Cemilan sehat untuk sang buah hati

Dikutip dari hellosehat.com satu per tiga kalori harian untuk memenuhi gizi anak sekolah diperoleh melalui cemilan. Maka dari itu, cemilan memiliki peran penting bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak. Memilih cemilan yang sehat merupakan hal penting yang harus dilakukan karena cemilan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes pada anak. Seperti kita ketahui, anak-anak cenderung menyukai cemilan instan yang manis dan tinggi lemak. Oleh karena itu, orang tua harus dapat menyiapkan cemilan sehat yang kaya nutrisi baik bagi tubuh sang buah hati.

6 Cemilan Sehat Untuk Anak-Anak

Memberikan cemilan sehat untuk buah hati dengan nutrisi seimbang adalah kewajiban para orang tua. Cemilan sehat dapat menjadi selingan makanan di antara menu makanan utama anak balita. Diketahui, cemilan sehat mendukung kesehatan dan tumbuh kembang sang anak, berikut adalah beberapa pilihan menu cemilan sehat yang bisa diberikan untuk sang buah hati :

1. Biskuit bayi

Selepas usia 6 bulan, bayi diperbolehkan mengonsumsi makanan pendamping ASI atau disebut MPASI. Selain memberikan bubur puree dari buah dan sayur, ibu dapat memberikan cemilan dalam bentuk biskuit khusus bayi. Biskuit bayi merupakan salah satu snack sehat yang baik untuk anak-anak karena teksturnya yang lembut dan mengenyangkan. Dalam 1 buah biskuit terdapat kurang lebih 90 kalori serta mengandung energi, lemak, protein, dan karbohidrat. Untuk memilih biskuit yang tepat, ibu harus memperhatikan sasaran usia dari biskuit tersebut. Biasanya terdapat petunjuk pada kemasan baik untuk bayi usia 6 bulan hingga 1- 2 tahun, dan lain sebagainya.

2. Yogurt

Salah satu olahan susu fermentasi ini memiliki tekstur yang kental seperti krim dan rasa yang cenderung asam manis. Dilansir dari Healthline, yogurt mengandung protein tinggi sekitar 12 gram per 200 gram yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh anak. Selain itu,  yogurt yang mengandung probiotik dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko anak-anak tertular penyakit. Disarankan, untuk memilih yogurt yang tidak menggunakan pemanis tambahan dan pewarna buatan.

3. Oatmeal 

Pilihan cemilan selanjutnya yaitu oatmeal. Oatmeal memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan buah hati. Selain itu oat adalah bahan dasar yang bebas gluten, sehingga cocok untuk anak anak yang memiliki alergi gluten. Tidak hanya kaya serat, oat juga mengandung berbagai mineral salah satunya yaitu kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

4. Keju

Merupakan makanan hasil dari fermentasi susu, tentunya keju memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan si kecil. Keju mengandung tinggi kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat pada anak. Dikutip dari kumparan.com menurut Kids+ Pediatric anak dengan usia 1-3 tahun membutuhkan 700 mg kalsium per hari, sedangkan anak 4-8 tahun membutuhkan 100 mg kalsium setiap harinya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi keju sebagai cemilan sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian sang buah hati.

5. Smoothies

Untuk mengatasi anak-anak yang kerap kali pilih-pilih makanan, smoothies dapat menjadi pilihan ayah dan bunda sebagai cemilan sehat. Smoothies memiliki nutrisi buah, sayur, gandum, dan lain sebagainya sehingga dapat menjadi cara yang tepat, sehat, dan tentunya dapat dinikmati oleh anak-anak. Kandungan serat yang ada pada  buah dan sayur dapat menjadi sumber serat dan energi bagi sang buah hati.

6. Buah dan sayur

Jenis makanan yang satu ini kerap kali menjadi musuh anak-anak sehingga orang tua perlu berkreasi untuk memberikan buah dan sayur agar lebih diminati anak-anak. Orang tua dapat memilih buah dan sayur yang berwarna cerah untuk memikat keinginan anak-anak untuk mengonsumsinya. Selain itu, ayah dan ibu bisa mengakalinya dengan memberikan dalam bentuk cold-pressed juice yang mudah untuk dikonsumsi juga memiliki beragam rasa. Cold-pressed juice adalah minuman sehat dari buah dan sayur yang diproses menggunakan cold-pressed technology sehingga nutrisi yang keluar dari buah dan sayur tetap terjaga karena tidak melewati proses pemanasan yang menimbulkan oksidasi.

Meningkatkan tumbuh kembang dan kesehatan anak-anak adalah tanggung jawab orang tua. Memberikan nutrisi yang seimbang merupakan concern para ibu di dunia. Orang tua pastinya akan memberikan asupan nutrisi yang berkualitas baik untuk menjaga gizi sang buah hati seperti memberikan makanan tanpa bahan pengawet dan menghindari makanan yang menambahkan pemanis buatan. Karena hal-hal tersebut tentunya berbahaya bagi kesehatan sang anak serta dapat memberi efek seperti diabetes dan obesitas. Untuk membantu ibu memberikan cemilan sehat dengan nutrisi seimbang Re.juve menghadirkan paket #LiveHappier yang terdiri dari 4 botol dengan campuran varian yang terdiri dari ​​Cold-Pressed Classic Line, Cold-Presses Elixir dan Smoothies. Merupakan varian favorit yang tidak hanya menyehatkan karena mengandung nutrisi lengkap tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Di samping itu varian yang ada pada paket #LiveHappier memiliki rasa yang enak dan dapat dinikmati oleh anak-anak. 

Ayah dan bunda juga tidak perlu khawatir terhadap bahan-bahan yang terkandung pada paket #LiveHappier. Karena Re.juve menggunakan bahan-bahan organik tanpa tambahan gula, pemanis, dan pengawet buatan. Rasa manis yang ada pada setiap botol Re.juve berasal dari buah-buahan yang terkandung di dalamnya sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak. 

Yuk berikan nutrisi optimal bagi sang buah hati melalui paket #LiveHappier untuk gaya hidup sehat yang lebih menyenangkan!