8 Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Minum Jamu dr.Juwalita Re.juve

Indonesia memiliki minuman tradisional yang sangat terkenal dan seringkali kita jumpai. Minuman tersebut biasa disebut jamu. Jamu merupakan minuman tradisional yang berbahan dasar rempah-rempah. Jenis jamu yang cukup digemari oleh kebanyakan orang Indonesia adalah jahe, temulawak, beras kencur, dan kunyit. Dipercaya jika kita meminum jamu, tubuh kita menjadi lebih sehat dan segar. 

Pada umumnya, jamu memiliki rasa pahit karena gabungan dari rempah-rempah yang dipercaya, hal tersebut membutuhkan madu sebagai penyeimbang rasa agar bisa diterima lidah orang awam. Minuman tradisional ini sebagai salah satu bentuk pengobatan tradisional di penduduk negara berkembang.

Pertanyaan untuk Dokter Juwalita

Secara umum, jamu dapat memberikan manfaat berupa meredakan rasa kembung pada perut, meningkatkan daya tahan tubuh, menyegarkan tubuh, dan meringankan pegal-pegal pada tubuh. Tak bisa dipungkiri jamu memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, bolehkah Ibu dengan kondisi sedang hamil, baru punya anak, dan, Ibu menyusui minum varian Re.juve Indonesian heritage (Jamu) atau cold-pressed SHOTs?

Jawaban untuk Dokter Juwalita

Menurut dr.Juwalita, boleh, karena cold pressed shots dibuat dari jahe, kunyit, lengkuas serta buah-buahan segar tanpa tambahan apapun. Kaya akan B6 yang memiliki efek anti mual sehingga cocok untuk ibu hamil yang masih mengalami morning sickness. Ibu yang baru melahirkan serta menyusui pun boleh mengonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Menyusui merupakan momen penting bagi ibu dan si bayi karena inilah momen di mana sang ibu dan bayi merasa lebih dekat satu sama lain. Kedekatan itu terjalin melalui pemberian ASI dari ibu kepada bayi. Oleh sebab itu, ibu diharapkan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap produksi ASI dan kesehatan bayi. Lantas bolehkah ibu menyusui minum jamu?

Dikutip dari popmama.com, menurut Jurnal Siklus (2018), menyebutkan bahwa konsumsi jamu setelah melahirkan dan selama menyusui dinilai tidak membahayakan kesehatan ibu. Bahkan beberapa bahan yang terkandung dalam komposisi jamu pun diyakini mampu mendukung proses pemulihan tubuh setelah melahirkan, seperti kencur dan temu giring. Beberapa komposisi jamu juga memicu peningkatan kadar hormon prolaktin untuk mendukung produksi ASI.

Resep Minuman Tradisional versi Re.juve yang Kaya Rempah dan Khasiatnya

Sebagai pelopor Cold-Pressed Juice pertama di Indonesia, Re.juve tidak hanya mengeluarkan produk Cold-Pressed Juice saja, tetapi Re.juve juga punya varian yang terinspirasi dari minuman tradisional Indonesia loh! Ini dia varian ‘jamu’ versi Re.juve, yakni Indonesian Heritage dan Cold-Pressed SHOTs. Re.juve Cold-Pressed Indonesian Heritage dan Cold-Pressed SHOTs kaya manfaat dan terbuat dari bahan-bahan segar dan alami. 

Re.juve Cold-Pressed Indonesian Heritage tidak menggunakan konsentrat, bubuk, maupun perasa dan pewarna buatan, serta varian ini bebas laktosa dan bebas gluten. Sementara itu, Cold-Pressed SHOTs terbuat dari sari rempah yang kaya nutrisi sehingga lebih sehat untuk tubuh. SHOTs didesain untuk diminum dalam sekali teguk. Kedua varian ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memiliki botol yang praktis untuk dibawa kapanpun.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.