Manfaat Konsumsi Alpukat yang Kaya akan Nutrisi

Alpukat adalah salah satu buah yang serbaguna dan memiliki banyak variasi olahan. Olahan buah satu ini bisa bervariasi mulai dari asin hingga manis. Bukan hanya rasanya yang lezat, tapi alpukat juga punya segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Apa saja manfaat mengonsumsi buah alpukat? Simak penjelasan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK. 

Manfaat Mengonsumsi Alpukat Bagi Orang Dewasa

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi. Di antaranya adalah sumber serat, kalium, magnesium, vitamin K, vitamin E, serta lemak baik jenis MUFA (monounsaturated fatty acid). Berdasarkan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, mengonsumsi setengah buah alpukat dapat membantu asupan serat harian hingga 20%, kalium 10%, magnesium 5%, serta folat sebanyak 15%, dan mengandung MUFA sebanyak 7,5gram.  

Nah, lemak MUFA yang terdapat pada alpukat adalah asam oleat (oleic acid) atau dikenal juga sebagai omega 9. Berdasarkan dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, asam oleat inilah yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah: 

  • Memperbaiki gangguan pada pembuluh darah jantung. Orang yang mengonsumsi alpukat minimal 1 buah alpukat per minggu, memiliki risiko penyakit jantung lebih  rendah; 
  • Mengontrol tekanan darah; 
  • Meredakan inflamasi (peradangan); 
  • Memperbaiki sensitivitas insulin. 

Selain itu, kandungan serat dan plan sterol pada alpukat dapat memperbaiki kadar kolesterol (meningkatkan kadar kolesterol baik/HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat/LDL). Menurut penelitian pun, orang yang mengonsumsi alpukat memiliki Indeks Masa Tubuh yang rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil.  

Manfaat Alpukat Bagi Wanita

Alpukat dianggap sebagai Mediterranean-style foods karena merupakan buah yang kaya antioksidan, dan serat, serta memiliki profil asam lemak yang kaya akan MUFA. Berbagai penelitian menyatakan bahwa menjalankan Mediterranean-style diet dapat meningkatkan fertilitas (kesuburan) dengan mengurangi risiko obesitas, hipertensi, serta resistensi insulin 

Menurut dr. dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, konsumsi MUFA dari alpukat dapat bantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Sehingga mengonsumsi alpukat dalam jumlah yang tepat bisa bantu meningkatkan kemungkinan hamil bagi mereka yang menjalankan program kehamilan. Sedangkan bagi wanita hamil, kandungan lutein dan zeaxanthin pada alpukat membantu perkembangan mata janin di dalam rahim. Kalium yang terdapat pada alpukat juga dapat membantu menurunkan hipertensi pada ibu hamil.  

Pada ibu menyusui, MUFA dalam alpukat penting dalam meningkatkan kualitas ASI. Nutrisi ini bisa bantu meningkatkan kandungan lemak baik dalam ASI. MUFA ini akan berperan dalam perkembangan sistem saraf pusat, perkembangan struktur serta fungsi otak anak pada tahun pertama kehidupannya. Oleh sebab itu, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK menyarankan konsumsi alpukat mulai dari masa sebelum kehamilan, masa hamil, hingga menyusui 

Buat kamu yang ingin mengonsumsi alpukat secara praktis, kamu bisa beralih ke avocado smoothie yang simpel, lezat, dan creamy. Re.juve punya dua pilihan avocado smoothie ready to drink yang bisa kamu coba dan stok di rumah, nih. Nah, selama periode AVOCADEALS, kamu berkesempatan mendapatkan potongan hingga 25% untuk pembelian minimal 1 avocado smoothie dan 2 varian cold-pressed juice kesukaanmu hanya di store Re.juve terdekat! 

Interested to read more?

Download Re.juve App and unlock our exclusive articles.