9 Amankah Balita Mengonsumsi Jus Buah dan Sayur dr.Juwalita Re.juve

Buah dan sayur mempunyai banyak nutrisi baik untuk tumbuh kembang balita. Jika si kecil tidak terbiasa menikmati buah dan sayur dalam bentuk yang padat, kamu bisa menyiasatinya dengan jus yang sehat dan segar. Jus adalah alternatif yang aman dalam mengonsumsi buah dan sayur untuk si kecil. Namun, orang tua harus tetap memerhatikan batasan saat memberikan jus buah dan sayur kepada si kecil.

Re.juve merupakan brand yang memproduksi Cold-Pressed Juice 100% #GOODforYou. Namun, apakah produk Re.juve aman dikonsumsi untuk anak di usia balita? Untuk perkembangan anak, varian atau kandungan apa yang bisa diberikan pada anak usia balita? Yuk, simak jawaban dari dr. Juwalita!

Jawaban dari Dokter Juwalita

American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan pemberian jus untuk anak di bawah usia 1 tahun. Namun, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), 100% jus buah segar dapat menjadi bagian dari diet sehat untuk anak di atas usia 1 tahun. Apalagi bila dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang. 

Pada usia 1-3 tahun konsumsi jus buah dibatasi setidaknya 120 ml per hari. Lalu, untuk usia 4-6 tahun setidaknya 120-180 ml per hari. Untuk dapat mendukung pertumbuhannya, kita bisa memilih jus yang kaya akan zat besi. Zat besi diketahui dapat meningkatkan perkembangan otak dan mencegah anemia pada anak.

Waktu yang Tepat Memberikan Jus Buah untuk Balita

Menurut webmd.com, AAP merekomendasikan untuk membatasi konsumsi jus bagi si kecil yang masih di bawah usia 1 tahun. Minum terlalu banyak jus buah dan sayur bisa memberikan masalah kesehatan bagi si kecil. Air dan susu tetap menjadi minuman terbaik untuk mereka. Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi dalam memberikan jus buah atau sayur pada si kecil:

  1. Batasi jus tidak lebih dari 4 hingga 6 ons setiap hari untuk anak usia 4 hingga 6 tahun.
  2. Batasi jus tidak lebih dari 8 ons setiap hari untuk anak-anak usia 7 hingga 18 tahun.
  3. Jangan memberikan jus dalam botol atau cangkir sippy karena mendorong minum terlalu banyak.
  4. Jangan berikan jus pada anak sebelum tidur karena dapat menyebabkan gigi berlubang.

Setelah memerhatikan batasan pemberian jus buah dan sayur kepada anak, orang tua juga perlu lebih memerhatikan hal-hal yang perlu diingat saat memberikan jus. Dikutip dari alodokter.com, ini dia ada aturan-aturan agar orang tua lebih sadar ketika ingin memberikan jus ke si kecil, antara lain:

  1. Pastikan si kecil sudah bisa duduk tegak.
  2. Berikan jus dalam gelas atau cangkir kecil sesuai porsi minumnya.
  3. Membatasi porsi jus yang diminum. Pastikan tidak lebih dari 120 ml sehari.
  4. Agar si kecil tidak kaget dengan rasanya, pastikan jus dibuat seencer mungkin.
  5. Hanya berikan jus yang terbuat dari 100% sari buah.
  6. Hindari memberi jus dengan rasa yang mencolok.
  7. Jangan menambahkan gula dalam jus.
  8. Jika harus membeli jus kemasan, pilihlah yang sudah melalui proses pasteurisasi.

Asupan Buah dan Sayur Si Kecil dengan Re.juve yang 100% Fresh, Pure, dan Natural

Ada pilihan jus yang dibuat aman dikonsumsi oleh si kecil dari Re.juve. Apalagi setiap jus melalui proses Cold-Pressed tanpa tambahan air, zero added sugar, serta tanpa pengawet. Dengan begitu, si kecil dapat mendapatkan manfaat dari buah dan sayur yang terkandung dalam jus.

1. Green Glory Cold-Pressed Juice

Green Glory terbuat dari perpaduan bayam dan seledri organik dengan perasa alami jeruk dan nanas segar. Minuman ini dapat membantu meningkatkan asupan vitamin C dan vitamin K pada si kecil. Green Glory juga bisa membantu si kecil memenuhi kebutuhan serat, zat besi, serta kalsium yang dibutuhkan. Selain si kecil bisa mengenal rasa dari sayuran, mereka juga tetap mendapat nutrisi dari Green Glory.

2. Tropic Golden Cold-Pressed Juice

Perpaduan wortel, nanas, jeruk dan kunyit organik menjadikan Tropic Golden minuman yang tepat bagi si kecil. Jus ini mengandung vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, dan serat. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh si kecil. Tentunya semua bahan dikemas dengan rasa yang enak serta sehat. Apalagi bahan-bahan yang digunakan alami dan aman untuk si kecil.

Setelah melihat penjelasan di atas, kamu bisa mulai memerhatikan asupan nutrisi dan vitamin untuk sang buah hati. Siapkan jus dalam takaran yang sudah ditentukan agar tidak memengaruhi tumbuh kembang si kecil. Selalu pilih jus yang diproses secara alami, segar dan murni seperti milik Re.juve!

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.