Ini Dia Sahur Sehat Agar Kuat Puasa Seharian

Tidak terasa kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Diantara kamu pasti mulai mempersiapkan menu makanan baik untuk sahur maupun buka puasa. Bulan puasa ramadhan 2022 saat ini, kita masih diterpa pandemi COVID 19. Hal ini membuat kita harus lebih memperhatikan nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh selama bulan puasa agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Selama bulan puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Maka dari itu, memberikan nutrisi yang cukup selama bulan puasa adalah hal yang penting diperhatikan agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. Waktu sahur adalah momen penting yang harus dilakukan sebelum menjalankan puasa. Hal ini menjadi sangat penting untuk mengisi nutrisi makanan agar tetap berenergi menjalani hari-hari. Nutrisi sahur sangat penting agar tubuh kuat menjalankan puasa seharian tanpa mengalami dehidrasi, cepat kelelahan maupun rasa lapar yang tak tertahankan.

5 Nutrisi Sehat Saat Sahur

Mengisi sumber nutrisi bagi tubuh menjadi salah satu kebijakan kita agar tubuh tetap sehat dan sistem organ dapat bekerja dengan semestinya. Sebelum menjalani puasa kita akan melakukan sahur di waktu dini hari sebelum menjalani puasa. Agar tubuh kuat selama puasa, alangkah lebih baik apabila kamu mengonsumsi makanan yang dapat memberikan energi bagi tubuh agar dapat bertahan sampai buka puasa. Simak nutrisi penting yang perlu ada di menu sahur-mu! 

1. Protein

Nutrisi ini memiliki fungsi yang baik bagi tubuh sehingga dapat mengoptimalkan sistem kerja tubuh. Dengan mengonsumsi protein yang cukup saat sahur, kita dapat membentuk antibodi yang berperan penting dalam melawan infeksi bakteri atau virus sehingga tubuh akan tetap sehat dan kuat meskipun sedang berpuasa. Dilansir melalui hellosehat.com kamu dapat mengonsumsi protein sebanyak 1-2 porsi saat makan sahur. Seperti yang kita ketahui sumber nutrisi ini bisa didapatkan melalui sumber makanan yang sering kita temui. Protein terbagi menjadi dua jenis yaitu protein hewani yang didapatkan dari telur ayam, daging, susu, ikan tuna dan keju. Protein nabati dapat ditemui pada gandum yang kaya akan vitamin B1 dan mengandung banyak serat, kacang almond memiliki vitamin E, dan brokoli kaya akan vitamin C yang mampu mengurangi resiko kanker. 

2. Lemak sehat

Badan terasa lemas di bulan puasa memang wajar, namun untuk itu penting bagi tubuh untuk mendapat sumber energi ketika menjalani kegiatan sehari-hari agar tubuh tidak lemas. Lemak dapat menjadi sumber nutrisi yang dapat membantu tubuh agar tetap fit dalam menjalani keseharian kamu. Untuk itu, pilihlah sumber lemak melalui makanan dan minuman saat sedang sahur seperti mengonsumsi ikan salmon, tuna, dan sarden yang memiliki lemak tak jenuh. Alpukat menjadi salah satu makanan tinggi lemak dan memiliki banyak manfaat yaitu untuk kesehatan jantung, kamu dapat mengolah alpukat dengan berbagai variasi seperti dijadikan jus, dicampur dengan sayur sebagai salad,  atau dengan memakan langsung buah alpukatnya.

3. Serat dari buah dan sayur

Makanan yang kaya akan serat bermanfaat bagi kesehatan terlebih saat menjalani ibadah puasa sehingga sangat penting mempersiapkan makanan mengandung serat khususnya ketika sahur. Hal ini dikarenakan serat dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar. Disamping itu serat juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan salah satunya yaitu usus. Makanan yang mengandung serat dapat kamu temukan pada buah dan sayur. Buah yang kaya akan serat yaitu pisang, alpukat, apel, dan pir sedangkan pada sayuran serat dapat kamu dapatkan melalui, kangkung, bayam, kale, dan brokoli. Selain melalui buah dan sayur serat juga dapat kamu dapatkan pada roti gandum, beras merah, dan kacang-kacangan. 

4. Vitamin

Sumber nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa, terutama menjaga kesehatan disaat masa pandemi seperti ini. Mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen dapat dijadikan opsi untuk menjaga keseimbangan tubuh dalam menjaga kesehatan. Selain itu, untuk mendapatkan vitamin secara alami dapat ditemui pada buah dan sayuran seperti vitamin A pada wortel, nanas, dan ubi, vitamin E pada bayam, kacang-kacangan, brokoli dan alpukat, vitamin K ditemukan pada sayuran kale, brokoli, kubis, dan lobak, vitamin D pada makanan jamur, oats, olahan susu, dan ikan, juga vitamin C yang sebagian besar pada buah-buahan apel, jeruk, nanas, dan pisang. 

5. Mineral untuk cegah dehidrasi

Selama bulan puasa mungkin kamu kerap kali merasa mudah kelelahan. Hal ini harus diwaspadai, karena bisa saja kamu mengalami dehidrasi. Sangat penting mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya mineral saat sahur, hal ini untuk mencukupi kebutuhan mineral harian bagi tubuh agar tidak mudah lelah, tetap fokus, dan berenergi dalam menjalani hari. Minuman yang kaya elektrolit dapat menjadi solusi menu sahur untuk memberikan cairan dalam tubuh selama menjalani puasa. Selain itu, buah dan sayur juga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Jeruk, timun, stroberi, semangka, dan seledri adalah beberapa pilihan buah dan sayur yang dapat kamu sajikan sebagai menu sahur. 

Ramadhan 2022 Re.juve menghadirkan paket #TemanPuasa yang dapat menemani waktu sahur dan berbuka puasa-mu dengan kandungan serat dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Pada paket #TemanPuasa kamu akan mendapat varian menu dari Cold-Pressed juice, Cold-Pressed Almond Milk dan Smoothies yang sangat baik dikonsumsi ketika sahur karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi membantu tubuh kita tidak mudah lapar dan tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa.

 

Salah satu menu yang ada pada paket #TemanPuasa adalah Chocolate High Almond yang kaya serat dan karbohidrat baik sehingga membantu kamu kenyang seharian. Varian ini cocok sekali menemani sahur dengan makanan solid lain yang lebih sehat seperti roti gandum dan sayuran hijau.  Agar nutrisi saat sahur semakin lengkap, sebelum Imsak tidak lupa untuk mengonsumsi cold-pressed juice yang juga tersedia pada menu paket  #TemanPuasa. Cold-pressed juice Re.juve kaya akan serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh serta dapat membantu supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa.

Re.juve selalu berupaya untuk mendukung gaya hidup sehat yang berkelanjutan #LiveHappier melalui produk F&B pilihan yang enak, sehat dan jujur. Cold-Pressed Juice Re.juve menyediakan beragam produk yang menyehatkan dan menyegarkan seperti Cold-Pressed Juice Signature Line yang dipenuhi oleh buah sayuran segar yang dapat mengoptimalkan nutrisi harian-mu, dan Cold-Pressed Elixir minuman kaya akan elektrolit mampu mengganti cairan tubuh yang telah hilang akibat aktivitas sehari-hari khususnya selama bulan puasa.