Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022 Agar Tetap Sehat di Perjalanan

Lebaran Idul Fitri adalah momen istimewa yang dinantikan setiap umat Muslim. Pada momen ini kita akan berkumpul, temu kangen, dan bersilaturahmi dengan saudara, kerabat, dan orang-orang terkasih. 

Banyak orang yang bahkan sudah melakukan persiapan mudik sejak jauh hari. Mulai dari mempersiapkan kendaraan, tiket, dan oleh-oleh. Namun, satu hal yang kerap kali dilupakan, yaitu menjaga kondisi kesehatan agar tetap prima ketika mudik lebaran.

Tips Persiapan Mudik Lebaran

Ketika mudik, banyak sekali hal-hal yang perlu dipersiapkan, seperti transportasi, tempat penginapan, baju, dan oleh-oleh. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kesehatan fisik, lho. Jangan sampai kamu jatuh sakit ketika dalam perjalanan. Berikut ini beberapa tips persiapan mudik agar kamu dapat dengan tenang dan nyaman bepergian pada mudik lebaran tahun ini!

1. Menjaga asupan vitamin harian 

Memperhatikan asupan vitamin harian sangat penting dilakukan sebagai salah satu cara persiapan mudik lebaran. Saat perjalanan mudik, biasanya kita akan mudah lelah. Hal ini akan memicu daya tahan tubuh menurun. 

Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi vitamin dan mineral harian. Apalagi kamu juga perlu mencukupi asupan cairan agar tidak mudah terserang dehidrasi saat melakukan perjalanan jauh. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin C yang bisa bantu jaga imunitas tubuh.

2. Menjaga kondisi fisik 

Menjaga kesiapan fisik dan stamina saat bepergian jauh perlu diperhatikan juga, lho. Kamu bisa melakukan olahraga rutin sebelum mudik agar tubuh menjadi lebih siap dan berstamina saat bepergian jauh. Selain itu, konsumsi makanan yang bernutrisi untuk membantu tubuh tetap fit dan sehat. Jaga dan atur pola makan jelang mudik agar kamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh lebih baik.

3. Istirahat yang cukup

Tips berikutnya adalah menggunakan waktu istirahat dengan baik. Istirahat yang cukup sebelum dan saat mudik akan sangat dibutuhkan untuk menghindari kelelahan saat melakukan perjalanan jauh. Pastikan kamu cukup tidur selama delapan jam sebelum perjalanan agar kamu penuh tenaga. 

Selain itu, selama perjalanan, kamu juga bisa menyempatkan untuk beristirahat di rest area yang tersedia selama perjalanan. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, misalnya mengantuk saat mengemudikan kendaraan. Istirahat yang cukup saat melakukan perjalanan juga bisa bantu menyegarkan kembali tubuh yang kelelahan saat mudik.

4. Melakukan medical check up

Melakukan diagnosis kesehatan secara mandiri tentu tidak tepat. Maka dari itu, kamu bisa melakukan pemeriksaan diri ke dokter apabila memiliki keluhan sebelum melakukan mudik lebaran. Melakukan medical check up sangat disarankan bagi setiap orang. Hal ini juga menjadi upaya menjaga diri dan memiliki rasa aman saat bepergian.

5. Menjaga protokol kesehatan

Meskipun protokol kesehatan semakin longgar, namun kita harus tetap menerapkan menjaga diri selama perjalanan mudik lebaran. Selalu siap sedia masker dan  hand sanitizer bila diperlukan. Baiknya, kamu menggunakan masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu. Jangan lupa juga untuk mengganti masker setelah enam jam. 

Jika kamu melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, kamu bisa membawa makanan selama mudik untuk camilan dalam perjalanan. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan agar terhindar dari virus dan bakteri.

6. Membawa P3K dan obat-obatan

Selama perjalanan mudik lebaran biasanya banyak sekali hal-hal tak terduga selama perjalanan. Misalnya gangguan kesehatan ringan, seperti mabuk darat, masuk angin, pusing, dan cedera karena kecelakaan.

Maka dari itu, bawalah kotak P3K yang dilengkapi dengan obat-obatan penunjang, seperti minyak kayu putih, koyo, balsem, plester luka, obat merah, dan perban. Hal ini perlu dilakukan agar kita selalu siap sedia dengan segala kondisi yang mungkin terjadi selama perjalanan mudik.

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan perjalan mudik ke kampung halaman. Nah, untuk melengkapi nutrisi dan cairan tubuhmu selama perjalanan, kamu bisa sedia Paket #TemanLebaran. Paket #TemanLebaran juga bisa kamu jadikan hampers untuk dikirimkan kepada kerabat dan orang tersayang, lho. Yuk, pesan Paket #TemanLebaran sekarang untuk mudik lebaran yang lebih sehat!