Breast Cancer Awareness Month Rejuve

Apa Itu Kanker Payudara?

Kalian pasti sudah sering mendengar tentang kanker payudara. Namun sebenarnya apa itu kanker payudara? Kanker payudara adalah penyakit yang kerap kali menyerang wanita. Dikutip dari Union for International Cancer Control, terhitung 1 dari 4 kasus kanker, kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak menyebabkan kematian pada wanita. Kanker ini biasanya disebabkan oleh tumor yang sering terlihat x-ray atau terasa seperti benjolan.

Cir-ciri kanker payudara yang mudah dikenali adalah terdapat benjolan yang dapat teraba (biasanya ukurannya cukup besar). Namun di beberapa kasus, benjolan di tahap awal sulit terdeteksi karena ukurannya yang kecil. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pemeriksaan agar memastikan bahwa benjolan itu ada atau tidak dengan mengenali penyebabnya berikut!

5 Gejala Kanker Payudara yang Dapat Terjadi Dalam Tubuh

Menurut mitrakeluarga.com, umumnya, perubahan pada payudara akan terdeteksi ketika melakukan pemeriksaan payudara rutin, baik pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), maupun pemeriksaan payudara klinis (SADANIS).  Gejala awal tanda kanker payudara yang sebaiknya kamu waspadai antara lain:

1. Muncul Benjolan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gejala awal yang biasa dirasakan adalah munculnya benjolan yang bisa kamu raba atau rasakan pada payudaramu. Benjolan ini bisa muncul di area manapun sekitar bagian payudara. Ketika kamu raba, kamu merasakan rasa nyeri yang timbul akibat benjolan tersebut.

2. Perubahan Ukuran Payudara

Gejala berikutnya yang bisa kamu rasakan adalah adanya perubahan ukuran payudara. Biasanya perubahan yang terjadi cukup terasa ketika kamu melihat ke arah cermin. Ada sesuatu yang berbeda dari biasanya, seperti payudara lebih besar sebelah atau justru bentuknya menyusut diikuti dengan rasa nyeri di sekitarnya.

3. Keluar Cairan Abnormal 

Cairan ini bisa keluar dari puting susu padahal kamu sedang tidak mengandung atau mengalami fase sesudah melahirkan. Cairan ini pun memiliki warna yang beragam, mulai dari warna kuning, hijau, atau merah seperti darah, bahkan bernanah. Jika sudah dirasa kurasa nyaman, maka disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter ya.

4. Warna atau Tekstur Kulit Berubah

Gejala keempat yang mungkin bisa kamu rasakan adalah adanya warna atau tekstur kulit payudara yang ikut berubah. Perubahan ini dapat kamu rasakan ketika kamu merasakan sesuatu ada yang berubah dan sudah mengganggu kegiatan sehari-hari. Perubahan warna atau tekstur juga terjadi pada sekitar puting susu (areola).

5. Nyeri Payudara

Nah, gejala terakhir yang paling sering dialami adalah nyeri payudara. Nyeri yang dirasakan mungkin bisa terasa sama ketika menjelang menstruasi (PMS). Jika nyeri yang kamu rasakan berlangsung cukup lama dan tidak berhenti sepanjang hari ini atau nyerinya disertai dengan pembengkakan salah satu payudara maka ada yang perlu kamu waspadai dari gejala ini.

Re.juve Cold-Pressed, Jus Sehat dan Nikmat untuk Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara memang penyakit yang cukup serius di kalangan wanita, namun bukan berarti kita tidak bisa mencegahnya. Pencegahan bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup kita menjadi gaya hidup berkelanjutan dan #LiveHappier agar tubuh terus ternutrisi dengan kandungan yang baik dan sehat.

Re.juve mengerti akan ketimpangan yang terjadi dalam mendapatkan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, Re.juve memberikan produk makanan dan minuman yang diolah menggunakan teknologi Cold-Pressed dan HPP sehingga tetap terjaga kualitas produk-produk yang dihasilkan, seperti halnya Cold-Pressed Juice Re.juve.

Ada 4 rekomendasi Produk Re.juve yang bisa kamu coba untuk meningkatkan gaya hidup sehat berkelanjutan sehingga dapat mencegah terjadinya kanker payudara:

1. AvoCacao High Smoothies

Perpaduan antara alpukat, bubuk coklat, coklat whey protein, gula kelapa organik, susu rendah lemak, dan air Reverse Osmosis (RO), selain untuk mencegah kanker payudara, smoothies ini juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Dazzling Kale Cold-Pressed Juice

Kombinasi antara kale organik, mentimun organik, serta manis alami dari buah nanas, dan apel, bantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu, Dazzling Kale Cold-Pressed Juice juga bisa tetap jaga kesehatan kulit dan meningkatkan imun tubuh!

3. Turmeric Ginger Cold-Pressed SHOTs

Berasal dari jahe, kunyit, apel hijau, dan lemon, minuman yang satu ini penuh dengan anti-inflammatory dari vitamin C dan serat yang akan menjaga tubuh kamu lebih sehat dan segar setiap harinya. Langsung aja dicoba!

4. Mix Munchies & Mix Crunchies

Produk Re.juve food yang satu ini berisi kacang-kacangan dengan indeks glikemik yang rendah, tinggi antioksidan, serat, dan protein. Mix Munchies dan Mix Crunchies cocok untuk buat kamu yang cari cemilan sehat dan 100% #GOODforYou!