6 Manfaat Antioksidan Yang Baik Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal utama yang dibutuhkan setiap orang. Gaya hidup merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kita. Tahukah kamu kalau asap rokok, asap kendaraan, sinar matahari, minuman keras, polusi udara, makanan dan minuman yang terkontaminasi racun maupun pestisida merupakan faktor-faktor yang dapat mengganggu kesehatan? Hal tersebut berbahaya karena merupakan sumber dari radikal bebas.

Dikutip dari hallosehat.com radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron yang tidak berpasangan. Molekul tersebut dapat menerima maupun menyumbangkan dirinya dari elektron lain sehingga radikal bebas bersifat tidak stabil dan reaktif. Maka dari itu, radikal bebas berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat menyerang berbagai molekul yang ada pada tubuh dan menyebabkan kerusakan sel maupun gangguan keseimbangan dalam tubuh.

 Dalam mencegah radikal bebas kamu perlu berkenalan dengan antioksidan, merupakan molekul ataupun senyawa yang dapat membantu kamu dalam mencegah bahaya maupun efek negatif dari radikal bebas. Kira-kira apa saja manfaat dari antioksidan? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

6 Manfaat Antioksidan

Seperti yang telah diketahui antioksidan adalah molekul yang dapat mencegah maupun memperbaiki kerusakan sel di dalam tubuh akibat dari paparan radikal bebas. Tahukah kamu jika tubuhmu dapat menghasilkan antioksidan? Namun, karena jumlahnya yang kurang mencukupi kamu harus mendapatkan antioksidan dari sumber lain. Antioksidan dapat kamu dapatkan dari mengonsumsi buah dan sayur. Antioksidan dalam makanan dapat berbentuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, beta karoten, likopen, karotenoid, dan fitonutrien. Ternyata antioksidan memiliki banyak wujud ya di setiap makanan, selain menangkal radikal bebas  kira-kira apa saja ya manfaat dari antioksidan?

1. Menjaga daya tahan tubuh

Radikal bebas dalam jumlah banyak akan menyebabkan stress oksidatif sehingga menghadirkan banyak penyakit. Adapun penyakit akibat dari radikal bebas diantaranya yaitu jantung, penuaan dini, alzheimer, parkinson, stroke, hipertensi, demensia, dan lain sebagainya. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Maka dari itu, antioksidan yang cukup bagi tubuh juga akan membantu tingkatkan daya tahan tubuh.

2. Mencegah penuaan dini

Terpapar sinar matahari langsung memiliki efek langsung terhadap kulit yang menyebabkan kulit akan mengalami oksidasi, dikenal dengan sebutan kerusakan foto-oksidatif. Hal ini menyebabkan berbagai macam kerusakan kulit salah satunya yaitu penuaan dini. Antioksidan dalam bentuk vitamin E dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

3. Meningkatkan memori otak 

Manfaat antioksidan selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kemampuan otak. Diketahui vitamin C dan E merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak dan mempertahankan memori atau ingatan dalam jangka panjang. 

4. Menjaga kesehatan hati

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan hati. Sel oksidatif dapat merusak sel hati. Disisi lain, hati memiliki peranan penting dalam tubuh manusia yaitu untuk memelihara keseimbangan metabolisme tubuh dan sebagai pembuang racun. Dengan antioksidan yang cukup dapat menjaga kesehatan hati dari radikal bebas dan melindungi sistem kerjanya.

5. Menjaga kesehatan mata

Antioksidan dalam makanan dapat berbentuk berbagai macam vitamin. Ada yang dikenal dengan istilah “The Age-Related Eye Disease Study” (AREDS) yang menyebutkan bahwa kombinasi dari vitamin E, vitamin C, beta karoten, dan seng memberikan fungsi perlindungan terhadap perkembangan degenerasi makula mata yang ada pada lansia. Selain itu, vitamin A yang terkandung pada buah dan sayur juga bermanfaat bagi kesehatan mata salah satunya yaitu mengatur pigmen hasil produksi retina, yaitu lapisan jaringan yang peka terhadap cahaya di mata.

6. Mencegah penyakit saraf

Antioksidan juga dipercaya mampu mencegah penyakit saraf karena memiliki fungsi dalam menanggulangi peradangan saraf yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit neurodegeneratif, dengan adanya antioksidan dapat membantu mengurangi gejala yang akan timbul seperti kecemasan maupun depresi.

Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dalam mendapatkan sumber antioksidan yang baik dapat ditemukan pada buah dan sayur. Seperti halnya vitamin C pada buah jeruk, beta karoten pada wortel, dan vitamin E pada kacang dan biji-bijian. Untuk mendapatkan sumber antioksidan yang baik dan mudah diserap tubuh kamu bisa menemukannya pada cold-pressed juice Re.juve yang menggunakan buah dan sayur segar organik dan 100% Good For You. 

Cold-Pressed Juice dari Re.juve menggunakan the true cold-pressed technology yang dapat menghancurkan seluruh buah dan sayur hingga bagian terkecil untuk mengeluarkan nutrisi dan antioksidan. Selain itu, teknologi ini tidak menghasilkan panas sehingga kandungan buah dan sayur yang ada di dalamnya tetap terjaga.