Persiapan Mudik Lebaran Aman dan Sehat

Tak terasa hari raya Idul Fitri sudah di depan mata. Salah satu kegiatan yang tak boleh terlewatkan saat hari raya adalah mudik. Mudik adalah tradisi yang telah dilakukan turun-termurun menjelang Idul Fitri. Momen mudik lebaran merupakan waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat jauh. Nah, agar selama perjalanan kamu tetap sehat, coba simak persiapan mudik lebaran bersama dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK di sini! 

Persiapan Mudik Lebaran Agar Tetap Sehat

Biasanya, mudik lebaran berlangsung mulai dari empat atau lima hari sebelum hari raya. Ini artinya beberapa dari kita masih menjalankan ibadah puasa saat melakukan perjalanan. Nah, perhatikan kondisi tubuh agar perjalanan yang panjang tidak membuatmu sakit. Supaya tubuh tetap prima menyambut hari raya, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK membagikan tips persiapan mudik agar tetap sehat. 

  • Perhatikan Asupan Makanan 

Jika kamu masih berpuasa saat melakukan perjalanan mudik, cobalah untuk tetap makan sahur dengan komposisi yang lengkap. Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK hal ini akan memberikan energi yang dibutuhkan selama perjalanan panjang. Komposisi sahur yang lengkap dan sehat adalah yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, sedikit lemak, serta sayur dan buah. Karbohidrat kompleks bisa mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama sehingga tubuh tidak mudah lelah saat mudik. 

  • Cukupi Kebutuhan Cairan

Persiapan mudik lebaran kedua adalah memastikan kebutuhan cairan tercukupi. Kekurangan cairan saat melakukan perjalanan jauh, cenderung akan membuat kamu hilang fokus. Hal ini tentu saja akan membahayakan jika kamu mengendarai kendaraan sendiri. Kalau kamu sedang berpuasa, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesuai anjuran dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK. Caranya adalah dengan mengonsumsi segelas air saat bangun tidur, dan satu gelas air atau sebotol Cold-Pressed Juice setelah sahur. Kemudian lanjutkan memenuhi cairan saat berbuka puasa. 

  • Hindari Mengonsumsi Kopi 

Menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, mengonsumsi kopi saat mudik justru akan menyebabkan tubuh sering buang air. Akibatnya, tubuh kekurangan cairan lebih cepat dan memicu rasa lelah. Untuk itu, meskipun kafein dapat menahan rasa kantuk, cobalah untuk mengindari minum kopi saat sahur. Kamu bisa menepi untuk beristirahat bila rasa kantuk mulai datang saat berkendara menuju kampung halaman. Selain kopi, hindari juga minuman dengan pemanis buatan. Kelebihan kalori yang datang dari gula tambahan bisa membuat kita mudah mengantuk. 

  • Istirahat Saat Lelah

Dokter Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK menyarankan agar segera beristirahat jika badan mulai lelah saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Rutinlah mengambil waktu istirahat selama 30 menit setelah mengemudi 4 jam penuh. Dokter Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK  juga menyarankan untuk segera menepi dan istirahat ketika tubuh mulai kehilangan fokus dan mengantuk. Kamu bisa melakukan stretching saat beristirahat agar tubuh kembali bugar. 

Itulah tips persiapan mudik lebaran agar tubuh tetap sehat dan perjalanan tetap lancar. Perhatikan asupan makanan dan minuman selama melakukan mudik di bulan puasa. Kamu bisa sedia Cold-Pressed Juice dari Re.juve dan Nutty Dates untuk berbuka di jalan. Namun, jangan lupa gunakan cooler bag dan thermafreeze agar tetap segar karena semua produk Re.juve terbuat dari bahan-bahan alami dan segar dan tidak menggunakan zat pengawet serta bahan artifisial.