Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan Hati

Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam daftar 20 negara dengan penderita hepatitis tertinggi di dunia menurut Disability Adjusted Life Year. Hepatitis hanya merupakan satu dari beberapa penyakit kerusakan hati yang perlu diwaspadai. Padahal kesehatan hati sangat penting karena fungsinya yang vital. Simak cara menjaga kesehatan hati dengan konsumsi buah dan sayur yang tepat di sini!

Mengenal Fungsi Hati

Hati merupakan organ vital yang memiliki banyak fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi, salah satu fungsi yang sangat dikenal dari organ hati adalah kemampuannya menetralisir racun. Secara umum, fungsi hati juga meliputi produksi empedu yang berguna untuk memecah lemak saat proses pencernaan dan membuang sisa kotoran dalam tubuh

Fungsi hati yang lainnya adalah tempat untuk menyimpan cadangan nutrisi penting bagi tubuh. Misalnya, zat besi, asam folat, vitamin A, D, dan K, serta glikogen yang nantinya bisa diubah menjadi glukosa untuk sumber energi. Selain itu, hati juga bisa berguna untuk membersihkan darah serta menghancurkan sel darah merah. Dengan begitu, organ hati memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan kinerja tubuh

Penyebab Kerusakan Hati

Hepatitis merupakan satu dari berbagai jenis gangguan hati. Gangguan hati lainnya yang harus diwaspadai adalah penyakit kuning, sirosis hati, dan fatty liver (non alcoholic dan alcoholic). Jika gangguan hati tidak segera ditangani, maka akan berakibat pada kegagalan hati dan bahkan kanker hati.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada kesehatan hati, kamu perlu memahami beberapa penyebab kerusakan hati. Ada banyak faktor yang memicu terjadinya kerusakan hati, antara lain:

  • Infeksi virus;
  • Faktor genetik;
  • Pola makan tidak sehat seperti tinggi lemak jenuh;
  • Konsumsi alkohol berlebih;
  • Paparan berlebih produk kimiawi;
  • Konsumsi suplemen atau obat-obatan secara berlebihan;
  • Gangguan imun tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami

Peranannya yang sangat penting bagi keseimbangan kinerja tubuh, membuat organ hati perlu dijaga dengan baik. Salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara alami merawat kesehatan hati seperti di bawah ini!

1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat akan bantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ hati, contohnya antioksidan. Untuk memperoleh pola makan yang sehat dan seimbang, maka kamu akan memerlukan asupan buah dan sayur untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga untuk tetap memenuhi makro nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Pilihlah karbohidrat kompleks, protein nabati, serta protein hewani dengan memastikan kadar lemaknya.

Makanan yang tinggi lemak serta gula tambahan akan membuat kinerja organ hati lebih berat. Hal ini terjadi karena liver akan memproses makanan yang masuk untuk diedarkan ke seluruh tubuh atau dicadangkan dalam hati. Maka dari itu, jika kamu mengonsumsi lemak secara berlebih, maka lemak akan menumpuk di dalam organ hati.

2. Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih bisa menimbulkan penumpukan lemak dalam hati. Selain penumpukan lemak, alkohol juga bisa menyebabkan luka pada organ hati. Maka dari itu, konsumsinya perlu dibatasi. Apalagi, konsumsi alkohol berlebih bisa berkembang jadi beragam penyakit hati antara lain, fatty liver, sirosis, hepatitis alkoholik, dan gagal hati.

3. Cukup Minum Air Putih

Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari bisa membantu proses detoksifikasi hati. Selain itu, tubuh memang membutuhkan air dalam jumlah tertentu. Tergantung pada beberapa faktor seperti aktivitas harian hingga berat badan seseorang. Minumlah air putih secara teratur dalam jumlah yang wajar untuk menjaga keseimbangan tubuh dan juga memelihara organ hati.

4. Miliki Gaya Hidup yang Sehat

Sebagai salah satu langkah pencegahan penyakit hati, biasakan diri untuk melakukan olahraga secara teratur, minimal 3 jam per minggu. Olahraga bisa membantu tubuh membakar lemak sehingga tidak terjadi penumpukan lemak dalam liver. Selain berolahraga, pastikan juga untuk mendapatkan vaksin hepatitis untuk mencegah tertular virus. Pakai peralatan makan yang terjamin kebersihannya dan jangan menggunakan jarum suntik bekas.

Rekomendasi Alternatif Buah dan Sayur untuk Menjaga Kesehatan Hati

Tidak bisa dipungkiri, kalau saat ini kita semakin sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan buah dan sayur yang dibutuhkan tubuh. Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan buah dan sayur untuk menjaga kesehatan hati, kamu bisa mengonsumsi jus buah dan sayur murni. 

Pastikan untuk memilih jus yang dibuat secara higienis, tanpa gula tambahan, pengawet, air, serta perisa artifisial lainnya. Salah satu pilihan jus buah murni yang praktis adalah Cold-Pressed Juice dari Re.juve. Dibuat dari 100% buah segar dan sayur organik, Re.juve Cold-Pressed Juice bisa bantu penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan sebagai upaya menjaga kesehatan organ hati. Yuk, coba rekomendasi Re.juve Cold-Pressed Juice untuk memelihara kesehatan hati!

1. Asian Green

Untuk kamu yang belum pernah mencoba jus sayur murni, Asian Green bisa menjadi pilihan yang tepat, nih. Rasanya yang manis dan segar sangat cocok bila kamu masih ragu mencoba jus sayur. Cold-Pressed Juice varian Asian Green dibuat dari bayam organik segar bercampur dengan timun, nanas, dan apel. Kombinasi buah dan sayur murni ini cocok untuk bantu menjaga kesehatan hati.

2. Tropic Joy

Bukan hanya tinggi serat pangan yang bagus untuk menjaga kesehatan liver, Tropic Joy juga kaya akan vitamin C, lho. Apalagi, Cold-Pressed Juice yang satu ini dibuat dari 100% buah segar, seperti kiwi, stroberi, apel, dan bit organik. Minuman yang tinggi vitamin C tentu saja juga kaya akan antioksidan yang diperlukan untuk mencegah efek buruk radikal bebas, seperti memicu kanker atau gangguan hati.

3. i.Glow

Kalau kamu mencari jus wortel untuk menjaga kesehatan hati, kamu bisa mencoba i.Glow dari Re.juve. Terbuat dari wortel organik segar dan nanas serta apel, Cold-Pressed Juice ini tinggi akan vitamin C dan bisa menjadi sumber serat pangan yang baik untuk tubuh.

3. Red Rocket

Kalau kamu ingin mengonsumsi jus bit dengan rasa yang enak dan tetap kaya nutrisi, Red Rocket adalah pilihan yang tepat, nih! Dibuat dari bit organik, wortel organik, seledri organik dan bercampur dengan apel serta lemon, membuat rasa Red Rocket kaya sama seperti nutrisi dalam satu botolnya. Cold-Pressed Juice ini pun juga tinggi akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

5. Super Green

Salah satu jus bayam yang lezat dan sehat adalah Super Green milik Re.juve, nih! Terbuat dari buah dan sayur pilihan, Super Green mengandung bayam, seledri, timun, apel dan jeruk segar. Campuran buah dan sayur tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan organ hati. Nah, kalau kamu mencukupi kebutuhan serat, vitamin, mineral, antioksidan dari jus buah dan sayur asli kamu bisa mengurangi risiko terkena hepatitis!

Begitulah cara menjaga kesehatan hati yang bisa kamu lakukan sejak saat ini. Lakukanlah tips menjaga kesehatan hati di atas serta dapatkan vaksin hepatitis agar mengurangi risiko terkena penyakit gangguan hati. Jangan lupa untuk selalu mencukupi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan agar tubuh tetap sehat. Supaya lebih praktis kamu bisa mengonsumsi Re.juve Cold-Pressed Juice yang dibuat murni tanpa gula tambahan, pengawet, serta air!