5 minuman sehat agar tetap berenergi selama puasa

Selama menjalankan ibadah puasa tubuh akan mengalami kekurangan cairan, sehingga saat sahur dan berbuka sebaiknya memilih minuman yang dapat menghilangkan rasa haus serta menyehatkan. Umumnya, sebelum memulai puasa di malam hari tubuh membutuhkan kurang lebih 8 gelas air putih sebagai cadangan cairan untuk 13 jam berpuasa. 

Dehidrasi ketika puasa adalah hal yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Karena saat puasa tubuh akan kekurangan cairan tetapi kita tidak dapat mengisinya kembali sebelum waktu berbuka puasa. Dehidrasi jelas akan membuat harimu tidak nyaman, lemas, dan pastinya berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat saat sahur dan berbuka puasa.

Minuman Sehat Saat Puasa Agar Tetap Berenergi

Ketika berpuasa kebanyakan orang mengalami rasa lemas dan cepat kelelahan saat menjalani aktivitasnya. Hal itu bisa saja terjadi karena kamu sedang mengalami dehidrasi ringan. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan air dalam tubuh manusia normal sebanyak 60% dari total berat badan. Dengan demikian, air jelas memiliki peranan yang penting bagi tubuh kita. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi cairan dan nutrisi dalam tubuh agar tetap berenergi selama berpuasa adalah dengan mengonsumsi minuman yang sehat. 

Berikut ini adalah pilihan minuman sehat yang dapat membantu kamu menjalani hari dengan lebih bersemangat selama bulan puasa! 

1. Cold-Pressed Juice

Mengonsumsi cold-pressed juice sangat baik untuk mendapatkan nutrisi optimal yang mudah diserap tubuh khususnya selama bulan puasa. Karena dibuat menggunakan cold-pressed technology yang tidak menghasilkan panas dan oksidasi sehingga nutrisi pada buah dan sayur tetap terjaga. Cold-pressed juice terbuat dari buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan air sehingga tubuh tetap terhidrasi selama bulan puasa. Selain itu, kandungan serat di dalamnya mampu membuat kamu kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula dalam tubuh sehingga dapat menjaga stamina tubuhmu.

2. Air Putih

Tubuh manusia setidaknya memerlukan asupan air sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas air putih setiap harinya. Namun, selama bulan puasa kita tidak bisa makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Lalu, sebagai solusinya kamu bisa menerapkan pola minum air putih 2-4-2 seperti yang dianjurkan oleh halodoc.com. Pola minum ini dapat dijelaskan sebagai berikut yaitu, 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih saat makan malam, dan 2 gelas air putih ketika sahur. Air putih bermanfaat untuk membuat tubuh tetap berenergi sehingga sangat penting mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh selama berpuasa agar tetap berenergi dalam menjalani aktivitas.

3. Air Kelapa

Minum air kelapa saat berbuka puasa jelas mampu melepaskan dahaga terlebih setelah seharian tidak mengonsumsi makanan dan minuman. Selain rasanya yang menyegarkan air kelapa mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh seperti vitamin, mineral, kalori, protein dan karbohidrat. Manfaat air kelapa juga sangat banyak salah satunya yaitu untuk meningkatkan hormon kelenjar tiroid yang berakibat meningkatnya energi pada tubuh.  Menjadi salah satu bagian terpenting, air kelapa memiliki kandungan elektrolit alami seperti mangan, natrium, dan kalium yang dapat membuat tubuhmu terhindar dari dehidrasi selama bulan puasa.

4. Smoothies

Dikutip dari klikdokter.com menurut Dr M. Dejandra Rasnaya, mengonsumsi smoothies saat sahur dapat membuat rasa kenyang lebih lama karena mengandung banyak serat didalamnya. Serat ini berasal dari kandungan buah dan sayur yang menjadi bahan dasar smoothies. Serat yang terkandung didalamnya dapat menjaga kadar gula pada tubuh dan membuat kita lebih berenergi. Teksturnya yang kental juga akan membuat perut kita terasa penuh dan semakin siap untuk menjalani aktivitas selama bulan puasa.

5. Infused Water

Bagi kamu yang tidak terlalu suka mengonsumsi air putih, infused water dapat menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi cairan dalam tubuh khususnya selama puasa ramadhan. Kandungan potongan buah dan sayur yang ada didalamnya dapat menambah gizi dan nutrisi untuk tubuh. Mengonsumsi infused water saat sahur dan berbuka mampu membantu mengisi cairan tubuh sehingga kamu dapat memiliki energi dengan vitamin yang baik dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat infused water bagi tubuh klik linknya disini.

Itu dia beberapa pilihan minuman yang dapat kamu konsumsi selama menjalani bulan suci ramadhan. Karena selama puasa, waktu kamu dalam mengonsumsi cairan akan semakin sedikit sehingga sangat penting mengonsumsi minuman sehat dengan kandungan nutrisi optimal agar kamu tetap berenergi menjalani aktivitas selama bulan puasa. 

Untuk mendapatkan minuman sehat dengan nutrisi optimal secara lebih praktis selama bulan puasa, Re.juve punya varian minuman yang 100% #GoodForYou! Sebagai pelopor cold-pressed juice di Indonesia, Re.juve memiliki varian Cold-Pressed Juice yang 100% Fresh, 100% Pure, dan 100% Natural dari buah dan sayur organik tanpa tambahan apapun termasuk pemanis dan pengawet buatan. Selain itu, Re.juve juga memiliki varian smoothies yang enak, mengenyangkan, serta kaya akan serat dan protein yang dapat meningkatkan energi selama bulan puasa. Tidak ketinggalan, terdapat pula varian Re.juve Water yang dapat membantu kamu mendapatkan nutrisi cairan yang optimal selama bulan puasa, sehingga kamu tidak perlu repot lagi untuk memotong buah dan sayur ketika membuat infused water. 

Yuk, jadikan Re.juve #TemanPuasa kamu agar tetap berenergi selama menjalani aktivitas sehari-hari!