Tinggi dengan Makanan Penurun Asam Urat Buah dan Sayur

Apakah kamu salah satu orang yang menyukai jeroan, kerang-kerangan, daging sapi atau daging kambing, serta minuman bersoda? Pernahkah kamu merasakan nyeri sendi yang hebat di area jari kaki dan tangan? Jangan-jangan kamu menderita penyakit asam urat tinggi. 

Asam urat adalah radang sendi yang disertai rasa nyeri hebat. Bagaimana mengatasinya? Adakah makanan penurun asam urat, seperti buah dan sayur? Simak penjelasan dokter spesialis gizi klinik, dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK!

Mengenal Apa Itu Asam Urat

Kamu pasti sudah sering mendengar penyakit asam urat. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya asam urat memang ada dalam tubuh kita secara alami? Asam urat adalah senyawa yang muncul saat tubuh memecah purin pada proses pencernaan. Purin sendiri adalah zat yang diperlukan tubuh untuk memberi energi. Selain itu, purin juga berguna untuk membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuhmu.

Tubuh dapat memproduksi purin dengan sendirinya, namun ada pula makanan dan minuman yang mengandung banyak purin. Ketika tubuh melakukan proses metabolisme, asam urat yang dihasilkan akan diserap dan sisanya dibuang secara alami melalui urine. Nah, jika kamu banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, maka tubuh akan kelebihan asam urat yang berisiko pada penyakit asam urat tinggi.

Penyebab Asam Urat Tinggi dan Gejalanya

Salah satu penyebab asam urat adalah makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Jika kamu kerap mengonsumsi jeroan atau organ dalam hewan; seafood seperti kerang, udang, lobster; serta daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba, maka kemungkinan menderita asam urat akan semakin tinggi. 

Apalagi jika kamu juga sering minum minuman tinggi fruktosa. Terutama, fruktosa yang datang dari sirup jagung atau sirup maple. Hal ini disebabkan karena fruktosa juga menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi. Selain itu, konsumsi minuman bersoda dan alkohol juga memperbesar risiko terjadinya asam urat. 

Ketika tubuh kelebihan kadar asam urat dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya, maka akan terjadi penumpukan. Penumpukan tersebut dikenal sebagai kristal asam urat yang ada di persendian, baik di area jempol kaki, lutut, pergelangan kaki dan tangan. Biasanya, ketika kadar asam urat naik, area tersebut akan terjadi pembengkakan dan terasa panas yang tidak nyaman. 

Nah, selain menumpuk di persendian yang mengakibatkan nyeri sendi yang hebat, asam urat juga berpotensi menjadi batu ginjal, lho. Untuk itu, kamu perlu mengatasi kelebihan kadar asam urat dalam tubuh agar tidak memicu penyakit lainnya.

Makanan Pemicu Asam Urat

Buah dan Sayur adalah Makanan Penurun Asam Urat yang Baik

Berdasarkan dokter spesialis gizi klinik, dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK, buah dan sayur bisa menjadi makanan penurun asam urat. Beliau menjelaskan bahwa asam urat memang produk samping (byproduct) dari metabolisme fruktosa. Artinya, penguraian fruktosa dalam tubuh dapat memicu munculnya asam urat. 

Nah, meskipun buah mengandung fruktosa, namun buah juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Selain itu, buah dan sayur bisa menjadi sumber antioksidan yang baik. Antioksidan ini akan membantu menurunkan efek radikal bebas yang disebabkan oleh asam urat. 

Buah dan sayur pun juga mengandung serat yang bisa memperlambat penyerapan fruktosa di usus. Secara umum, serat juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Nah, dapat disimpulkan, buah dan sayur memiliki peran penting sebagai makanan penurun efek asam urat tinggi.

Mengatasi Asam Urat Secara Alami dengan Buah dan Sayur

Berdasarkan jawaban dari dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK, ketika kadar asam urat tinggi, kamu bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Memenuhi asupan vitamin C dari buah-buahan tentu akan lebih baik dan sehat daripada dengan suplemen atau obat-obatan. 

Nah, kamu bisa konsumsi makanan penurun asam urat seperti buah-buahan tinggi vitamin C. Misalnya, jeruk, kiwi, jambu, lemon, stroberi, apel, dan ceri. Sedangkan, untuk sayur-sayuran, kamu bisa memilih sayur yang tinggi serat dan memiliki manfaat menurunkan kadar asam urat, seperti seledri, wortel, brokoli, dan tomat.

Varian Re.juve yang Bisa Bantu Atasi Asam Urat Tinggi

Untuk bantu mengatasi asam urat tinggi, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur yang sudah disebutkan di atas. Namun, kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan buah dan sayur yang sesuai, kamu bisa mengonsumsi Cold-Pressed Juice dan SHOTs dari Re.juve saja, lho! 

Re.juve Cold-Pressed Juice dan SHOTs adalah pilihan praktis buat kamu yang ingin menurunkan kadar asam urat. Apalagi setiap jus dan SHOTs di Re.juve dibuat dari 100% bahan yang segar, alami, dan murni tanpa tambahan gula, air, serta pengawet. Berikut ini pilihannya!

1. Mighty Celery

Terbuat dari hanya dua bahan alami, yaitu stik seledri organik dan sedikit lemon segar, Cold-Pressed Juice ini bukan hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek yang baik bagi tubuh. Apalagi perpaduan seledri dan lemon adalah kombinasi yang tepat untuk bantu kurangi kadar asam urat dalam tubuh.

2. Green Celery

Untuk kamu yang baru ingin mencoba jus seledri, Green Celery adalah pilihan yang tepat. Cold-Pressed Juice ini merupakan campuran dari kale organik, apel hijau, dan nanas yang segar. Kandungan serat dan vitamin C-nya pun cukup tinggi untuk bantu serap dan kurangi efek asam urat pada tubuh.

3. Beat Guava

Salah satu varian Cold-Pressed Juice tinggi serat yang ada di Re.juve adalah Beat Guava. Varian ini adalah jus jambu Cold-Pressed pertama di Indonesia yang terbuat dari 100% bahan segar, alami, dan murni karena tanpa gula tambahan, pengawet, dan air. Beat Guava mampu memenuhi sekitar 26% kebutuhan serat dan 100% kebutuhan vitamin C harian.

4. Red Rocket

Bukan hanya bisa bantu kontrol level kolesterol dalam darah, Cold-Pressed Juice varian Red Rocket juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Maka dari itu, jus campuran bit, wortel, seledri, apel, dan nanas ini sangat cocok untuk bantu kurangi efek asam urat tinggi.

5. Blazing Kale

Sayuran hijau tinggi serat adalah salah satu cara menurunkan kadar asam urat. Apalagi, Blazing Kale merupakan campuran sayur kale, stik seledri organik, nanas, dan jeruk. Kale dan jeruk merupakan kombinasi buah dan sayur yang tinggi vitamin C. Cold-Pressed Juice ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bantu penuhi kebutuhan serat harian.

6. Cold-Pressed SHOTs

Jahe adalah salah satu rempah yang dipercaya mampu atasi peradangan. Saat asam urat kambuh, biasanya persendian akan mengalami pembengkakan. Kamu bisa mengonsumsi Cold-Pressed SHOTs yang dibuat dari campuran rempah-rempah asli dan buah segar yang kaya akan vitamin C dan serat untuk tubuh. 

Ada empat pilihan Cold-Pressed SHOTs, yakni Galanga Ginger yang terbuat dari perpaduan jahe, kencur, apel hijau, dan lemon; Curcuma Ginger dari campuran jahe, temulawak, apel hijau, dan lemon; Turmeric Ginger yang adalah campuran jahe, kunyit, lemon, dan apel hijau; serta Celery Ginger perpaduan stik seledri organik, jahe, dan lemon.

Tips Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Urat Tinggi

Nah, selain konsumsi makanan penurun asam urat, seperti buah dan sayur, kamu juga perlu memiliki pola hidup yang sehat, nih. Apalagi kalau kamu memiliki riwayat menderita penyakit asam urat tinggi, ada beberapa tips untuk menghindari kambuhnya penyakit tersebut, lho. Cek tips hidup sehat bagi penderita asam urat tinggi di bawah ini, ya!

1. Perbanyak Asupan Vitamin C dan Serat

Seperti yang sudah dijelaskan oleh dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp.GK, mengonsumsi vitamin C bisa bantu mempercepat pengeluaran asam urat secara alami. Apalagi, vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik agar mengurangi efek peradangan yang terjadi ketika kadar asam urat naik dalam tubuh. Selain vitamin C, serat adalah salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi. Serat dari buah dan sayur akan sangat membantu penyerapan asam urat dalam tubuh. 

2. Rajin Berolahraga dan Miliki Pola Hidup Sehat

Tips hidup sehat bagi penderita asam urat tinggi berikutnya adalah memiliki pola hidup yang sehat. Rajinlah berolahraga dan hindari minuman beralkohol. Selain itu, kamu juga perlu memiliki kebiasaan berolahraga. Olahraga ringan minimal tiga kali seminggu bisa bantu metabolisme tubuh tetap terjaga. Dengan begitu kadar asam urat dapat terkontrol dengan baik.

3. Batasi Asupan Gula Tambahan

Biasakan untuk membatasi asupan gula tambahan pada makanan atau minumanmu. Gula tambahan, seperti sirup jagung, sirup maple, dan gula meja adalah pemicu naiknya kadar asam urat. Bukan hanya itu saja, penggunaan gula tambahan yang berlebihan pun juga bisa memicu penyakit berbahaya lainnya.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi penyakit asam urat tinggi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan penurun asam urat, terutama vitamin C dan serat. Selalu perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi agar tubuh tidak kelebihan asam urat, ya! Jangan lupa untuk sedia Cold-Pressed Juice dari Re.juve sebagai alternatif buah dan sayur yang praktis. Terbuat dari 100% bahan alami, segar, dan murni tanpa tambahan pengawet dan air, serta zero added sugar!