Selain Untuk Ibadah, Ini Dia Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan!

Tahukah kamu bahwa selain untuk beribadah, ternyata puasa Ramadhan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Untuk mendapatkan manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan, kita harus dapat memenuhi dan mengendalikan nutrisi yang masuk ke tubuh saat sahur dan berbuka puasa. Tujuannya adalah agar tubuh tetap sehat dan kuat selama menjalankan puasa Ramadhan.

4 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Puasa bukan menjadi alasan bagi kita untuk tidak memerhatikan kesehatan tubuh. Kita harus selalu dapat mengendalikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jika kita berhasil untuk melakukan hal tersebut, maka kita akan mendapatkan manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan seperti berikut:

1. Mencegah diabetes

Manfaat puasa Ramadhan yang pertama bagi kesehatan adalah membantu kita untuk cegah diabetes. Selama berpuasa, akan terjadi perbaikan metabolisme tubuh. Tubuh akan mengelola sistem organ tubuh dengan lebih dan optimal Dengan begitu, insulin akan menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selanjutnya, puasa Ramadhan dapat membantu jaga kesehatan jantung. Jika sehari-hari kamu sudah mengonsumsi banyak makanan berlemak, seperti makanan bersantan, dan berminyak, serta kurang olahraga, maka beberapa hal tersebut bisa menjadi pemicu penyakit jantung. Makanan tersebut dapat memicu penumpukan lemak dalam darah yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Nah, ketika kita berpuasa, kita jadi lebih memerhatikan asupan makanan. Terlebih karena kita hanya bisa makan dan minum saat sahur dan berbuka.

3. Mengurangi kadar kolesterol 

Mengurangi kadar kolesterol merupakan manfaat selanjutnya. Selama berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak lebih cepat. Namun, kamu harus tetap memerhatikan makanan serta minuman yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang dapat menjaga kadar kolesterol, seperti oatmeal dan ikan salmon.

4. Metode detoksifikasi tubuh

Last but not least, manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan tubuh adalah detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan proses alami tubuh untuk menetralkan racun yang dihasilkan dari fungsi tubuh. Saat berpuasa, tubuh secara otomatis akan melakukan detoksifikasi sehingga racun yang ada pada tubuh dapat dinetralkan. 

Untuk mendukung proses tersebut, usahakan konsumsi buah dan sayuran yang memiliki nutrisi tinggi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan saat sahur dan berbuka. Selain itu, hindari juga konsumsi makanan berlemak yang dapat memicu penyakit.

Itulah tadi beberapa manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan tubuhmu. Selalu jaga asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap sehat dan kuat selama puasa Ramadhan.

Paket #TemanPuasa Bantu Penuhi Nutrisi Tubuh Saat Puasa Ramadhan

Spesial selama Ramadhan, Re.juve menghadirkan Paket #TemanPuasa untuk bantu penuhi nutrisi tubuhmu. Tersedia tiga varian paket, yaitu #TemanPuasa A, #TemanPuasa B, dan #TemanPuasa C. Kombinasi dari Cold-Pressed Juice, Cold-Pressed Almond Milk, dan Smoothies bisa bantu kamu dalam memenuhi nutrisi dan mengembalikan cairan yang hilang selama puasa. Dengan begitu, puasa Ramadhan kali ini akan lebih bermanfaat bagi tubuhmu! Yuk, selalu semangat dan #LiveHappier selama puasa bareng Re.juve!