Menu Makanan untuk Penyakit Jantung Anjuran Dokter Spesialis Gizi Klinik

Kesehatan jantung adalah salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan agar hidup tetap sehat dan bugar. Untuk membantu jaga kesehatan jantung, kita perlu memperhatikan menu diet yang dimakan sehari-hari. Kali ini, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK akan membagikan contoh menu makanan sehat penderita jantung agar kesehatan jantung tetap stabil. Simak selengkapnya di bawah ini!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menu Makanan Sehat

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Peredaran darah yang lancar akan memudahkan penyuplaian oksigen, nutrisi, dan antibodi yang penting ke seluruh tubuh. Maka dari itu, menjaga kesehatan jantung adalah kunci agar tubuh dapat berfungsi baik. 

Makanan bernutrisi adalah salah satu faktor penting untuk menjaga jantung tetap sehat. Sayur dan buah-buahan segar adalah makanan bernutrisi yang tinggi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, menu makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung harus meliputi asupan lemak baik yang datang dari ikan laut (salmon, sarden, dan makarel) atau kacang-kacangan (almond, kenari, dan kacang merah).

Selain Pola Makan, Apa yang Memengaruhi Kesehatan Jantung?

Pola makan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Apalagi, pola makan tinggi lemak jenuh yang datang dari junk food, gorengan, daging merah, dan produk olahan, seperti keju, sosis, dan bakso. Makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi, gula tambahan, dan sodium juga bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Namun, selain pola makan, ada faktor lain yang mempengaruhi kesehatan jantung.

1. Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat meliputi; kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol berlebih. Zat yang terkandung dalam rokok berpotensi merusak sistem tubuh dan berpengaruh pula pada kinerja jantung, sedangkan konsumsi alkohol berlebih dapat melemahkan organ jantung. Selain itu, kurangnya aktivitas fisik dapat memicu peningkatan lemak jahat dalam darah. Penumpukan lemak inilah yang nantinya bisa menyebabkan penyakit jantung di kemudian hari.

2. Tekanan Darah dan Kondisi Diabetes

Pola makan tidak sehat yang mengandung lemak jenuh, kolesterol, dan juga tinggi gula tambahan dapat memicu penyakit hipertensi dan diabetes. Kedua penyakit tersebut bisa menjadi faktor seseorang terkena penyakit kardiovaskular di kemudian hari. Mereka yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan diabetes akan memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih tinggi.

Menu Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang untuk Kesehatan Jantung Anjuran Dokter Gizi

Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK sudah menyiapkan meal plan untuk satu hari, nih. Menu makanan sehat ini tentunya bergizi seimbang dan bisa bantu mencegah risiko penyakit jantung. Selain mengadopsi menu diet jantung ini, pastikan juga kamu tetap aktif bergerak dengan olahraga rutin agar metabolisme seimbang dan berat badan tetap terjaga.

  • Sarapan pagi: 

Konsumsi avocado bread toast yang berbahan dasar roti gandum, mashed avocado dengan ditambahkan lemon, bawang bombay, dan sedikit garam. Serta tambahkan protein dari putih telur rebus. Namun, kalau kamu tidak sempat membuat sarapan, kamu bisa mengonsumsi smoothies yang dibuat dari oat, pisang, whey protein, dan ditambahkan chia seed/flax seed. 

  • Makan siang: 

Untuk makan siang, kamu bisa menyiapkan nasi merah yang merupakan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks mengandung serat yang dapat diurai oleh tubuh secara perlahan, dengan begitu kamu akan merasa kenyang lebih lama. Lalu tambahkan sayur bayam bening, dengan sumber protein dari ikan tuna bumbu kuning dan pepes tahu. Kamu bisa menambahkan jus buah murni yang segar yang terbuat dari apel dan nanas.

  • Selingan sore: 

Untuk camilan sore, kamu bisa mengonsumsi buah potong dari apel, anggur, dan buah beri. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan low fat yogurt atau almond milk. Camilan sore ini tentunya akan lebih baik daripada gorengan yang tidak sehat dan mengandung banyak minyak trans.

  • Makan malam:

Nah, untuk makan malam kamu bisa menyiapkan roasted baby potato atau bisa juga diganti dengan kentang rebus biasa, ditambah chicken steak dari dada ayam tanpa lemak, serta mixed vegetables, seperti wortel, buncis, dan jagung. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan asupan buah-buahan, kamu bisa mengonsumsi jus yang mengandung kiwi dan stroberi.

Itulah menu makanan sehat yang bisa kamu coba untuk bantu menjaga kesehatan jantung. Selain menjaga pola makan yang sehat, jangan lupa untuk selalu aktif bergerak dan berolahraga. Hindari kebiasan buruk, seperti merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, dan terlalu sering makan makanan berlemak. Yuk, mulai perbanyak asupan buah dan sayur agar kesehatan jantung tetap prima!