5 Makanan dan Minuman Untuk Berbuka Puasa

Waktu berbuka puasa adalah momen yang paling dinantikan. Setelah lebih dari 12 jam berpuasa, sudah menjadi kewajiban untuk membatalkan puasa setelah adzan Maghrib berkumandang. Namun, diantara kamu kerap kali bertanya-tanya, kapan waktu terbaik untuk berbuka puasa? Apakah setelah sholat Maghrib? Apakah sebelum sholat Maghrib? Disini, Re.juve punya jawabannya untuk kamu! Kamu bisa mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW yang biasa berbuka puasa sebelum menunaikan ibadah sholat Maghrib. Sebagai informasi untuk kamu, Nabi Muhammad SAW kerap kali berbuka puasa dengan makan kurma ruthob atau kurma basah tetapi jika tidak ada beliau akan menggantinya dengan tamer atau kurma kering. 

Memasuki waktu berbuka puasa, pasti diantara kamu banyak yang bertanya, menu  buka puasa apa yang enak untuk hari ini? Menentukan menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa adalah hal yang sulit dilakukan. Karena banyak sekali pilihan dan keinginan, ada perasaan ingin makan segalanya. Terlebih lagi menjelang waktu buka puasa banyak sekali orang-orang yang menjajakan makanannya di sepanjang jalan.

5 Menu Makanan Untuk Buka Puasa

Agar kamu tidak kesulitan menentukan menu makanan berbuka puasa, berikut adalah 5 ide menu yang dapat menjadi pilihan kamu saat berbuka puasa! 

1. Sate Ayam

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang identik disajikan menggunakan bumbu kacang ini? Dikenal dengan nama sate atau satai, makanan ini dibuat menggunakan daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusukan ke lidi. Setelah ditusukan dan diberi bumbu, kemudian sate dibakar atau dipanggang menggunakan bara, arang batok kelapa maupun arang kayu. Sejatinya, sate memiliki banyak ragam bumbu tergantung variasi resep dan asalnya biasanya mayoritas orang mengenal Sate Madura. Sate ayam adalah hidangan yang praktis karena banyak yang menjual dan dapat disajikan dengan cepat, terlebih rasanya yang gurih akan menambah nafsu makan ketika berbuka puasa. 

2. Ayam Bakar

Menu yang satu ini tentu saja selalu hadir disetiap momen apa saja khususnya ketika buka puasa. Ayam bakar adalah salah satu comfort food kebanyakan orang. Rasanya yang identik manis dan gurih serta praktis dihidangkan membuat siapa saja suka dengan menu yang satu ini. Ayam bakar yang enak kuncinya adalah pada bumbunya, semakin bumbu itu meresap hingga ke dalam rasanya tentu saja semakin juara. Beberapa kreasi menu ayam bakar diantaranya yaitu Ayam Bakar Taliwang dan Ayam Bakar Bumbu Rujak.

3. Sayur Sop 

Ketika berbuka puasa menyantap makanan yang berkuah hangat rasanya akan terasa sangat nikmat. Sayur sop bisa menjadi pilihan menu sayur yang berkuah hangat untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Kandungan sayuran di dalamnya juga menjadi asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa varian menu sop yang dapat kamu pilih yaitu, sayur sop bening, sayur sop daging dan sayur sop ayam.

4. Capcay Kuah

Makanan khas Tionghoa-Indonesia ini memiliki macam-macam sayuran di dalamnya. Makanan ini penuh akan nutrisi karena terdapat banyak sayuran hijau serta sayuran berwarna lainnya seperti paprika kuning dan paprika merah. Selain sayuran, banyak bahan-bahan lain di dalamnya seperti ayam, udang, dengan tambahan saus tiram. Makanan berkuah ini dapat memenuhi  asupan nutrisi saat berbuka puasa karena gizi dan vitamin yang ada di sayuran dapat mengisi energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

5. Gorengan dan Jajanan Pasar

Gorengan telah menjadi makanan wajib bagi mayoritas orang untuk berbuka puasa. Dikarenakan kebanyakan orang memilih untuk menyantap makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Gorengan yang menjadi menu favorit mayoritas orang yaitu tempe mendoan, tahu isi, molen, bakwan, cireng, dan singkong goreng. Selaon itu tidak ketinggalan, ada gorengan pasti ada juga jajanan pasar seperti onde-onde, klepon, lemper, dadar gulung, kue cucur, serabi, dan lemper.

5 Menu Takjil dan Minuman Untuk Buka Puasa

Berbuka puasa terasa kurang lengkap apabila tidak ada pendamping minuman yang menyegarkan, berikut adalah beberapa pilihan minuman yang dapat kamu jadikan menu berbuka puasa!

1. Kolak Pisang

Takjil yang satu ini adalah menu yang jarang dilewatkan oleh kebanyakan orang ketika bulan puasa. Dapat dijadikan hidangan pembuka maupun hidangan penutup saat berbuka puasa. Perpaduan rasa manis dan gurih dari kolak pisang jelas dapat memanjakan lidahmu setelah seharian berpuasa. Kandungan gula dan serat dapat membantu kamu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian beraktivitas dan berpuasa. Menu ini dapat disajikan dingin maupun hangat, kalau kamu lebih suka yang mana? 

2. Sop Buah

Siapa yang akan menolak jika disuguhkan sop buah sebagai menu buka puasa? Tentu saja, mayoritas orang pasti menyukainya. Rasanya yang manis dan segar dengan perpaduan ragam buah-buahan akan menjadi pelepas dahaga yang sangat nikmat. Buah-buahan yang terkandung di dalamnya juga dapat menjadi nutrisi tambahan bagi tubuh. Biasanya sop buah ramai dijual di pasaran disamping itu porsinya juga banyak sehingga dapat dinikmati bersama dengan anggota keluarga maupun kerabat.

3. Es Cendol atau Es Dawet

Siapa yang tidak kenal dengan minuman ini? Bahkan minuman ini ada pada salah satu judul lagu penyanyi legendaris yaitu almarhum Didi Kempot. Es cendol atau es dawet ini menjadi salah satu menu khas saat bulan ramadhan. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat es cendol selalu diserbu saat menjelang buka puasa. Minuman ini terbuat dari tepung beras kemudian dicampurkan gula jawa serta santan dan yang tak mungkin ketinggalan tentu saja es serutnya. 

4. Smoothies

Menggunakan bahan dasar seperti buah-buahan segar ditambah dengan yogurt, susu ataupun es krim. Pilihan ini cocok untuk menemani buka puasa dengan rasanya menyegarkan serta menyehatkan. Meminum smoothies untuk buka puasa dapat mengenyangkan perut dalam memenuhi serat harian karena teksturnya yang berserat selama berpuasa.

5. Jus Buah atau Cold-Pressed Juice

Buah penuh akan vitamin cocok menjadi pilihan untuk mendampingi kamu berbuka puasa. Dengan mengonsumsi jus buah, kamu akan mendapat cairan dan vitamin yang lengkap disertai dengan serat yang dapat memenuhi keseimbangan tubuh selama berpuasa 13 jam. Di dalam jus buah terdapat antioksidan yang dapat membantu menjaga tubuh agar tetap fit selama menjalani puasa. Sedangkan Cold-Pressed Juice kamu bisa mendapatkannya secara praktis dengan nutrisi penuh dan terjaga karena prosesnya yang menggunakan cold-pressed technology. Selain itu, Cold-Pressed Juice memiliki citarasa yang menyegarkan sehingga dapat memenuhi dahaga selama berpuasa seharian dan mengembalikan cairan tubuh.

Berbuka puasa dengan makanan penuh nutrisi dapat membantu menyeimbangkan kondisi tubuh yang hilang selama berpuasa. Re.juve dapat menjadi pilihan #TemanPuasa terbaik untuk mendampingi buka puasa serta sahur kamu! Cold-Pressed Juice yang dimiliki oleh Re.juve menggunakan teknologi canggih yang dapat menjaga kualitas produk sehingga nutrisi dan gizi tetap optimal. 

Re.juve memiliki banyak varian seperti Smoothies, Almond Milk, dan Elixir yang dapat membantu kamu menjalani puasa dengan lebih berenergi dan mampu memenuhi cairan tubuh yang hilang. Dengan mengonsumsi Re.juve tubuh akan terasa lebih segar karena didalamnya terdapat kandungan mineral dan vitamin yang dapat menyegarkan tubuh.

Yuk mulai menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh selama menjalani puasa ramadhan 2022