Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Nutrisi Tepat 1

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), penyakit jantung menjadi penyebab utama kasus kematian di dunia. Di Indonesia sendiri, terdapat setidaknya 15,5 juta kasus sakit jantung pada 2022. Angka ini tentu saja cukup mengkhawatirkan, apalagi 20% kasus sakit jantung menyerang orang muda di bawah umur 40 tahun. Lalu, bagaimanakah cara mencegah penyakit jantung? Simak penjelasan nutrisi untuk menjaga kesehatan jantung bersama dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK.

Mengenal Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau dikenal juga sebagai penyakit kardiovaskular, adalah kelompok gangguan yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah. Ini termasuk penyakit, seperti penyakit arteri koroner, gagal jantung, dan stroke. Penyakit kardiovaskular terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah dan oksigen ke jantung tersumbat atau mengalami kerusakan. Akibatnya, jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup dan menyebabkan berbagai masalah jantung serius.

Apa Penyebab Penyakit Jantung?

Penyakit jantung adalah masalah kesehatan serius yang dapat memengaruhi siapa saja, baik tua maupun muda.  Memahami faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan jantung adalah cara mencegah penyakit jantung yang paling utama. Dengan begitu kamu bisa mencegah penyakit jantung menjadi lebih parah dengan solusi yang tepat. Nah, faktor yang memengaruhi seseorang terkena penyakit jantung bisa mencakup faktor genetik hingga gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kurangnya aktivitas fisik, dan mengonsumsi alkohol berlebih. 

Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Dalam jangka panjang, hal tersebut akan memengaruhi kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain faktor genetik dan gaya hidup yang tidak sehat, aspek kesehatan mental juga berpengaruh pada kesehatan jantung. Menurut penelitian, keadaan psikologis yang meliputi stres, kecemasan berlebih, hingga depresi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung?

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, cara mencegah penyakit jantung adalah dengan menjalankan pola makan yang sehat. Seperti yang disampaikan oleh American Heart Association prinsip menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjalankan heart-healthy dietary patterns. Heart-healthy dietary patterns harus mencakup konsumsi banyak buah dan sayur, whole grains (seperti beras merah dan coklat, oatmeal, dan quinoa), serta memiliki sumber protein yang baik, terutama protein nabati dan makanan laut kolesterol rendah (salmon, tuna, dan makarel).

Selain itu, protein baik juga bisa didapatkan dari dairy product yang rendah lemak atau bahkan tanpa lemak. Dokter Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK juga menyarankan untuk menggunakan minyak nabati, seperti olive oil (mengandung polifenol), canola oil (mengandung omega 3), dan sunflower oil untuk kesehatan jantung. Cara mencegah penyakit jantung lainnya adalah dengan membatasi asupan daging merah, unggas, serta daging olahan, serta menghindari makanan olahan

Dokter Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK mengingatkan bahwa asupan buah dan sayur adalah minimal 400g per hari sesuai anjuran dari WHO. Rekomendasi ini tentunya untuk meningkatkan kesehatan secara umum serta menurunkan risiko penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Buah dan Sayur Sumber Nutrisi Jaga Kesehatan Jantung

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, sayur dan buah merupakan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi, sayur dan buah mengandung berbagai nutrisi dan fitokimia yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Untuk mencegah penyakit jantung, organ tersebut membutuhkan nutrisi, seperti serat, magnesium, kalium, vitamin K dan vitamin C, serta fitokimia, seperti nitrat, flavonoid dan karotenoid. Berikut ini sumber nutrisi sebagai cara mencegah penyakit jantung dari dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK!

  1. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, seledri, dan selada mengandung nitrat, vitamin K, vitamin E, karotenoid (lutein, β-carotene), folat, besi, zinc, kalsium, dan magnesium.
  2. Cruciferous vegetable atau kol, kembang kol, dan brokoli mengandung senyawa organosulfur, vitamin E, vitamin C, karotenoid (lutein, zeaxanthin, β-carotene), selenium, serta kalsium.
  3. Sayuran berwarna kuning-oranye-merah yang datang dari tomat, wortel, ubi dan labu merupakan sumber karotenoid (likopen, α-carotene, β-carotene).
  4. Legum atau kacang-kacangan, seperti kedelai, lentil, dan kacang polong mengandung isoflavone, folat, besi, zinc, serat, vitamin E, vitamin B6, selenium, dan lignan.
  5. Apel merupakan sumber serat, vitamin C sebagai antioksidan, serta polifenol. 
  6. Alpukat merupakan sumber lemak baik (monounsaturated fatty acid), polifenol, vitamin E, dan fitoesterol. 
  7. Kiwi adalah sumber vitamin C, vitamin E, folat, karotenoid, dan fitokimia yang akan melindungi tubuh dari stress oksidatif.

Rekomendasi Varian Re.juve untuk Bantu Menjaga Kesehatan Jantung

Aktivitas yang padat kadang membuat kita tidak bisa memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Nah, kamu bisa mengonsumsi Re.juve True Cold-Pressed Juice yang dibuat 100% dari bahan-bahan alami, segar, dan murni. Re.juve True Cold-Pressed Juice dibuat tanpa tambahan gula, air, dan juga pengawet, sangat cocok dikonsumsi untuk bantu memenuhi nutrisi untuk mencegah penyakit jantung. 

Rekomendasi varian Re.juve yang bisa kamu coba adalah Blazing Kale, Dazzling Kale, Asian Green, dan Green Glory. Varian tersebut mengandung sayuran hijau, seperti kale, bayam, dan seledri yang mengandung nitrat. Kamu juga bisa mencoba Beat That, Red Rocket, dan Tropic Joy yang terbuat dari bit organik dan buah segar lainnya seperti apel dan kiwi yang mengandung vitamin C.

Nah, itulah penjelasan cara mencegah penyakit jantung bersama dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK, lengkap dengan sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan jantung. Bantu penuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengonsumsi bahan makanan yang tepat. Re.juve True Cold-Pressed Juice bisa bantu kamu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar jantung tetap sehat!