APA ITU HORMON

Mengenal Fungsi Hormon, Zat yang Bekerja untuk Menstabilkan Tubuh

Hormon adalah merupakan zat kimia yang dapat mempengaruhi keadaan tubuh. Hormon dikenal sebagai zat kimia yang dibentuk oleh kelenjar endokrin dan dibawa melalui aliran darah. Zat kimia ini memiliki kegunaan yang berpengaruh pada tubuh seperti mood, tumbuh kembang tubuh, fungsi seksual dan reproduksi, siklus tidur, dan nafsu makan. Ketika hormon tidak seimbang, hormon akan memberikan sinyal yang dapat berpengaruh terhadap tubuhmu. 

Oleh karena itu, hormon perlu dijaga dan diperhatikan agar hormon tetap seimbang dan tidak mengalami gangguan sehingga organ tubuh dapat menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya. Tak lupa, kita dapat membuat hormon tubuh tetap seimbang dengan cara mengolah hormon dengan mendukung gaya hidup sehat, mengatur jadwal tidur, dan membuat pola makan yang teratur.

Dikutip dari clevelandclinic.org, puluhan kondisi medis disebabkan oleh masalah hormon. Untuk sebagian besar hormon, memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit yang bisa menyebabkan gejala dan masalah dengan kesehatan kamu. Ketidakseimbangan ini sering membutuhkan perawatan. Beberapa kondisi terkait hormon yang paling umum meliputi: diabetes tipe 2, diabetes tipe 1, dan diabetes gestasional, penyakit tiroid, haid tidak teratur, dan kegemukan.

Alasan Hormon Tidak Stabil dan Cara Untuk Mengatasinya!

Pertanyaan untuk Dokter Juwalita

Terkadang sepertinya ada banyak orang yang hormonnya tidak stabil sehingga menimbulkan berbagai macam masalah untuk tubuh. Terkait hal itu apakah ada buah, sayuran, atau rempah yang dapat membantu menstabilkan hormon?

Jawaban dari Dokter Juwalita

Menurut dr.Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.Gk, spesialis ahli gizi menjelaskan bahwa hormon memang memegang peranan cukup penting terutama untuk kesehatan perempuan. Adanya ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron pada perempuan dapat memberikan dampak negatif terhadap mood, proses ovulasi serta kesuburan. Tanda dan gejala yang sering muncul misalnya gangguan menstruasi, jerawat, kulit berminyak, rasa lelah berlebihan (fatigue), pertumbuhan rambut yang berlebihan (munculnya ‘kumis’ atau bulu kaki berlebihan), sakit kepala, hingga berat badan yang mudah naik. Faktor diet yang berperan dalam ketidakseimbangan hormon ini adalah konsumsi lemak jenuh serta gula tambahan yang berlebih. Untuk itu nutrisi yang seimbang mencakup karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, serat, serta vitamin dan mineral akan sangat membantu untuk mengatur kerja hormon. Konsumsi smoothies saat sarapan dan konsumsi almond milk serta jus di jam selingan akan membantu memenuhi nutrisi seimbang yang diperlukan.

 

Nah, jadi saat hormon tidak seimbang, hormon akan memberikan pesan ke seluruh organ bahwa ada yang tidak beres dan memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh kamu. Dikutip dari healthline.com, pikirkan hormon itu seperti resep kue. Terlalu banyak atau terlalu sedikit salah satu bahan mempengaruhi produk akhir. Ketika ada perubahan dalam tubuh kamu akibat hormon, berarti kelenjar endokrin kamu mungkin salah resep.

Re.juve Smoothies dan Almond Milk Bantu Penuhi Nutrisi Seimbang Bagi Hormon Tubuh

Smoothies

1. Avoccino High Smoothies

Kandungan Alpukat segar dalam satu botol Avoccino High Smmothies berikan kenikmatan tiada tara untuk menunjang harimu. Avoccino High Smoothies tinggi vitamin C, E, dan K, serta tinggi serat dan sumber fosfor.

2. Chocolate High Smoothies

Sebagai sumber selenium, vitamin E dan D dalam Chocolate High Smoothies merupakan smoothies yang enak dan sehat loh cocok untuk kamu yang ingin menambah nutrisi karena kandungannya memberikan antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. AvoCacao High Smoothies

Buat kamu yang suka sekali dengan cokelat dan buah Alpukat segar memberikan kenyamanan dalam mengonsumsi smoothies sebagai penambah nutrisi bagi tubuh. Kandungan Avocacao High Smoothies ini tinggi vitamin C, E, dan K, serta sumber fosfor.

Almond Milk

1. Green Almond Milk

Kandungan hijau dalam klasik Green Almond Milk bantu meningkatkan nutrisi dalam tubuh seperti kulit dan menjaga kesehatan tubuh. Jumlah krim yang tepat, sedikit rasa asin, dan banyak rasa enak memberikan cita rasa yang nikmat. Green Almond Milk tinggi vitamin, sumber zat besi, dan fosfor tanpa tambahan rasa apapun.

2. Golden Almond Milk

Wangi menyegarkan dari Almond Milk dengan rasa yang penuh bercampur rempah Kunyit adalah definisi Almond Milk yang enak dan sehat! Golden Almond Milk punya antioksidan yang bagus untuk melindungi dan memberi nutrisi pada tubuh. Golden Almond Milk memiliki nol kolesterol, tinggi mangan, tanpa perasa buatan.

3. Violet Almond Milk

Violet Almond Milk menyeimbangkan rasa manis dan earthy dari bit organik dengan Almond Milk yang memanjakan. Selain menutrisi tubuh dan hormon, Violet Almond Milk dapat memurnikan darah dan meregenerasi sel darah merah. Kandungannya tinggi zat besi, fosfor, dan tanpa perasa buatan.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia yang  melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi di makanan berhasil meraih gelar sebagai penghargaan Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.