Tips Kuat Puasa Agar Tetap Bugar

Selama puasa, tubuh pasti mudah merasa lemas. Hal ini sangat wajar terjadi. Pasalnya asupan makanan dan minuman berkurang. Namun, ada beberapa tips kuat puasa agar kamu tetap bugar sepanjang hari, lho. Jadi, meskipun sedang berpuasa, kamu tetap bugar dan aktif menjalankan kegiatan harian! Yuk, simak di sini!

5 Tips Kuat Puasa Agar Tetap Bugar Saat Ramadan

Re.juve Lovers bisa tetap aktif bekerja dan beraktivitas saat puasa tanpa merasa lemas. Hal ini tentunya perlu ditunjang dengan makanan yang tepat agar kuat puasa. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti. Berikut ini tips supaya kuat dan tetap bugar saat puasa!

1. Jangan melewatkan sahur 

Tips kuat puasa agar tetap bugar dan sehat sepanjang hari yang pertama adalah tidak melewatkan sahur. Hal ini sangat penting karena kamu perlu memenuhi nutrisi harian. Nutrisi harian tidak berubah meski sedang berpuasa, lho. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks, makanan tinggi protein, tinggi serat, serta lemak baik agar nutrisi seimbang. 

Makanan agar kuat puasa yang cocok adalah oatmeal, nasi merah, telur, daging ayam, pisang, sayur bayam atau sayur sup. Sedangkan untuk lemak, kamu bisa pilih lemak yang baik, seperti alpukat, kacang-kacangan, serta yogurt. Nah, biar menu sahur praktis dan sehat, kamu bisa menambah minuman seperti smoothie serta jus dari sayur dan buah segar. 

2. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian

Tahukah kamu, kalau kebutuhan nutrisi kita terbagi menjadi dua, yaitu makronutrien dan mikronutrien? Nah, kalau makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak, maka mikronutrien adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Mencukupi vitamin dan mineral sangat penting agar kita tetap bugar saat puasa. Pasalnya, mikronutrien bisa bantu kamu kenyang lebih lama, daya tahan tubuh terjaga, dan tubuh tidak mudah dehidrasi. 

Kamu bisa menemukan sumber vitamin dan mineral dengan mudah pada buah dan sayuran. Lengkapi menu sahur sehat agar tetap bugar selama menjalani puasa. Selain itu, saat buka puasa kamu juga harus tetap mengonsumsi vitamin dan mineral agar nutrisi kamu tetap seimbang. Agar lebih praktis kamu bisa sediakan jus dari sayur dan buah segar agar tidak perlu susah menyiapkan sendiri. 

3. Berolahraga ringan 

Meskipun sedang puasa, tubuh tetap perlu olahraga, lho. Kamu bisa memilih olahraga yang ringan, seperti jalan kaki atau yoga setelah sahur atau salat subuh agar kinerja metabolisme tetap terjaga dan badan bugar saat puasa. Lakukan olahraga ringan selama 15-30 menit saja agar kamu tidak mengalami dehidrasi dan kehabisan energi. Olahraga ringan saat puasa bisa bantu jaga kesehatan organ tubuh dan memperkuat imunitas.

4. Pastikan cairan tubuh tercukupi 

Tips kuat puasa selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Cairan sangat penting untuk menjaga organ-organ tubuh tetap berfungsi secara normal. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal 2 gelas air saat sahur. Setelah itu, jangan lupa untuk kembalikan cairan tubuh yang hilang saat berbuka dengan elektrolit alami. 

Air kelapa serta jus sayur dan buah tanpa gula tambahan merupakan elektrolit alami yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa. Mengonsumsi air kelapa dan jus sayur dan buah tanpa gula tambahan juga dapat membantu mengembalikan gula darah kamu secara perlahan. 

5. Cukup tidur

Tips kuat puasa yang terakhir adalah cukup tidur. Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup serta berkualitas. Jangan biarkan tubuh kekurangan istirahat karena badan akan mudah lemas dan mengantuk keesokan harinya. Saat puasa, pola tidur pasti akan berubah karena kamu harus menyiapkan sahur. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan tidak begadang dan menyempatkan tidur siang maksimal 20 menit. Dengan begitu badan akan tetap terasa fresh sepanjang hari!

Gimana, sudah siap menjaga tubuh agar tetap bugar saat puasa? Kamu bisa melakukan tips kuat puasa di atas dan memilih produk makanan dan minuman yang bantu kamu agar semangat sepanjang hari. Penuhi nutrisimu selama puasa dengan makanan dan minuman sehat yang praktis dan enak. 

#SeimbangkanNutrisimu selama bulan Ramadan dengan alternatif terbaik sayur dan buah segar yang bisa kamu temukan dalam Re.juve Paket #TemanPuasa. Paket #TemanPuasa terdiri dari kombinasi Cold-Pressed Juice, Elixirs, dan Smoothies yang kaya akan nutrisi dari buah dan sayur alami! Re.juve Paket #TemanPuasa bisa jadi pilihan yang tepat untuk bantu kamu tetap bugar saat puasa seharian! Yuk, sedia Paket #TemanPuasa sekarang dengan membelinya melalui store Re.juve terdekat, Delivery Hotline, Mobile Unit, dan www.rejuve.co.id.