5 Macam Jenis Detox Yang Dapat Kamu Terapkan Re.juve

Detoks merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode diet untuk menuju tubuh yang lebih sehat dengan menghilangkan racun dari tubuh secara alami, serta juga dapat mendorong penurunan berat badan, dan memaksimalkan fungsi kerja organ dalam tubuh. Detoks dapat dilakukan melalui periode puasa, diikuti dengan diet ketat buah, dengan memaksimalkan konsumsi sayuran dan buah tertentu yang di jus dan air. Kadang-kadang detoks juga bisa dilakukan dengan meminum jamu, teh, suplemen, untuk menyehatkan sistem pencernaan yang bermasalah. Berikut jenis-jenis detoks yang dapat kamu terapkan untuk investasi jangka panjang fungsi organ-organ tubuhmu!

5 Macam Jenis Detoks Yang Dapat Kamu Terapkan

1. Food Restriction Detox

Cara sederhana dan populer untuk mengistirahatkan tubuh dan mengeluarkan racun adalah dengan membatasi makanan tertentu atau berhenti makan sama sekali. Jenis pembersihan ini biasanya ditujukan untuk waktu yang singkat. Misalnya, seperti mengurangi gula, soda, atau karbohidrat selama kurun waktu tertentu atau berpuasa setiap 2 hingga 3 hari. Tujuannya adalah untuk menghilangkan satu hal yang dapat mengganggu kesehatanmu. Kelemahan utama dari jenis detox untuk kesehatan ini adalah pembatasan yang sulitnya konsisten dari waktu ke waktu.

2. Liver Cleanse Detox

Organ hati merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi vital untuk menetralkan racun dalam tubuh serta memproduksi cairan empedu. Maka dari itu, detox jenis ini berguna untuk meningkatkan fungsi kerja hati sehingga dapat bekerja lebih baik dalam menyaring racun dari tubuh. Caranya bisa dimulai dengan menghilangkan kebiasaan minum alkohol, makan makanan yang bergizi seimbang, seperti buah dan sayur, berolahraga, serta banyak konsumsi air putih dan beberapa suplemen.

3. Colon Cleanse Detox

Jenis detoks ini berfokus untuk melakukan pembersihan yang berfokus pada organ usus besar yang biasanya bisa dilakukan secara alami dengan meminum cairan seperti dari teh herbal, air, jus buah dan sayur untuk membuang racun dan menetralkan kondisi di dalam usus besar. Dilansir dari healthline, cara alami untuk melakukan colon cleanse detox ini bisa dimulai dengan tubuh tetap terhidrasi dengan meminum air hangat yang aman untuk pencernaan, serta mulai konsumsi buah dan sayur yang tinggi kandungan air seperti semangka, tomat, lettuce, dan seledri, hingga melakukan juice fast.

4. Water Detox

Konsep detoks ini dilakukan dengan meminum air dengan campuran beberapa potongan buah, sayur, dan rempah-rempah segar atau biasa yang disebut dengan infused water. Hal ini dapat diterapkan dengan mudah di rumah, kamu bisa kombinasikan beberapa buah-buahan yang disukai, untuk menambah rasa pada air yang kamu minum secara rutin. Dilansir dari healthline, Air detoksifikasi juga sering direkomendasikan dalam program penurunan berat badan, terutama sebagai pengganti minuman bergula tinggi seperti soda dan jus buah. Karena dibuat dengan memasukkan rasa, bukan dijus atau diblender, air detoks mengandung sangat sedikit kalori.

5. Juice Cleanse Detox

Metode detoks ini hanya dilakukan dengan mengonsumsi jus sayur dan buah dalam kurun waktu tertentu, biasanya 1 hingga 3 hari berturut-turut. Hal ini dipercaya dapat bermanfaat untuk menutrisi tubuh dan menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Jus yang dikonsumsi pada detoks jenis ini disarankan merupakan jenis jus organik mentah yang diproses tanpa pasteurisasi. Manfaat dari detoks jenis ini adalah selain untuk menghilangkan racun dalam tubuh, tetapi juga bisa mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dari buah dan sayur yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Mulai Detoks Tubuhmu Dengan Program 3 Days Juice Fast Re.juve!

Program Juice Fast merupakan hasil kolaborasi Re.juve dengan Jansen Ongko Msc, RD. Beliau merupakan seorang ahli gizi yang aktif menjadi pembicara kesehatan di berbagai event untuk mengedukasi masyarakat umum maupun praktisi tentang gaya hidup sehat. Program kolaborasi ini merupakan pelopor pertama cleansing program dengan nutrisi seimbang yang membantu organ tubuh dalam melakukan proses detoksifikasi secara maksimal. 

Selama 3 hari menjalani program Juice Fast, kita tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan padat, hanya asupan penuh nutrisi dari Cold-Pressed Juice, Cold-Pressed Almond Milk, dan Smoothies Re.juve. Kita tidak perlu khawatir mengalami malnutrisi selama menjalani program ini karena total nutrisi per hari pada program Juice Fast telah diperhitungkan sesuai standar nutrisi yang diperlukan manusia. Nutrisi yang diperhitungkan pada program ini tidak hanya kalori dan karbohidrat, tapi juga protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral. 

 

Program Juice Fast Re.juve dapat dijalankan oleh wanita maupun pria. Dalam program ini menu untuk pria dan wanita dibedakan, hal ini dikarenakan kalori harian yang dibutuhkan berbeda. Untuk wanita memerlukan 1300 Kcal sedangkan laki-laki memerlukan 1437 Kcal.