Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Harus Kamu Ketahui Rejuve

Di dalam tubuh manusia, terdapat banyak sekali proses metabolisme yang terjadi. Dari proses tersebut, ada beberapa zat yang akan diserap tubuh. Namun, ada juga zat-zat sisa yang akan dikeluarkan dari hasil metabolisme tubuh yang dibuang melalui buang air kecil. Akan menjadi sebuah kecurigaan apabila frekuensi dalam buang air kecil menjadi terlalu sering.

Frekuensi dalam Buang Air Kecil

Air urine yang dikeluarkan saat buang air kecil diproduksi oleh ginjal. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring hasil metabolisme tubuh yang berasal dari dalam darah dan membuang hasil metabolisme yang tidak diperlukan tubuh melalui urine.

 

Normalnya, dalam sehari manusia akan buang air kecil sebanyak 4-8 kali atau sebanyak 1-1,8 liter air urine dalam sehari. Lebih dari itu, bisa jadi ada masalah yang ada di dalam tubuh kamu. Lalu, apakah penyebab kita sering buang air kecil?

Penyebab Sering Buang Air Kecil

1. Terlalu Banyak Minum Air

 

Terlalu sering minum menjadi salah satu faktor umum mengapa kita sering buang air kecil. Dilansir dari hellosehat.com, jika kita berlebihan dalam minum maka ginjal akan berusaha mengeluarkan cairan yang berlebih untuk menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh.

 

2. Minum Minuman atau Obat-obatan Diuretik

 

Diuretik merupakan penambahan garam dan air pada urine sehingga memicu terjadinya penambahan produksi air urine. Contoh minuman-minuman yang bersifat diuretik adalah alkohol, soda, bahkan kafein seperti teh dan kopi. Biasanya, efek diuretik ini akan bertahan 6-8 jam.

 

Berbeda dengan minuman diuretik, obat-obatan diuretik justru berfungsi untuk mengeluarkan garam dan air berlebih dari dalam tubuh. Obat diuretik biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi.

 

3. Diabetes

 

Dengan tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes, menyebabkan para penderitanya sering sekali untuk buang air kecil. Ginjal akan terus bekerja untuk menyaring darah dan menyerap gula kembali. Lama kelamaan, ginjal akan kesulitan untuk melakukan hal tersebut sehingga gula larut bersama urine. Gula yang terdapat pada urine akan menyerap banyak cairan sehingga akan membuat produksi urine semakin banyak.

 

Untuk itu, kurangi konsumsi makanan-makanan dan minuman yang mengandung manis berlebih dan pilihlah produk-produk yang mengandung manis alami yang baik bagi tubuh dan tanpa tambahan gula buatan.

 

4. Infeksi Kandung Kemih

 

Selanjutnya adalah infeksi kandung kemih. Secara keseluruhan, infeksi kandung kemih merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang membuat kandung kemih tidak dapat menahan air urine secara baik. Infeksi kandung kemih ini dibarengi oleh rasa nyeri pada perut.

 

5. Gangguan Prostat

 

Dikutip dari alodokter.com, saluran kemih dapat tertekan karena adanya pembesaran prostat sehingga menyebabkan dinding kandung kemih menjadi lebih sensitif. Dengan begitu, kandung kemih akan lebih sering berkontraksi, meskipun kandungan urine nya hanya sedikit.

Re.juve berkomitmen untuk selalu memberikan produk-produk yang #GOODforYou agar Re.juve Lovers selalu #LiveHappier. Cold-Pressed Juices Re.juve berasal dari buah dan sayur organik yang alami, tanpa pengawet, tanpa perasa buatan, tanpa tambahan gula, dan rasa manis alami yang berasal dari buah dan sayur tersebut.

 

Beberapa varian yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan kamu, terutama kesehatan ginjal kamu agar tubuh selalu kuat dalam beraktivitas adalah Tropic Joy Cold-Pressed Juice, Tropic Green Cold-Pressed Juice, Minty Appel Cold-Pressed Juice, Firey Apple Cold-Pressed Juice, dan Cold-Pressed Juice Re.juve lainnya. Dapatkan nutrisi, serat, vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya dengan Re.juve Cold-Pressed Juice!