Cara menurunkan berat badan dengan diet buah dan sayur

Siapa sih yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara. Beberapa di antaranya memutuskan untuk menjaga pola makan, berolahraga lebih giat, mengurangi kalori, mengganti karbohidrat, dan masih banyak lagi. Namun, salah satu cara diet cepat, sehat, dan efektif adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Mitos atau fakta, ya? Yuk, simak jawaban dari ahli gizi, dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK di bawah ini!

Benarkah Cara Diet Cepat Dan Sehat Yang Efektif Harus Perbanyak Makan Sayur Dan Buah?

Sebagai dokter gizi klinik, dr. Juwalita mengatakan bahwa cara menurunkan berat badan yang efektif adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Hal ini dikarenakan sayur dan buah diketahui memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, sayur dan buah juga mengandung banyak serat agar rasa kenyang lebih lama dan mencegah seringnya timbul rasa lapar. Sebagai contoh, 100 gram bayam mengandung 25 kkal atau dalam 100 gram apel mengandung sekitar 60 kkal.

Dengan mengonsumsi sayur dan buah, kamu bisa memantau perkembangan berat badanmu agar lebih ideal. Apalagi, sayur dan buah mengandung gula alami. Sehingga konsumsi gula menjadi lebih aman dibandingkan dengan gula tambahan atau perisa artifisial. Selain itu, sayur dan buah juga mengandung vitamin serta mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Pilihan Sayur dan Buah untuk Diet Sehat

Ada beragam pilihan sayur dan buah segar yang bisa kamu konsumsi sebagai cara diet cepat dan sehat. Namun, pilihlah sayur dan buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Pasalnya, pilihan sayur dan buah yang tepat juga akan berpengaruh bagi kesehatanmu. Ada beberapa jenis buah yang mengandung banyak gula, tentu saja kamu perlu menghindari konsumsi buah-buah tersebut.

Nah, beberapa contoh sayur dan buah untuk diet cepat, sehat yang tepat adalah sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kale. Lalu konsumsi juga wortel, timun, dan brokoli. Selain itu, pilihan buah untuk diet cepat, sehat, dan efektif kamu bisa mengonsumsi apel, kiwi, stroberi, jeruk, pisang, dan alpukat.

Nah, jika kamu tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan dari sayur dan buah tersebut. Kamu juga bisa mengonsumsi Cold-Pressed Juice sebagai alternatif yang sehat dan enak. Re.juve Cold-Pressed Juice diproses secara higienis dari bahan yang 100% alami, murni, dan segar. 

Setiap Cold-Pressed Juice dari Re.juve dibuat tanpa air, pengawet, dan juga gula tambahan sehingga kamu bisa menikmati manfaat sayur dan buah dengan maksimal. Selain praktis, Re.juve True Cold-Pressed Juice juga tinggi serat sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama. Berikut ini beberapa pilihan Cold-Pressed Juice yang terbuat dari sayur dan buah untuk diet yang segar dan alami!

1. Classic Green

Dapat mencukupi hingga 25% serat pangan harian, Classic Green adalah alternatif jus yang sehat dan segar, nih. Terbuat dari sayur hijau yang cocok untuk diet, yaitu bayam organik, timun, mint, dan nanas. Bukan hanya bisa mencukupi kebutuhan serat harianmu, Cold-Pressed Juice satu ini juga sangat tinggi vitamin K. Salah satu manfaat vitamin K adalah mengedarkan kalsium ke tulang serta membantu pembekuan darah.

2. Golden Orange

Siapa bilang jeruk hanya kaya vitamin C? Ternyata buah yang memiliki rasa manis asam segar tersebut juga tinggi serat. Sangat cocok menjadi alternatif buah untuk bantu dietmu. Re.juve memiliki varian Golden Orange yang bisa mencukupi hingga 27% kebutuhan serat harianmu. Selain bisa menjadi alternatif cara untuk diet cepat, Golden Orange sangat cocok untuk bantu jaga kesehatan tubuh dan kulitmu!

3. Green Guava

Cara diet sehat yang menyenangkan adalah dengan memvariasikan sayur dan buah yang kamu konsumsi. Namun, tidak semua orang punya cukup waktu untuk menyiapkan, maka dari itu kamu bisa coba The First Cold-Pressed Guava Juice di Indonesia, yakni Green Guava! Tahukah kamu, kalau Green Guava bisa mencukupi 28% kebutuhan serat pangan harianmu, lho! Kombinasi bayam, jambu kristal, dan nanas yang sehat dan menyegarkan jadi bikin dietmu lebih menyenangkan!

4. Tropic Joy

Bagi kamu yang menyukai buah-buahan segar, Tropic Joy bisa menjadi salah satu alternatif buah untuk diet sehat, nih. Terbuat dari kiwi, stroberi, apel, dan bit organik, Cold-Pressed Juice yang satu ini juga cocok jadi sumber serat pangan. Sebotol Tropic Joy ukuran 250ml bisa memenuhi setidaknya 20% kebutuhan seratmu. Dengan begitu kamu bisa kenyang lebih lama, deh!

Tips Diet Sehat dan Cepat

Cara menurunkan berat badan yang sehat dan cepat selain memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah dengan berkonsultasi dengan ahli gizi yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi berat badan tanpa kehilangan nutrisi harian yang dibutuhkan. Biasanya, cara diet cepat yang berhasil pada orang lain belum tentu bisa bermanfaat untukmu juga, lho! Nah, berikut ini tips diet sehat agar tubuhmu tidak kekurangan nutrisi penting!

  • Jangan Melewatkan Waktu Makan

Banyak orang mengira ketika melewatkan waktu makan, mereka bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Padahal, hal ini justru akan membuat tubuh mudah lapar dan kadar gula dalam darah tidak stabil. Ada baiknya kamu tetap makan secara teratur mulai dari pagi, siang hingga sore dengan menu makanan yang lebih bergizi seimbang dan tinggi serat.

  • Makanlah Perlahan

Menurut penelitian, perasaan kenyang juga diatur oleh otak kita, lho. Maka dari itu, orang yang makan dengan cepat akan cenderung merasa mudah lapar. Hal ini dikarenakan otak memberi sinyal rasa kurang puas dan kurang kenyang. Kamu bisa makan secara perlahan agar tubuh merasa kenyang lebih cepat walaupun porsi makanmu berkurang.

  • Berolahraga Teratur

Tips diet sehat berikutnya adalah dengan berolahraga. Pilihlah jenis olahraga yang bisa membakar kalori agar berat badan cepat menurun. Kamu bisa bersepeda, lari, renang, lompat tali, atau olahraga lainnya selama minimal 30 menit. Buat jadwal olahraga secara teratur minimal tiga sampai lima kali dalam seminggu.

  • Menerapkan #LiveHappier Lifestyle

Cara menurunkan berat badan yang paling penting adalah menerapkan gaya hidup sehat dan bahagia. Misalnya dengan mengatur stres, menghindari minuman dengan gula tambahan yang tidak sehat, menghindari makanan olahan yang dibuat dengan pengawet, meninggalkan kebiasaan minum alkohol dan merokok, serta memiliki pola tidur teratur dan berkualitas. Menerapkan pola hidup yang sehat bisa bantu jaga berat badanmu.

Nah, sekarang kamu semakin pahamkan cara diet cepat dan sehat yang tetap mencukupi kebutuhan nutrisimu? Jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi sebelum melakukan diet, ya! Untuk memvariasikan pilihan sayur dan buah yang kamu konsumsi, pilih Cold-Pressed Juice dari Re.juve yang 100% alami, murni, dan segar. Selain tinggi serat, Re.juve Cold-Pressed Juice juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh!