5 aktivitas untuk mengisi waktu ngaburburit

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada puasa ramadhan 2022 banyak hal yang sudah bisa kita lakukan di era normal yang baru. Saat ini, orang-orang sudah mulai beradaptasi dan berusaha melakukan kegiatan normal dengan semestinya namun tetap dibarengi dengan protokol kesehatan yang baik. Maka dari itu, untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa kini banyak hal yang bisa kita lakukan baik di rumah saja maupun di luar rumah. Menjelang waktu berbuka puasa adalah masa kritis bagi kebanyakan orang yang menjalankan, dimana kita sudah mulai merasa lemas dan kelelahan. Hal ini dapat kamu atasi dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama orang terkasih menjelang buka puasa atau dikenal dengan istilah ngabuburit. 

Ngabuburit adalah sebuah tradisi yang ada di Indonesia untuk menunggu waktu buka puasa. Ternyata kata ini berasal dari bahasa Sunda yang memiliki kepanjangan sendiri yaitu  “ngalantung ngadagoan burit” artinya bersantai sambil menunggu waktu sore. 

5 Aktivitas Ngabuburit Sebelum Berbuka Puasa 

Buka puasa adalah waktu yang paling dinantikan, setelah kurang lebih 13 jam menjalankan ibadah puasa. Menjelang buka puasa, kebanyakan orang ingin mengisi waktu luang sambil menantikan adzan Maghrib berkumandang. Berikut adalah 5 aktivitas ngabuburit yang dapat kamu lakukan bersama orang terdekat sambil menunggu waktu berbuka puasa :

1. Menonton film

Menonton adalah salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh masyarakat. Dari anak-anak hingga dewasa menyukai kegiatan yang satu ini. Untuk mengisi waktu luang menjelang buka puasa, kamu dapat menonton film bersama keluarga maupun kerabat. Kamu bisa memilih untuk menonton di bioskop maupun streaming di rumah. Genre film yang kamu pilih dapat bertajuk islami maupun yang bergenre komedi agar kamu dapat terbawa suasana yang meningkatkan mood menjelang berbuka puasa.

2. Olahraga

Selain menonton film, kamu juga bisa melakukan olahraga sebagai kegiatan ngabuburit. Melakukan olahraga 1 jam sebelum berbuka puasa adalah hal yang direkomendasikan karena dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Dengan telah melakukan olahraga sebelum berbuka, nantinya kamu akan segera mendapatkan kembali cairan tubuh yang telah hilang dan menambah asupan energi selama berpuasa dan berolahraga dengan menjalankan buka puasa. Adapun olahraga yang dapat kamu lakukan yaitu, bersepeda, yoga, jogging, dan jalan santai.

3. Reservasi tempat makan untuk buka bersama 

Puasa ramadhan biasanya menjadi ajang bagi kita untuk bersilaturahmi bersama kerabat dan keluarga. Hal ini dilakukan melalui kegiatan buka bersama yang kerap kali dilakukan oleh masyarakat. Menjelang buka puasa biasanya kita kesulitan mendapatkan tempat makan. Maka dari itu, sangat penting melakukan reservasi tempat minimal satu hari sebelum melakukan buka bersama. Disarankan untuk kamu datang ke tempat buka bersama beberapa jam sebelum berbuka puasa karena biasanya menjelang buka puasa lalu lintas akan lebih padat. Hal ini juga baik dilakukan agar sebelum berbuka puasa kamu bisa bercengkrama bersama kerabat sambil menunggu adzan Maghrib.

4. Berburu takjil

Selama berbuka puasa kita akan banyak menjumpai berbagai penjual yang menjajakan makanan dan minuman di sepanjang jalan. Berburu takjil dapat menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengunjungi kedai-kedai penjual makanan baik yang ada di sepanjang jalan, pasar, mall, dan taman-taman kota. Beberapa menu pilihan takjil yang dapat kamu beli yaitu, kolak pisang, sop buah, es cendol, dan lain sebagainya. 

5. Mempersiapkan hidangan buka puasa

Penting bagi kita untuk memiliki menu makanan yang dapat dihidangkan sebelum berbuka puasa. Mulai dari mempersiapkan bahan-bahan untuk dimasak, peralatan yang digunakan, hingga cara penyajian makanan agar dapat menggugah selera saat menjelang buka puasa. Selain itu, kamu dapat mengeksplorasi berbagai macam jenis hidangan yang bisa kamu lakukan untuk dijadikan menu selama berpuasa. Hidangan buka puasa yang dapat dibuat mulai dari makanan berat seperti lontong, sate ayam, dan sayur sop hingga minuman manis seperti es pisang hijau, biji salak, hingga yang paling mudah dibuat jus buah dan sayur.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Untuk berburu takjil yang praktis, sehat, dan mengenyangkan kamu dapat mengonsumi Cold-Pressed Juice Re.juve sebagai pendamping #TemanPuasa. Berbagai macam varian dapat kamu temukan pada paket #TemanPuasa mulai dari True Cold-Pressed Juice, Cold-Pressed Plant-Based Milk (Oatmilk & Almond Milk), dan Smoothies sehingga baik menjadi alternatif untuk mengonsumsi minuman manis segar yang bermanfaat mengembalikan cairan tubuh dan gula darah yang hilang selama berpuasa. 

Paket #TemanPuasa adalah pilihan yang lebih sehat untuk menjadi pendamping puasa kamu. Rasanya yang segar dan kaya nutrisi sangat cocok untuk memuaskan dahaga setelah kurang lebih 13 jam berpuasa. Selain itu, setiap paket #TemanPuasa mengandung energi sekitar 700-800 kalori yang dapat memenuhi 35% kebutuhan kalori per hari sehingga dapat mengembalikan energi dan stamina yang hilang setelah seharian berpuasa. 

Yuk berbuka puasa dengan lebih sehat bersama paket #TemanPuasa agar badan tetap bertenaga dan terhidrasi!