Tanda dehidrasi

Menurut United States Geological Survey 60% berat tubuh manusia dewasa berasal dari air. Oleh sebab itu, air memiliki peran yang besar terhadap fungsi tubuh manusia.  Apabila tubuh kekurangan cairan, kamu sangat berisiko untuk mengalami dehidrasi. Suhu udara yang panas dapat menjadi salah satu faktor tubuh kekurangan cairan karena kebanyakan orang akan mengeluarkan keringat berlebih. Selain itu, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan dehidrasi diantaranya yaitu diare, muntah-muntah, konsumsi alkohol berlebih, mengidap anoreksia nervosa dan demam. 

Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Rasa haus merupakan salah satu tanda kamu mengalami dehidrasi ringan. Berikut adalah beberapa tanda ketika tubuhmu kekurangan cairan dan sangat penting untuk diketahui :

1. Kram otot

Ketika mengalami dehidrasi garam mineral atau elektrolit yang ada dalam tubuh mengalami penurunan. Kekurangan elektrolit dapat mengganggu fungsi tubuh manusia yaitu otot.  Elektrolit berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf selama tubuh bergerak khususnya saat kamu sedang berolahraga. Maka dari itu, jika tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup kram otot menjadi tanda kamu mengalami dehidrasi. 

2. Bau Mulut Tidak Sedap

Dikutip dari hellosehat.com ketika tubuh kekurangan cairan produksi air liur juga akan mengalami penurunan. Ketika air liur menurun, tugasnya dalam membersihkan sisa makanan dalam mulut tidak akan optimal sehingga kotoran yang tersisa dalam mulut akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. 

3. Sembelit

Kesulitan buang air besar atau sembelit juga merupakan salah satu tanda dehidrasi yang penting kamu ketahui. Apabila usus besar kekurangan cairan, hal itu dapat membuat feses menjadi keras dan sulit keluar. Selain serat, air juga merupakan komponen penting untuk memperlancar BAB sehingga ketika kamu mengalami sembelit perlu diwaspadai bisa jadi kamu sedang mengalami dehidrasi.

Cara Mudah Mencegah Dehidrasi

Kamu sudah mengetahui beberapa tanda ketika tubuh kekurangan cairan. Agar dapat mengantisipasi dehidrasi, kamu perlu mencukupi kadar air harian dalam tubuhmu. Berikut adalah beberapa cara mudah agar kamu tidak mengalami dehidrasi:

1. Banyak minum air putih

Konsumsi lebih banyak air putih ketika kamu sedang melakukan aktivitas berat maupun setelah olahraga sangat dianjurkan. Terlebih ketika di musim kemarau dimana keringat akan keluar lebih banyak. Konsumsi air putih sekitar 8 gelas atau 2 liter perhari untuk memberikan asupan cairan yang cukup bagi tubuh.

2. Makan buah dan sayur yang banyak mengandung air

Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya air sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Selain menambah cairan, buah dan sayur juga mampu menambah asupan kalori untuk menambah energi. Beberapa buah dan sayur yang mengandung air yaitu : seledri, kale, semangka, stroberi, dan timun.

3. Minum jus buah dan sayur

Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai makan buah dan sayur secara langsung, jus dapat menjadi opsi yang tepat. Jus buah dan sayur dapat menambahkan asupan cairan dalam tubuh dengan cara yang menyenangkan dan dapat dinikmati.

4. Hindari alkohol dan kafein 

Minuman beralkohol dan berkafein menjadi minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi. Alkohol mengandung cairan diuretik yang dapat menyebabkan tubuh lebih sering buang air kecil. Selain itu, minuman berkafein juga berperan sebagai cairan diuretik ringan yang dapat menyebabkan dehidrasi apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

5. Konsumsi minuman yang mengandung elektrolit

Selain minum air putih, elektrolit sangat baik untuk memulihkan pasokan mineral dalam tubuh. Elektrolit juga mengandung banyak nutrisi seperti kalium, natrium, kalium, fosfat, dan masih banyak lagi. Disamping itu elektrolit juga bisa meningkatkan fungsi sistem saraf dan mencegah kram otot sebagai akibat yang ditimbulkan dari dehidrasi.

Aktivitas dan gaya hidup sehari-hari dapat menimbulkan kurangnya kadar air dalam tubuh. Menjadi sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi minuman sehat selain air putih. Cold-Pressed Elixirs Re.juve dapat menjadi solusi minuman sehat praktis untuk mencegah dehidrasi. Terbuat dari buah dan rempah-rempah segar asli, cold-pressed elixirs kaya akan elektrolit, potassium, magnesium, dan mineral yang berfungsi untuk mengganti cairan tubuh dan elektrolit yang hilang karena aktivitas sehari-hari dan setelah berolahraga. Selain itu, varian elixirs ini juga mengandung chia seeds yang dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh.