Inilah 9 Manfaat Buah Bit Cara Alami Menaikkan Trombosit

Buah Bit, Si Merah yang Dapat Menaikkan Trombosit

Warnanya yang merah gelap menjadikan bit sebagai tumbuhan yang dapat meningkatkan kadar trombosit serta mendetoksifikasi tubuh. Pada umumnya, akar buah bit digunakan sebagai obat untuk kesehatan pada penderita anemia atau kekurangan darah. Tapi, sekarang orang beralih untuk mengonsumsi daging buah dan daun dari buah bit karena buah bit memiliki kandungan nutrisi yang banyak serta manfaatnya baik bagi tubuh. 

Konon, buah bit seringkali dijadikan sebagai bahan pewarna alami dan kebanyakan orang mengira bit adalah sebuah buah. Namun, fakta menunjukkan bahwa buah bit masuk ke dalam jenis umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Buah bit berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya.

Kandungan dalam Buah Bit

Buah bit mengandung zat besi, folat, nitrat, potasium, antioksidan dan protein sangat rendah. Sehingga, buah bit sangat bagus untuk dikonsumsi jika kamu sedang menjalani program diet. Idealnya dalam konsumsi buah bit adalah konsumsi 1 hingga 3 buah bit per harinya. Takaran ini masih dinyatakan aman bagi kesehatan dan dapat disesuaikan dengan batas aman konsumsi setiap orangnya.

9 Manfaat Buah Bit Selain untuk Menaikkan Trombosit

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dilansir dari Healthline, studi menunjukkan bahwa memakan buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg dalam hitungan jam. Buah bit memiliki kandungan nitrat, zat yang berada dalam tubuh berubah menjadi nitrit oksida.

2. Mencegah Anemia

Kandungan buah bit yang kaya zat besi membuat buah bit menjadi buah yang bisa meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Adanya zat besi membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan antioksidan asam alpha-lipoic  dalam buah bit mampu mencegah kerusakan sel darah dan dapat membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada pengidap diabetes. Buah bit dapat memperbaiki kadar gula darah pada orang yang mengalami diabetes.

4. Mendukung Fungsi Otot dan Saraf

Kandungan nitrat dalam buah bit mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen termasuk ke dalam otak. Buah bit juga kaya mineral seperti kalium yang mendukung fungsi otot serta saraf.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah bit memiliki kandungan serat dan antioksidan yang baik bagi pencernaan. Selain itu, bisa dipercaya sebagai salah satu cara untuk mencegah kerusakan dinding saluran karena pencernaan yang tidak baik. 

6. Melindungi dan Baik untuk Ginjal

Kandungan vitamin A, B6, dan zat besi dalam buah bit ternyata mampu melindungi ginjal dari inflamasi serta meningkatkan kinerja ginjal. Buah bit membantu membersihkan ginjal dari racun dalam tubuh yang tertimbun dalam tubuh.

7. Mengurangi Peradangan Inflamasi

Dikutip dari alodokter.com, peradangan merupakan respons alami tubuh untuk melawan benda asing. Namun, peradangan yang berlangsung lama atau kronis bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan jaringan tubuh.

8. Menurunkan Berat Badan

Punya tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang. Buah bit ternyata mampu mewujudkan tubuh ideal itu lho. Buah ini dipercaya mampu melancarkan proses detoks dalam tubuh khususnya lemak yang membandel.

9. Meningkatkan Stamina Tubuh

Buah bit dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman. Nah, olahan minuman seperti jus buah dapat membantu hati dan paru-paru bekerja dengan baik selama berolahraga dengan meningkatkan aliran oksigen. Sama halnya dengan Re.juve Cold-Pressed Juice yang menghadirkan buah bit sebagai minuman jus buah segar dan sayur organik yang enak dan praktis untuk dikonsumsi.

Buah Bit Segar Ala Re.juve Cold-Pressed Juice

Buah bit memiliki aroma yang langu seperti aroma tanah sehingga ada tantangan ketika mengolah buah bit menjadi makanan dan minuman. Sebagai pelopor Cold-Pressed juice di Indonesia, Re.juve selalu memberikan yang terbaik untuk Re.juve Lovers. Menggunakan teknologi True Cold-Pressed Production Facility (CPF) berintegrasi High Pressure Technology yang bersertifikat HACCP, Re.juve menjamin kebersihan dan sanitasi produk yang tinggi. Sepanjang prosesnya Re.juve memastikan untuk menjaga keamanan dalam produknya agar tetap segar, murni, dan alami tanpa pengawet, termasuk dalam mengolah buah bit. 

Re.juve menjaga aroma buah bit dicampur dengan kandungan buah segar dan sayur organik menjadikan Re.juve cold-pressed jus yang baik untuk kesehatan tubuhmu, seperti:

1. Firey Beat cold-pressed juice 

Firey Beat Re.juve ini cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas padat dan gampang lesu. Kemasan cold-pressed juice Re.juve yang praktis siap dibawa ke manapun kamu mau! 

2. Red Rocket cold-pressed juice

Selain itu, Re.juve juga memiliki pilihan cold-pressed juice lain untuk kamu yang ingin meningkatkan darah rendah, Red Rocket Cold-Pressed Juice yang penuh rasa dan memiliki campuran unik dari Bit segar dan batang seledri segar.

3. Beat That cold-pressed juice

Tidak hanya itu, Re.juve dikenal sebagai cold-pressed juice yang menyediakan jus segar yang terdiri dari kandungan buah segar dan sayur alami, bantu segarkan tubuh agar tetap terhidrasi seperti Beat That Cold-Pressed Juice.

4. Violet Almond Milk

Kalau buat kamu yang suka melewatkan sarapan di pagi hari, Violet Almond Milk Re.juve bisa menjadi pengganti sarapan sehat dan cepat untuk kamu.