7 Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Asam lambung telah menjadi musuh bagi kebanyakan orang. Rasanya yang menyiksa membuat siapapun tidak nyaman saat asam lambung menimpa dirinya. Dalam istilah medis asam lambung disebut dengan istilah GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. Penyakit ini kerap kali diderita oleh orang-orang yang suka terlambat makan dan yang memiliki berat badan berlebih. Gejala asam lambung biasanya yaitu nyeri ulu hati, kembung, mual, dada terasa panas seperti terbakar, dan mulut terasa asam. Untuk mencegah asam lambung naik diperlukan gaya hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

7 Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Setiap orang memiliki pemicu asam lambung yang berbeda-beda sehingga penting memperhatikan keluhan yang timbul ketika mengonsumsi makanan tersebut. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui makanan yang menjadi pantangan untuk kamu. Terdapat banyak cara untuk mencegah naiknya asam lambung, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Namun, sebagai cara pencegahan tentu saja hal-hal berikut ini harus dilakukan dengan rutin dan disiplin. Yuk, simak beberapa cara mencegah asam lambung naik :

1. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Bagi penderita asam lambung, mengonsumsi makanan yang berserat dapat membantu mencegah hal tersebut. 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang cocok untuk mengurangi asam lambung, hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah, sayuran, dan olahan susu. Salah satu buah yang disarankan menurut halodoc.com untuk dapat mencegah naiknya asam lambung adalah pisang. Pisang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat mencegah gangguan pencernaan karena dalam pisang ditemukan pektin yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Yogurt juga dapat membantu mencegah ketidaknyamanan pada perut, hal ini dikarenakan yogurt mengandung probiotik yaitu bakteri baik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Hindari makanan pemicu refluks

Refluks adalah kondisi naiknya asam lambung secara ringan yang mana keadaan ini dapat menjadi lebih kronis atau disebut dengan GERD. Maka dari itu sangat penting menghindari makanan yang memicu refluks diantaranya yaitu, kopi, cokelat, soda, alkohol, cabai, makanan asam dan makanan berlemak tinggi seperti jeroan dan daging olahan. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat membuat sfingter esofagus melemah dan membuat asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan.

3. Mengunyah makanan secara perlahan 

Bagi kamu penderita asam lambung, sangat dianjurkan untuk makan secara perlahan. Ketika makanan dikunyah secara perlahan makanan akan menjadi lunak dan lebih mudah dicerna. Pencernaan yang lancar akan mencegah timbulnya asam lambung. Selain itu, makan secara perlahan juga akan mengurangi risiko heartburn atau rasa panas di dada karena biasanya heartburn kerap terjadi jika kita makan secara buru-buru tanpa dikunyah.

4. Tidak makan sebelum tidur

Bagi penderita asam lambung sangat disarankan untuk tidak makan maupun ngemil sebelum tidur. Tidurlah saat lambung telah dikosongkan ke usus halus kurang lebih 2 sampai 3 jam setelah makan.  Kebiasaan makan sebelum tidur akan memperburuk gejala asam lambung seperti suka bersendawa, heartburn, dan sesak napas. Ketika kamu tidur setelah makan, gravitasi akan menarik isi perut ke arah kerongkongan sehingga akan memicu gejala asam lambung.

5. Menghindari rokok

Menurut hellosehat.com rokok mengandung nikotin yang dapat mengendurkan otot polos di dalam tubuh. Secara tidak langsung asam lambung yang diproduksi organ lambung berpeluang naik ke kerongkongan menjadi lebih banyak sehingga berpeluang menaikan asam lambung. Selain itu, merokok dapat mengurangi produksi air liur yang dapat memicu melawan efek refluks asam lambung. Jika air liur lebih sedikit, asam yang naik ke kerongkongan sulit dinetralkan sehingga rentan terkena asam lambung.

6. Minum air putih

Mengonsumsi air putih dapat menurunkan dan mencegah asam lambung. Hal ini dikarenakan air memiliki PH netral yang dapat meningkatkan PH makanan yang bersifat asam. Selain itu, mengonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya akan memperlancar kinerja pencernaan sehingga akan mencegah naiknya asam lambung. Air putih juga baik untuk membuat tubuhmu tetap terhidrasi.

7. Menerapkan gaya hidup sehat

Pola hidup sehat dapat membantu mencegah naiknya asam lambung. Dengan menerapkan makan teratur, tidur teratur, dan rajin berolahraga dapat membantu kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Mengatur porsi makan yang baik dapat menghindari dari asam lambung, baiknya makan sekitar 5 atau 6 porsi kecil dalam sehari. Tidur yang cukup juga dapat membantu menghindari asam lambung, tidur yang cukup dapat dilakukan selama 8 jam agar tubuh tidak cepat lelah dan kerja pencernaan dapat berjalan dengan baik

Dengan menerapkan prinsip #LiveHappier Re.juve berupaya menghadirkan minuman sehat untuk membantu kamu dalam menerapkan gaya hidup sehat dengan lebih menyenangkan. Re.juve adalah pelopor True-Cold Pressed di Indonesia yang 100% #GOODforYou. Terbuat dari buah, sayur dan rempah alami produk Re.juve baik untuk memenuhi nutrisi harian mu dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Berkolaborasi dengan ahli gizi dan pakar kesehatan yaitu Dr. Juwalita yang menyebutkan bahwa jus buah dapat dikonsumsi oleh penderita GERD, kecuali jus buah yang mengandung buah sitrus seperti jeruk dan lemon. Berikut ini adalah varian Re.juve yang dapat dikonsumsi oleh penderita GERD menurut Dr. Juwalita Surapsari yaitu, Asian Green, Beat That, Green Glory, Golden Apple, Fiery Beat, dan Dazzling Kale. Namun, pemicu GERD biasanya bervariasi pada tiap orang sehingga sangat penting untuk tetap memperhatikan keluhan yang timbul ketika mengonsumsi jus buah tersebut. 

Yuk mulai gaya hidup sehat dengan lebih menyenangkan bersama Re.juve!