Diare Simak Pengertian Penyebab Gejala Serta Buah dan Sayur untuk Diare Rejuve

Akhir-akhir ini, kesehatan menjadi perhatian khusus bagi kita. Bagaimana tidak? Kondisi cuaca yang tidak menentu, menyebabkan kotoran, virus-virus, bakteri, bermunculan dimana-mana. Setiap harinya juga, kita mengkonsumsi makanan-makanan yang belum tentu bersih dan sehat, sehingga dapat mengancam kesehatan tubuh kita salah satunya adalah diare.

Apa Itu Diare?

Dikutip dari hellosehat.com, diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar (BAB) encer 3 kali atau lebih dalam sehari. Dikutip juga bahwa selain encer, feses yang dikeluarkan oleh tubuh tampak lembek dan berair. Umumnya, orang-orang menyebut kondisi ini dengan ‘mencret’. Diare bisa menyerang siapapun. Baik bayi, maupun orang dewasa sekalipun bisa terkena diare.

Penyebab Diare

Diare merupakan kondisi yang umum terjadi pada manusia. Penyebabnya pun beragam dan kadang kita tidak tahu pasti dengan penyebabnya. Namun, biasanya orang yang terkena diare karena mereka mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak bersih atau sudah terkena bakteri.

Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh infeksi virus, intoleransi, efek samping obat tertentu seperti antibiotik, bahkan terlalu mengkonsumsi makanan manis juga bisa menyebabkan diare karena perut tidak mampu mengolah gula dengan baik.

Diantara penyebab-penyebab yang sudah disebutkan diatas, terdapat faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya diare. Salah satu contoh yang biasa terjadi adalah kita tidak memperhatikan terhadap makanan dan minuman yang kita konsumsi. Untuk itu, selalu perhatikan kebersihan ketika makan, dengan cara mencuci tangan dengan sabun sebelum makan agar tangan kita tetap bersih saat mengkonsumsi makanan.

Gejala-gejala dan Tanda-tanda Saat Seseorang Terkena Diare

Pada umumnya, orang yang terkena diare kesakitan perut. Hal itu disebabkan karena diare menyerang bagian perut manusia. Selain itu, perut juga mendorong kita untuk pergi ke toilet dengan frekuensi yang cukup sering karena rasa gejolak untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada di dalam perut. Pada saat buang air besar atau BAB, feses yang dikeluarkan juga lembek dan cair, atau umumnya orang-orang menyebut kondisi ini dengan mencret. Ketika diare, kita juga kehilangan nafsu makan kita dan mudah haus.

Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan Ini untuk Mencegah Diare

Pilihan makanan juga bisa menjadi salah satu cara agar mencegah terjadinya diare. Untuk itu, kamu perlu untuk memilih makanan yang sehat dan memiliki banyak nutrisi untuk tubuh, terutama untuk organ pencernaan kamu. Berikut ini merupakan sayuran dan buah-buahan yang bisa kamu santap untuk jaga kesehatan sistem pencernaan kamu:

1. Wortel

Dilansir dari klikdokter.com, wortel sangat baik untuk sistem pencernaan. Wortel mengandung gizi, dan memiliki kandungan vitamin tinggi yang mampu untuk mengembalikan fungsi usus yang kacau akibat diare.

2. Apel

Apel cocok untuk kamu yang terkena diare karena apel mengandung zat yang bernama pektin. Pektin merupakan jenis serat larut air yang bisa memadatkan feses. Selain itu, seperti yang kita ketahui apel juga mengandung nutrisi, dan vitamin tinggi yang dapat mengembalikan tenaga dan energi kita yang hilang saat diare

3. Pisang

Siapa yang tidak kenal buah ini. Buah yang memiliki warna kuning dan rasa yang manis ini juga baik untuk kamu ketika menderita diare. Pisang memiliki zat kalium yang dapat meredakan rasa mual akibat diare. Pisang juga dapat mengganti energi dan tenaga yang hilang akibat diare.

4. Nanas

Buah yang berwarna kuning juga ini mampu untuk mencegah kamu terkena diare. Dikutip dari klikdokter.com juga, buah nanas memiliki enzim bromelain yang berfungsi untuk mencegah patogen menempel pada reseptor di usus sehingga bisa mengurangi risiko diare akibat infeksi diare. Namun, jika kita mengkonsumsi nanas melewati batas wajar, memungkinkan juga untuk memicu diare dan mual-mual.

Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan Kamu dengan Re.juve Cold-Pressed Juice!

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, dibutuhkan serat, nutrisi, dan vitamin yang tinggi. Zat-zat tersebut dapat ditemukan di dalam buah dan sayuran. Namun, jangan sampai kamu salah pilih. Pilihlah buah dan sayuran yang sudah terbukti segar, seperti bahan-bahan yang digunakan dalam Re.juve Cold-Pressed Juice agar hidup kamu semakin #LiveHappier.

1. i.Glow Cold-Pressed Juice

i.Glow Cold-Pressed Juice dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang 100% organik dan #GOODforYou seperti wortel, nanas, dan apel. Perpaduan buah dan sayuran tadi mampu mengganti energi yang hilang dan mampu menjaga kesehatan mata. i.Glow tinggi akan vitamin K dan juga serat untuk asupan nutrisi tubuh kamu.

2. Tropic Chia Cold-Pressed Elixirs

Selanjutnya, Re.juve punya Tropic Chia Cold-Pressed Elixirs. Minuman sehat ini dibuat dengan perpaduan yang pas antara nanas, air kelapa, lemon, dan chia seeds untuk mengembalikan energi kamu yang hilang. Tropic Chia juga kaya akan vitamin c, serat, dan nutrisi untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu.

3. Copacabana Cold-Pressed Elixirs

Dengan perpaduan yang pas antara nanas, air kelapa, dan sedikit sea salt, Copacabana Cold-Pressed Elixirs bantu kamu untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Copacabana tinggi akan vitamin C, serat, dan nutrisi lainnya untuk mengganti energi yang hilang.

4. Tropic Turmeric Cold-Pressed Elixirs

Tropic Turmeric Cold-Pressed Elixirs juga tidak mau kalah, lho. Berbahan dasar nanas, kunyit, lemon, air kelapa, dan air Reverse Osmosis (RO), jus sehat Re.juve yang satu ini tinggi akan vitamin C, B6, serat, mineral, dan nutrisi lainnya yang mampu untuk jaga imun tubuh agar tubuh tidak mudah terkena penyakit.