Tradisi jamu

Istilah Jamu

Istilah jamu sudah terkenal sejak zaman dahulu hingga sekarang. Tahukah kamu kalau istilah jamu sebenarnya terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Jawa Kuno yaitu kata “Djampi” dan kata “Usada”. Kata-kata ini berarti penyembuhan yang menggunakan ramuan obat-obatan maupun doa. Namun, pada abad ke 15-16 M kata “Usada” mulai jarang dipakai, sementara kata “Djampi” semakin populer digunakan, terutama dikalangan elit keraton saat itu. Jamu kemudian diperkenalkan ke masyarakat luas oleh peracik jamu. Saat itu, peracik jamu dikenal sebagai seorang “dukun” atau tabib pengobatan tradisional. 

Jamu sendiri termasuk dalam obat herbal atau tradisional khas Hindia Belanda, terbuat dari bahan-bahan alami seperti akar tanaman, umbi, kulit kayu, bunga, biji dan buah-buahan. Ada pula bahan lain yang kerap digunakan dalam racikan jamu seperti madu, susu, telur ayam kampung, dan lain-lain.

Asal-Usul Jamu

Kebiasaan minum jamu oleh masyarakat jawa bisa kita telusuri hingga beratus-ratus tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya 2 relief pada Candi Borobudur yang menggambarkan tentang konsumsi ramuan tradisional sebagai obat pada masyarakat jawa. Salah satu relief tentang jamu menggambarkan orang yang sedang menumbuk dengan alat tumbuk jamu. Relief lainnya menggambarkan seorang perempuan yang sedang memegang batu giling atau pipisan. 

Resep-resep racikan jamu di Jawa biasanya didokumentasikan oleh kalangan bangsawan. Mereka akan membuat buku atau kitab mengenai jamu lalu akan disimpan dengan rapi di dalam keraton. Bagi masyarakat luas, pengetahuan tentang resep racikan jamu ini diturunkan secara lisan, terutama mengenai bahan-bahan untuk campuran racikannya. 

Tradisi Minum Jamu

Jaman dahulu, distribusi jamu biasanya bermula dari tukang akar-akar, lalu tukang rempah-rempah, kemudian ke peracik jamu, dan terakhir ke tukang jamu gendong. Tukang akar-akar adalah penjual tumbuhan obat yang mengambilnya langsung dari hutan. Sedangkan tukang rempah-rempah mendapatkan barang dagangannya dari tukang akar-akar dan menjual rempah beserta instruksinya di pasar. Kemudian peracik jamu akan meracik rempah-rempahnya. Lalu tukang jamu gendong akan memasarkan jamu siap minum ke masyarakat luas.

Jamu infografis

Ternyata, konsumsi jamu sejak dahulu tidak hanya sebagai pengobatan lho. Jamu juga digunakan oleh golongan elit di jawa sebagai perawatan tubuh serta cara untuk memelihara kecantikan. Namun, lama-kelamaan resep jamu keraton akhirnya disebarluaskan oleh seorang abdi dalem yang membuka usaha kedai jamu ginggang. Melansir dari Kedai jamu ginggang bermula dari seorang abdi dalem bernama Mbah Joyo yang merupakan seorang tabib pada Kadipaten Pakualaman pada masa pemerintahan Pakualam VII. Mbah Joyo kemudian diteruskan oleh adiknya yang bernama Mbah Bilowo, yang kemudian diteruskan lagi oleh Mbah Puspo Madyo. Mbah Puspo kemudian mendirikan kedai jamu ginggang yang menjual jamu dengan resep dari keraton. Kata ‘ginggang’ berarti ‘tansah renggang’ atau ‘jangan ada jarak’. Maksudnya adalah dengan membuka kedai jamu ginggang, Mbah Puspo berharap tidak ada jarak antara keraton dengan masyarakat.

Lama-kelamaan banyak jamu gendong yang tersebar di berbagai lapisan masyarakat. Biasanya, tukang jamu gendong ini menyediakan berbagai jamu siap minum yang ditaruh dalam botol beling. Botol itu kemudian ditaruh di dalam bakul yang digendong oleh penjualnya. Menurut sebuah penelitian ilmu sejarah oleh Deby Lia Isnawati tahun 2021, jamu gendong sendiri biasanya menjual 8 jenis olahan jamu yang disebut surya majapahit.

Jamu di Masa Modern

Sekarang ini popularitas jamu sudah mulai menurun. Generasi muda tidak lagi tertarik untuk meminum jamu dalam kesehariannya. Sebagai gantinya, anak muda lebih sering membeli kopi susu kekinian yang menjamur dimana-mana. Dilansir dari CNN, alasan mengapa anak muda tidak lagi tertarik untuk mengonsumsi jamu adalah karena rasanya yang pahit, serta aksesnya yang susah. Penjual jamu gendong maupun warung jamu tidak lagi mudah dijumpai sehingga generasi muda tidak lagi tertarik mengonsumsinya. 

Re.juve Cold-Pressed Indonesian Heritage yaitu minuman dengan resep jamu tradisional yang terbuat dari rempah asli Indonesia yang kaya manfaat dan baik bagi kesehatan tubuh. Varian ini merupakan minuman jamu yang lebih sehat, terbuat dari bahan-bahan segar dan alami. Re.juve telah tersebar di berbagai outlet se-Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Bali dan Singapore sehingga mudah ditemukan dan juga praktis. 

Re.juve juga TIDAK menggunakan konsentrat, bubuk, maupun perasa dan pewarna buatan. Minuman varian Indonesia Heritage ini bebas lakota dan juga bebas gluten. Selain itu Re.juve juga memiliki varian cold-pressed shots. Varian shots ini terbuat dari sari rempah yang kaya akan nutrisi sehingga lebih sehat bagi tubuh. Shots didesain untuk diminum dalam sekali teguk. Kedua varian Indonesia Heritage maupun cold-pressed shots dapat membantu kamu meningkatkan sistem imun tubuh, memberikan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh, serta banyak manfaat lainnya.