Manfaat Overnight Oat Menurut Dokter Gizi Klinik

Sarapan adalah waktu yang tidak boleh dilewatkan agar tubuh dapat berfungsi dengan maksimal. Banyak penelitian yang menyarankan agar seseorang mengonsumsi sarapan untuk mengisi kembali kebutuhan glukosa yang berguna sebagai energi. Selain memberi energi, sarapan yang sehat juga menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, banyak orang yang justru menghindari sarapan karena tidak punya waktu atau takut mengantuk.

Nah, salah satu sarapan ringan yang disarankan agar mudah dicerna oleh tubuh dan juga sehat adalah overnight oat. Overnight oat adalah solusi sarapan ringan, mudah, dan sehat yang bisa kamu coba. Cari tahu manfaat overnight oat selengkapnya di sini!

Alternatif Sarapan Mudah dan Sehat

Menurut penelitian, orang yang secara reguler menyantap sarapan memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes dan penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan sarapan sehat pada pagi hari bisa bantu mengontrol nafsu makan di siang hari. Sarapan pagi bernutrisi bisa mencegah tubuh menjadi sangat lapar sebelum waktu makan siang tiba. 

Selain itu, memenuhi nutrisi tubuh pagi hari saat sarapan juga bisa membantu kinerja otak lebih baik. Tentunya, kamu harus memahami porsi yang pas saat sarapan. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat dan protein pada pagi hari justru akan meningkatkan rasa kantuk. Nah, agar kamu bisa tetap menikmati sarapan tanpa rasa kantuk, overnight oat bisa menjadi alternatif tepat, lho!

Apa Itu Overnight Oat?

Overnight oat atau overnight oatmeal adalah salah satu menu sarapan yang banyak dikonsumsi orang yang sedang menjalankan diet. Bagi orang-orang yang sibuk, overnight oat bisa menjadi alternatif sarapa praktis yang sehat dan enak. Biasanya, overnight oatmeal terbuat dari oat yang dipandukan dengan susu atau yoghurt serta potongan buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Setelah dicampur, oatmeal dimasukkan ke dalam kulkas dan dibiarkan semalaman. Paginya, kamu dapat menikmati overnight oatmeal yang lembut dan bergizi seimbang untuk meningkatkan energi.

Manfaat Overnight Oat Menurut Dokter Spesialis Ahli Gizi

Menurut dr. Juwalita Surapsari M. Gizi, Sp. GK, oat memiliki nilai nutrisi yang tinggi serta banyak manfaat. Bahkan Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat memberikan ijin untuk pencantuman klaim kesehatan tersebut pada label pangan, lho. Memangnya, apa saja, sih, manfaat overnight oat menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK?

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Koroner 

Makanan yang mengandung oat, seperti overnight oat dikenal bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan oat mengandung serat larut beta glucan. Serat larut beta glucan berguna untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) adalah pemicu utama penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan juga stroke. Selain itu, oat juga mengandung  fosfor, tiamin, magnesium, dan zinc yang dikenal baik bagi kesehatan jantung.

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Selain baik untuk kesehatan jantung, manfaat overnight oat kedua adalah meningkatkan kesehatan saluran cerna. Serat larut beta glucan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Ketika masuk dalam sistem pencernaan, serat ini akan melapisi perut dan mendukung kelangsungan bakteri baik dalam usus.

3. Membantu Upaya Penurunan Berat Badan 

Manfaat overnight oat yang paling dikenal adalah membantu menurunkan berat badan. Kandungan air dan serat larut yang tinggi dalam oat bisa membantu tubuh lebih mudah mengendalikan rasa lapar. Ketika kamu makan overnight oat, tubuh bisa merasa kenyang lebih lama, lho. Hal ini karena oat termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh. Dengan begitu kamu tidak mudah merasa lapar.

4. Bantu mencegah peningkatan kadar gula darah

Karbohidrat kompleks seperti oat juga bisa membantu mencegah peningkatan kadar gula darah. Pasalnya, oat akan diproses lebih lama dalam tubuh sehingga tidak membuat lonjakan gula dalam darah. Serat larut beta glucan yang terkandung dalam oat dapat mendukung peningkatan respon insulin agar gula darah tidak melonjak.

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Overnight Oat?

Dokter Juwalita Surapsari M. Gizi, Sp. GK menyarankan untuk mengonsumsi oat, oatmeal, ataupun overnight oat pada saat pagi hari. Hal ini dikarenakan oat merupakan bahan makanan sumber karbohidrat yang lebih cocok dikonsumsi pagi hari untuk memberikan energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain menjadi sumber karbohidrat kompleks yang bagus untuk tubuh, oat juga mengandung fosfor, tiamin, magnesium, dan zinc.  

Agar kamu tidak bosan mengonsumsi oat sebagai sarapan, dr. Juwalita Surapsari M. Gizi, Sp. GK menyarankan agar memvariasikan oat yang ada menjadi overnight oat atau bahkan oatmilk. Mengonsumsi overnight oat yang baik bisa dicampurkan dengan almond milk serta diberi tambahan buah, kacang, serta biji-bijian. Dengan begitu sarapan dengan overnight oat menjadi lebih tinggi nutrisi.

Pilihan Overnight Oat yang Mudah, Cepat, dan Sehat

Nah, bagi kamu yang ingin mengonsumsi overnight oat sebagai sarapan, kamu bisa mencoba Oats on the Go dari Re.juve! Overnight oat ready to eat terbaru dari Re.juve ini, eksklusif hadir dalam dua pilihan, yaitu Sunrise Violet dan Sunny Green. Keduanya dibuat dari 100% bahan alami dan superfood, seperti premium rolled oat, chia seeds, organic coconut sugar, dan Re.juve Plain Almond Milk. Campuran tersebut kemudian dibiarkan semalaman dan ditambahkan fruit blend dan cranberry oat granola yang dibuat secara homemade

Oats on the Go adalah alternatif makanan sehat dan cepat yang bisa kamu konsumsi untuk sarapan atau sebagai pengganti makanan kapan saja. Kamu pun juga bisa mengonsumsi Oats on the Go sebelum atau sesudah berolahraga sebagai sumber protein dan energi. Dapatkan manfaat overnight oat yang sehat dan baik bagi tubuh dengan mengonsumsi Oats on the Go yang bisa kamu beli di 73 store Re.juve yang tersebar di Pulau Jawa.