diet blog 2

Pola Makan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya, kelebihan berat badan merupakan akibat dari konsumsi makanan dan minuman dengan jumlah kalori yang banyak, sedangkan jumlah yang dikeluarkan oleh tubuh tidak sebanding dengan yang masuk sehingga berat badan meningkat.

Makanan diet yang sehat dan seimbang dapat membantu untuk menurunkan berat badan namun tetap memenuhi kebutuhan kalori untuk kegiatan sehari – hari. Kesesuaian waktu makan juga berdampak pada diet sehat dan menurunkan berat badan. Diet tidak harus dilakukan hanya untuk menurunkan berat badan, namun diet  sehat juga memiliki banyak dampak baik seperti terhindar dari penyakit kronis seperti stroke dan sakit jantung. Diet yang sehat dapat menurunkan potensi penyakit dengan:

  • Menyeimbangkan kadar kolesterol
  • Membantu untuk menjaga berat badan
  • Menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh
  • Mengurangi tekanan darah

Seperti apa diet yang sehat?

Menurut panduan untuk makanan dari Canada, diperlukan makanan yang bervariasi setiap hari seperti makanan nabati (buah, sayur, dan kacang – kacangan). Maka dari itu, yuk simak 5 cara diet sehat untuk menurunkan berat badan

1. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Beberapa buah dan sayuran seperti buah pir, apel, kembang kol, kubis, buah beri, dan sayuran hijau adalah beberapa sumber makanan yang sangat rendah lemak dan protein. Dengan cara memasak yang benar, bahan makanan ini bahkan nyaris tidak berlemak dan berprotein. Karena hal inilah, buah dan sayur sangat baik dalam menurunkan berat badan dengan cepat.

Buah dan sayuran mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Buah dan sayuran dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga anda dapat menjaga berat badan dengan pola makan yang baik.

2. Banyak mengkonsumsi cairan

Tubuh manusia terdiri dari 60% air yang dapat menjaga tubuh agar berfungsi dengan baik. Cairan atau air berfungsi untuk menjaga aktivitas kimia di dalam tubuh seperti fungsi metabolisme dan pernafasan selain itu cairan juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh, suhu tubuh manusia pada umumnya adalah 36,5 celcius sampai dengan 37,5 celsius.

Cairan yang masuk ke dalam tubuh harus dikendalikan, pada umumnya air mineral merupakan cara terbaik untuk menghilangkan haus. Salah satu manfaat dari air mineral adalah untuk menghidrasi tubuh tanpa menambah kalori dalam diet. Juice buah merupakan opsi yang baik juga karena selain dari banyak vitamin dan mineral cairan merupakan bentuk yang paling mudah untuk diserap oleh tubuh. Konsumsi jus buah baik dikonsumsi sebelum makan agar perut terasa lebih kenyang sehingga dapat menurunkan jumlah kalori yang masuk.

3. Memilih makanan gandum utuh

Terdapat banyak pilihan jenis gandum dan biji-bijian yang tersedia namun, tidak semua dari gandum dan biji-bijian baik untuk menurunkan berat badan. Dalam memilih produk gandum utuh perhatikan pada kemasan yang ditandai dengan tulisan 100% whole grain yang menandakan bahwa produk tersebut 100% berasal dari gandum utuh dan menjadi bahan dasar dari produk tersebut.

Makanan gandum utuh memiliki serat, protein dan vitamin B yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, anda akan dapat mengendalikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh karena anda akan kenyang lebih lama. Beberapa makanan gandum utuh seperti pasta, roti gandum, oatmeal, quinoa, dan lain – lain.

4. Banyak mengkonsumsi protein

Protein merupakan kunci penting dalam diet sehat untuk penurunan berat badan dan membentuk otot tubuh. Hal ini tentunya harus didukung juga oleh olahraga yang teratur. Sumber protein yang baik adalah makanan yang mengandung lean protein atau protein rendah lemak. Diet tinggi protein membantu tubuh kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Makanan tinggi protein juga memiliki manfaat seperti membantu membangun jaringan tubuh.

Beberapa makanan yang tinggi protein dan rendah lemak seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, telur ayam (Bagian Putih), dan kacang – kacangan.

5. Mengurangi Konsumsi High Processed Foods

High Processed Food adalah makanan yang diolah dari sumber makanan aslinya dan memiliki banyak bahan tambahan. Selama pemrosesan, seringkali nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat dihilangkan sementara untuk menjaga makanan tersebut tetap baik, garam dan gula ditambahkan pada proses tersebut.

Fast food merupakan salah satu bentuk dari High Processed Food dimana nutrisi yang didapatkan sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah kolesterol jahat akibat dari penggorengan menggunakan jumlah minyak yang banyak. Kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan obesitas