Yuk Mengenal Pewarna Alami dan Contohnya Rejuve Cold pressed Juice

Sering kita jumpai banyak makanan atau minuman memiliki warna yang sangat memikat untuk dinikmati. Namun, tahukah kamu dari mana asalnya warna tersebut?

Pewarna adalah salah satu bagian penting dalam sebuah makanan atau minuman. Fungsi dari pewarna makanan atau minuman sendiri tak lain tak bukan adalah untuk mempercantik sehingga kita tertarik untuk memakannya. Pewarna sendiri dibagi menjadi 2, yaitu:

1. Pewarna Alami

Pewarna alami merupakan pewarna yang didapatkan dari alam, seperti buah-buahan dan sayuran.

2. Pewarna Buatan

Sedangkan pewarna buatan adalah pewarna yang didapatkan dari zat-zat kimia.

Namun, perlu digaris bawahi terkadang pewarna buatan ada dampak yang kalian harus waspadai seperti bahan-bahan kimia yang kita kurang ketahui pembuatan dan apa saja zat-zat yang terkandung di dalamnya. Riset membuktikan bahwa pewarna buatan menghasilkan resiko tubuh gatal-gatal, asma bahkan ada kemungkinan menghasilkan tumor. 

Untuk terhindar dari zat-zat yang berbahaya, biasanya produsen makanan menggunakan bahan pewarna alami. Pewarna alami bisa didapatkan dari buah

4 Contoh Pewarna Alami dari Buah-buahan dan Sayuran

Beragam pewarna alami yang bisa kamu dapatkan dari buah-buahan dan sayuran seperti contoh di bawah ini:

1. Daun Pandan

Daun pandan sangat populer di bidang kuliner sebagai bahan pewarna alami. Dilansir dari kompas.com, daun pandan akan menghasilkan warna hijau untuk makanan. Selain warnanya yang hijau, daun pandan sendiri memiliki bau dan aroma yang khas sehingga menggugah selera untuk memakan atau meminumnya. Untuk mendapatkan warna hijau tersebut, daun pandan bisa dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender hingga halus sehingga sari-sari dari daun pandan akan keluar.

2. Nanas

Untuk mendapatkan warna kuning, kalian bisa lho menggunakan nanas sebagai pewarna alami makanan atau minuman kalian. Nanas memiliki warna kuning yang cerah sehingga siapapun yang melihatnya pasti akan tertarik untuk mencobanya. Rasa dari buah nanas juga kuat dan cocok banget buat nambah energi kalian!

3. Buah Beet

Bagi kamu yang ingin mendapatkan warna merah keunguan untuk pewarna makanan atau minuman kalian, buah beet mungkin cocok untuk kamu pilih. Beet merupakan tanaman sejenis umbi-umbian yang sering kita sebut dengan buah beet. Dikutip dari katadata.co.id, buah beet memiliki rasa yang cenderung manis dan lembut ketika dimakan. Tentunya, buah beet memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan manfaat di dalamnya.

4. Kiwi

Buah kiwi memiliki banyak sekali fungsi. Buah ini biasanya digunakan sebagai penghias makanan dan tentunya, warna dari buah ini yaitu warna hijau, bisa digunakan sebagai bahan pewarna makan dan minuman. Buah ini memiliki tekstur kulit berbulu halus. Namun, meskipun kulitnya berbulu halus, faktanya kulit buah kiwi ternyata bisa dimakan dan kaya akan serat dan nutrisi.

Re.juve Cold-Pressed Juice 100% #GOODforYou (Tanpa Pewarna Tambahan)

Re.juve menghadirkan produk-produk yang beragam dan penuh dengan warna. Tapi, tahukah kamu kalau warna yang ada di dalam produk-produk Re.juve berasal dari 100% buah segar dan sayur organik yang diolah dengan menggunakan teknologi bernama True Cold-Pressed Juice dan teknologi High Pressure (HPP) tanpa tambahan bahan pewarna buatan. Dengan #CleanLabel, Re.juve akan selalu memberikan produk-produk dengan 100% bahan segar dan alami (#GOODforYou) dengan proses seminim mungkin. Juga, kami selalu menjaga kejujuran dan senantiasa transparan dalam setiap proses yang dijalankan. Ini dilakukan agar Re.juve Lovers tetap percaya dan selalu setia kepada Re.juve

Teknologi-teknologi tersebut berperan penting dalam menyampaikan tujuan dari Re.Juve, yaitu memberikan produk-produk yang 100% sehat dan tentunya bernutrisi tinggi sehingga mampu menciptakan hidup sehat dan #LiveHappier untuk Re.Juve Lovers!

Tentunya, Re.Juve Lovers bisa cobain beberapa rekomendasi produk-produk Re.juve yang siap bikin hari-harimu lebih berwarna!

1. Tropic Calamansi Cold-Pressed Juice

Perpaduan nanas, air kelapa, dan calamansi yang bisa bisa bikin harimu secerah warna minumannya loh! Tropic Calamansi Cold-Pressed Juice memiliki kandungan vitamin C dan kandungan nutrisi lainnya sehingga mampu menjaga kesehatan tubuhmu!

2.  Firey Beat Cold-Pressed Juice

Sama seperti namanya, Firey Beat Cold-Pressed Juice bakal bikin kamu semangat membara untuk menjalani hari-harimu! Dengan campuran buah beet, timun, apel, nanas dan juga jahe, pas banget buat nambah energimu!

3. Tropic Green Cold-Pressed Juice

Yang satu ini ga kalah menariknya! Selain kaya akan vitamin dan nutrisi, Tropic Green Cold-Pressed Juice bantu kamu cheer up di segala situasi. Yuk cobain sekarang!

4. Tropic Joy Cold-Pressed Juice

Last but not least, Tropic Joy Cold-Pressed Juice! Mengandung buah-buahan segar seperti apel, kiwi, strawberry, buah beet tentunya bakal bantu semangatmu sepanjang hari. Penasaran sama rasanya? Cobain yuk!