Pentingnya quality time bersama sang buah hati

Meluangkan waktu untuk bermain bersama dengan buah hati dapat dimanfaatkan untuk momen golden age anak. Golden age merupakan masa-masa dimana anak mengalami perkembangan yang pesat di umur 0-5 tahun. Bermain bersama bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan bagi anak karena dapat meningkatkan bonding antara orang tua dan sang buah hati. Banyak manfaat dari quality time, seperti dapat meningkatkan performa anak, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan mengurangi risiko masalah perilaku anak. Pasalnya kesibukan sehari-hari menjadi masalah utama untuk menjalin quality time, namun hal-hal tersebut dapat dihindari dengan mulai menetapkan jadwal quality time bersama keluarga saat weekend, serta memanfaatkan aktivitas diluar rumah yang dapat dilakukan bersama.

Quality Time Dengan Sang Buah Hati

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi kualitas waktu bersama anak dan orang tua. Orang tua dapat memanfaatkan momen ini karena masa ini anak sedang kritis-kritisnya untuk mencari perhatian dari orang tua. Hal ini baik untuk perkembangannya, pertumbuhan serta terutama kecerdasan yang dibentuk pada masa golden age. Si kecil yang mulai berkembang dan bertumbuh, akan merekam setiap pengalaman yang pernah ia alami dan akan diingat sampai dewasa. Pembentukan kepribadian anak mulai berjalan, sehingga orang tua perlu memahami bagaimana memperlakukan anak agar dapat melewati golden age dengan maksimal. Yuk intip keseruan cara meningkatkan quality time bersama anak :

1. Belajar dan bermain bersama dengan anak

Keseharian anak-anak akan diliputi dengan kegiatan bermain. Orang tua perlu mendampingi sang buah hati ketika bermain, karena dalam situasi tersebut anak akan lebih mudah merespon dengan apa yang dilakukan. Sehingga orang tua dapat mendampingi anak saat sedang bermain seperti mencari kosa kata baru, bermain yang dapat mengatasi permasalahan, dan bermain seperti melakukan belanja untuk melatih tanggung jawab anak. Selain itu, ayah dan ibu dapat mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan agar anak tidak mudah gugup.

2. Memasak bersama

Menghabiskan waktu memasak bersama anak dapat menjadi pilihan orang tua untuk dijadikan sebagai momen quality time. Dengan hal ini orang tua dapat menjalin komunikasi dengan anak, mulai dari membicarakan menu makanan yang akan dihidangkan nanti, hingga makanan kesukaan anak. Selain itu, orang tua berkesempatan untuk mengenalkan nutrisi dan gizi yang baik kepada anak melalui bahan-bahan masakan yang akan dibuat, agar buah hati menjadi lahap makan.

3. Menonton film keluarga

Memanfaatkan waktu bersama anak dengan menonton dapat meningkatkan kualitas kebersamaan dengan anak lebih baik. Menonton menjadi salah satu kegiatan favorit keluarga untuk mengisi waktu luang. Di masa pandemi seperti ini, menonton film dapat dilakukan dirumah dengan streaming. Menonton film keluarga dianjurkan karena dapat mempererat hubungan anak dan orang tua, sekaligus melatih imajinasi dan komunikasi buah hati. Saat ini, sudah banyak film keluarga yang mendedikasi sekaligus menghibur yang dapat dilakukan bersama dengan sang buah hati.

4. Bedtime Stories

Banyak hal yang bisa dilakukan sebelum si kecil tidur di malam hari. Ayah dan ibu dapat menemani mereka tidur dengan berbagai aktivitas seperti membaca dongeng, saling bercerita mengenai kegiatan satu sama lain selama sehari tadi dan berdoa bersama. Menceritakan kisah-kisah dongeng pada anak menjadi salah satu kegiatan kesukaan mereka khususnya sebelum waktu tidur. Dongeng memiliki nilai-nilai moral dibalik keseruan ceritanya. Dengan mendongengkan cerita kepada anak, akan menimbulkan keakraban dan kehangatan antara orang tua dan sang buah hati. Selain itu manfaat mendongeng antara lain dapat membentuk kepribadian anak, meningkatkan penguasaan kosakata, dan menumbuhkan kecintaan pada dunia membaca. Tidak lupa sebelum si kecil terlelap berikanlah mereka kecupan singkat atau good night kiss agar buah hati selalu merasa dicintai. 

5. Berkebun di rumah

Melakukan kegiatan berkebun di rumah bersama anak dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Melalui kegiatan berkebun, anak akan belajar untuk merawat tanaman dan mencintai lingkungan sekitar. Pada kegiatan ini ibu dan ayah bisa mengajak buah hati untuk menanam benih bunga dan nantinya dapat memberikan tanggung jawab kepada anak untuk menyirami bunga tersebut setiap harinya.

Menjalin quality time bersama anak akan berdampak pada pembentukan mental dan fisik mereka. Dengan memberikan waktu berkumpul yang berkualitas dengan anak, akan membangun sebuah ikatan yang lebih erat antara orang tua dan sang buah hati. Orang tua pasti akan memberikan seluruh waktunya untuk dapat bisa menghabiskan waktu bersama si kecil. Keluarga adalah sarana belajar yang pertama dan utama bagi anak-anak sehingga sangat penting memperhatikan tumbuh kembangnya melalui berbagai aktivitas bersama. Tak lupa orang tua juga wajib memperhatikan asupan nutrisi yang baik demi kesehatan sang buah hati.  

Re.juve sebagai pelopor true cold-pressed di Indonesia yang dapat membantu ayah dan ibu memberikan nutrisi optimal kepada si kecil dengan mudah melalui jus buah yang berbentuk cairan sehingga mudah dikonsumsi oleh buah hati, selain itu rasanya juga enak tanpa pemanis buatan dan pengawet. Re.juve menyediakan paket #LiveHappier keluarga untuk dapat membantu para orang tua dalam menerapkan gaya hidup sehat berkelanjutan. Selain itu, paket #LiveHappier Keluarga dapat menjadi teman quality time yang menyehatkan. Ayah dan ibu juga dapat melakukan quality time melalui paket ini dengan mengenalkan macam-macam buah dan sayur kepada si kecil sebagai pengetahuan umum agar anak mau untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Paket #LiveHappier Keluarga membantu mendekatkan bonding melalui minuman yang menyehatkan dengan enak sehingga si kecil dapat ikut memilih minuman yang diinginkan.