Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022 Agar Tetap Sehat di Perjalanan

Lebaran Idul Fitri adalah momen istimewa yang dinantikan setiap orang. Lebaran menjadi ajang untuk berkumpul, temu kangen, dan bersilaturahmi bersama saudara, kerabat dan orang-orang terkasih. Setelah 2 tahun mengalami lebaran di kondisi pandemi, pada tahun 2022 kali ini keadaan sudah mulai membaik sehingga kita dapat bertatap muka langsung dan merayakan hari kemenangan dengan orang terdekat. Mudik menjadi salah satu kebiasaan wajib yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Maka dari itu, banyak yang telah melakukan persiapan mudik lebaran mulai dari jauh-jauh hari seperti mempersiapkan kendaraan, tiket, dan oleh-oleh. Namun, satu hal yang kerap kali dilupakan yaitu menjaga kondisi kesehatan agar tetap sehat ketika mudik lebaran.

Tips Persiapan Mudik Lebaran

Pada tahun ini pemerintah telah mengumumkan untuk dapat mudik dengan beberapa syarat khusus yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan. Selain mempersiapkan transportasi, tempat penginapan, baju, dan oleh-oleh, penting juga untuk memperhatikan kesehatan fisik. Jangan sampai kamu jatuh sakit ketika di perjalanan. Berikut adalah beberapa tips persiapan mudik agar kamu dapat dengan tenang dan nyaman bepergian pada mudik lebaran 2022 ini.

1. Menjaga asupan vitamin harian 

Memperhatikan asupan vitamin harian sangat penting dilakukan sebagai salah satu cara persiapan mudik lebaran. Saat perjalanan mudik biasanya kita akan merasa kelelahan dan mengakibatkan daya tahan tubuh kita menurun. Maka dari itu, sangat penting mengonsumsi vitamin harian agar tetap sehat selama di perjalanan mudik lebaran. Beberapa vitamin penting yaitu, vitamin D, vitamin C, dan zinc sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh selama mudik lebaran.

2. Menjaga kondisi fisik 

Menjaga kesiapan fisik dan stamina saat berpergian jauh perlu diperhatikan dari jauh-jauh hari. Selain tidur yang cukup, menjaga kondisi fisik sebelum berangkat mudik perlu menjadi fokus agar tubuh tidak drop dan kelelahan saat mudik nantinya. Melakukan olahraga rutin sebelum mudik agar tubuh menjadi lebih siap dan berstamina saat berpergian jauh. Mengonsumsi makanan yang bergizi juga dapat membantu kamu agar tetap menjaga kondisi fisik. Dengan menjaga dan mengatur pola makan dapat membantu daya tahan tubuh lebih baik. Hindari kegiatan begadang yang dapat mengurangi waktu tidurmu!

3. Istirahat yang cukup

Memiliki tubuh yang fit ketika mudik lebaran menjadi pilihan terbaik agar dapat melakukan perjalan dan kegiatan. Pergunakan waktu istirahat dengan baik ketika akan melakukan mudik karena hal tersebut penting dilakukan agar tubuh tetap segar dan terhindar dari penyakit serta dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang pas kurang lebih selama 8 jam agar tenaga dapat terisi kembali dan perjalanan mudik lebaran-mu sempurna sehingga dapat bertemu dengan orang terkasih.

4. Melakukan medical check up

Saat ini ramai dengan istilah self diagnose atau melakukan diagnosis pribadi. Melakukan diagnosis kesehatan sendiri tidak sepenuhnya dapat memberikan hasil yang tepat. Maka dari itu, sangat penting melakukan pemeriksaan diri ke dokter apabila terdapat keluhan sebelum melakukan mudik lebaran. Melakukan medical check up sangat disarankan bagi setiap orang hal ini agar diri sendiri juga merasa aman dan dapat bepergian dengan tenang.

5. Menjaga protokol kesehatan

Meskipun kondisi pandemi sudah mulai menurun, namun kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan mudik lebaran. Selalu siap sedia masker dan  hand sanitizer. Baiknya penggunaan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu. Menjaga jarak saat mengantre di toilet umum dan tempat ramai lainnya. Bila melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, alangkah baiknya membawa bekal agar tidak perlu makan di tempat umum. Tidak lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar terhindar dari virus. Bagi yang melakukan perjalanan mudik dengan moda transportasi umum darat, laut, kereta api, sungai, danau, penyebrangan, dan udara tidak diperkenankan untuk bicara satu arah maupun dua arah melalui telepon maupun secara langsung di sepanjang perjalanan.

6. Membawa P3K dan obat-obatan

Selama perjalanan mudik lebaran biasanya banyak sekali hal-hal tak terduga muncul selama perjalanan. Seperti halnya gangguan kesehatan ringan yaitu, mabuk darat, masuk angin, pusing, cedera karena kecelakaan dan lain sebagainya. Maka dari itu sangat penting membawa kotak p3k yang dilengkapi dengan obat-obatan penunjang seperti, minyak kayu putih, koyo, balsem, minyak angin, plester, obat merah, dan perban. Hal ini agar kita siap sedia dengan kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

Syarat Perjalanan Mudik Lebaran 2022

Pemerintah telah mengizinkan untuk mudik di tengah pandemi Covid-19. Namun, ada beberapa syarat perjalanan mudik yang perlu diperhatikan. Dilansir melalui suara.com, adapun skema yang akan dilakukan oleh Korlantas Polri untuk mencegah kepadatan lalu lintas dengan membuat skema rekayasa yaitu one way dan penerapan ganjil-genap. Penerapan one way diberlakukan selama 3 hari, mulai tanggal 28 April 2022 tepatnya sehari sebelum cuti lebaran pada tanggal 29 April 2022. Alur one way ini akan melaju dari timur atau Tol Trans-Jawa dari Bandung menuju Jakarta yang akan dialihkan melalui jalan biasa. Sedangkan, untuk peraturan ganjil-genap akan bersifat lebih situasional dimulai dari 28 April 2022 sampai dengan 1 Mei 2022. Adapun syarat perjalanan mudik sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022. Yuk simak syarat perjalanan mudik lebaran 2022!

1. Calon penumpang dengan dosis 1 vaksin covid 19

Pada penumpang dengan dosis pertama vaksin COVID 19 diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan.

2. Calon penumpang dengan dosis 2 vaksin covid 19

Pada penumpang dengan dosis kedua vaksin COVID 19 diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid test antigen dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan.

3. Calon penumpang dengan dosis 3 vaksin covid 19

Pada penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR maupun rapid test antigen sebagai syarat perjalanan mudik.

4. Anak di bawah 6 tahun

Bagi anak-anak berusia di bawah 6 tahun dikecualikan terkait ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan tes RT-PCR maupun rapid test antigen. Namun, anak dibawah 6 tahun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksin dan pemeriksaan covid 19.

5. Calon penumpang dengan kesehatan khusus

Pada penumpang penderita komorbid atau dengan kondisi kesehatan khusus yang menyebabkan pemudik tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan tes RT-PCR dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan. Disamping itu, pemudik juga wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa orang yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksin covid 19.

Perjalanan mudik biasanya sangat menguras banyak waktu dan energi. Terlebih bagi kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi biasanya akan mengalami kelelahan dan stress ketika menyetir di tengah kemacetan. Di samping itu, kamu juga akan merasa ngantuk karena kurang tidur ditambah harus menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa.

Maka dari itu, Re.juve memiliki banyak varian Cold-Pressed Juice yang dapat membantu kamu menjaga asupan vitamin harian dalam bentuk jus buah dan sayur yang mudah diserap tubuh. Beberapa varian tersebut diantaranya Cold-Pressed Juice Classic Line dan Cold-Pressed Juice Signature Line.  Re.juve dapat menjadi teman perjalanan mudik yang praktis dan menyehatkan karena terbuat dari 100% buah dan sayur segar organik. Bagi kamu yang tidak sempat sahur saat di perjalanan mudik juga bisa mengonsumsi  smoothies Re.juve yang enak, sehat, dan mengenyangkan. 

Yuk minum Re.juve sebagai teman perjalanan mudik yang enak, praktis dan menyehatkan!