Ini Dia Buah dan Sayuran Tinggi Serat yang Baik Untuk Pencernaan

Makanan berserat menjadi salah satu pendukung nutrisi yang banyak manfaat untuk tubuh. Kebanyakan orang mengonsumsi makanan berserat saat ingin melakukan diet sehat. Dibalik itu semua serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang jumlahnya sedikit, menjaga daya tahan tubuh yang dapat memelihara mikroba baik pada usus, menjaga berat badan ideal untuk mencegah obesitas dan diabetes, serta mencegah konstipasi atau sembelit karena serat dapat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke usus besar. 

Serat itu sendiri terdiri dari dua jenis yaitu serat yang larut dalam air seperti buah, oats, dan sayur. Serta serat yang tidak larut dalam air yang ada pada biji-bijian, gandum, pisang, tomat, dan kiwi. 

6 Buah dan Sayuran Tinggi Serat

Mengonsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan serat alami adalah pilihan terbaik untuk tubuh. Seperti yang diketahui buah dan sayur memang baik untuk sistem pencernaan dan memperlancar pencernaan. Untuk mencukupi kebutuhan serat harian, kamu memerlukan buah dan sayur untuk menjadi pendamping dibalik menu makanan sehari-hari. Yuk intip buah dan sayur yang dapat membantu sistem pencernaanmu!

1. Apel

Buah satu ini memiliki kandungan air yang banyak serta dapat menghidrasi tubuh. Apel mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain banyak kandungan nutrisi apel memiliki kandungan serat yang tinggi, yaitu sekitar 4.4 gram per 1 buah apelnya. Buah yang memiliki ragam warna ini dapat membantu pencernaan melalui serat yang ada di dalamnya. Serat yang larut dapat membantu perut terasa lebih kenyang dan memperlambat pencernaan glukosa dengan mengontrol gula darah.

2. Pisang

Buah berwarna kuning yang didominasi rasa manis ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan seratnya dalam 100 gram pisang mencapai 8,1 gram dan mengandung bermacam mineral seperti vitamin C, vitamin B kompleks, dan niasin. Menurut hellosehat.com dua buah pisang berukuran sedang mengandung 6 gram serat kira-kira memenuhi 23 persen dari kebutuhan serat harian. Dibalik itu buah pisang menjadi solusi untuk menenangkan perut jika sedang bermasalah. Serat dalam pisang dapat membantu menambah padatnya tekstur feses dan meredakan diare.

3. Buah Bit

Biasanya buah ini dapat dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk mempercantik visual pada makanan dan minuman. Buah bit masih menjadi keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Menurut hellosehat.com pada 100 gram buah bit terdapat serat sebanyak 2.6 gram. Kandungan serat yang ada pada buah berwarna merah ini memiliki manfaat untuk membantu mengarahkan makanan ke usus untuk dicerna serta dapat membantu melancarkan pencernaan. Tak hanya itu mengonsumsi serat secara rutin dapat mencegah mengalami sembelit dan infeksi usus.

4. Seledri

Umumnya sayuran ini dijadikan untuk mempercantik hidangan atau yang dikenal dengan garnish. Tak hanya itu, sayuran hijau ini juga dapat berguna sebagai bahan pelengkap hidangan masakan. Daun seledri mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti, vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan beta karoten. Seledri juga memiliki kadar serat sebanyak 2 gram per 100 gr seledri. Banyak manfaat yang dapat ditemukan pada seledri, salah satunya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Dilansir melalui sehatq.com hal ini terjadi karena serat pada seledri dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan seledri dikenal dengan apium yang terbukti mengurangi rasa sakit maag dan memperbaiki lapisan lambung.

5. Wortel

Dikenal dengan khasiatnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata, wortel memiliki manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Serat yang ada pada wortel membantu bakteri di usus untuk menjaga kebersihan di dalamnya agar terhindar dari penyakit. Selain itu, serat tidak larut pada wortel mengurangi risiko sembelit dan membantu melancarkan pencernaan. Antioksidan yang ada pada sayuran oranye ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terpapar penyakit.

6. Bayam 

Mengandung kaya serat dan air, bayam memiliki manfaat baik bagi sistem pencernaan. Mengonsumsi bayam yang cukup dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Pada 100 gram bayam terdapat kurang lebih 3,6 gram karbohidrat sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, bayam merupakan jenis sayuran yang padat nutrisi serta kaya antioksidan. Selain baik bagi pencernaan, tumbuhan berdaun hijau ini juga kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia.

Mengonsumsi serat alami yang di dapat dari buah dan sayur merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain buah dan sayur yang telah disebutkan diatas, kamu bisa mendapatkan serat lainnya dari oats, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Serat yang kamu dapatkan untuk kesehatan pencernaan bisa kamu lakukan dengan berbagai macam variasi seperti dicampurkan pada salad, smoothies, ataupun jus. 

 

Disela kesibukan sehari-hari, penuhi kebutuhan serat secara mudah dan praktis dengan Re.juve. Sebagai pelopor True Cold-Pressed Juice, Rejuve dapat menjadi solusi kamu untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Re.juve dengan hasil akhir yang berupa cairan dari sari buah dan sayuran asli yang kaya akan serat, mudah diserap dan dicerna oleh tubuh sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Tunggu apalagi, yuk nikmati kesegaran dan kenikmatan dari Re.juve untuk kamu agar selalu #LiveHappier