Pentingnya Menjaga Silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri

Siapa di antara kalian yang sudah kangen untuk bertemu dengan sanak saudara? Tentunya kita semua ingin segera berkumpul dengan sanak saudara di hari raya. Momen lebaran memang jadi waktu yang tepat bagi kita untuk bersilaturahmi, nih. Namun, momen silaturahmi bukan hanya untuk melepas rindu, lho. Berikut beberapa manfaat saat kita menjaga silaturahmi dengan sesama.

Manfaat Menjaga Silaturahmi

Setelah masa pandemi yang menghalangi kita bertemu orang-orang tersayang secara langsung, sekarang kita bisa lebih mudah bersilaturahmi, nih. Ternyata ada lima manfaat saat menjaga silaturahmi, lho. Simak di sini, yuk!

1. Mencegah demensia

Demensia merupakan penyakit menurunnya daya ingat. Banyak penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan sosialisasi dan silaturahmi dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan otak. Biasanya orang yang gemar bersosialisasi, dan bersilaturahmi cenderung memiliki daya ingat dan kemampuan kognitif yang baik, lho.

2. Memperpanjang usia dan meningkatkan imun tubuh

Melakukan interaksi dengan orang lain sebenarnya memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh, lho! Hal ini dikarenakan saat kita bersilaturahmi terdapat banyak hormon yang saling bereaksi, salah satunya adalah hormon yang memicu perasaan bahagia. Hormon tersebut bisa meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan menurut para ahli, bersosialisasi dapat membantu seseorang menjadi lebih panjang umur.

3. Mengurangi stres dan cemas

Bersilaturahmi dan bersosialisasi dengan keluarga, kerabat, atau teman dekat dapat membantu lebih resilien. Resiliensi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri secara luwes saat mengalami tekanan internal maupun eksternal. Dengan melakukan silaturahmi, tentunya dapat membuat kamu membicarakan banyak hal dengan kerabat yang akan membantu meringankan rasa penat atau stres.

4. Menambah pahala

Dalam agama Islam, melakukan silaturahmi adalah salah satu cara ibadah yang merupakan anjuran dari Allah SWT selain melakukan kewajiban yang lainnya. Melakukan silaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat akan membawakan hal-hal baik dan menambah pahala.

5. Mempererat tali persaudaraan

Bertemu dan berkumpul dengan orang terkasih tentunya akan mempererat tali persaudaraan. Terlebih ketika kamu tinggal berjauhan dengan sanak saudara. Momen lebaran adalah waktu yang tepat untuk saling temu kangen. Dengan melakukan silaturahmi saat lebaran kamu dan keluarga dapat saling bertukar cerita, pikiran, dan mempererat hubungan persaudaraan.

Itulah tadi betapa pentingnya menjaga tali silaturahmi antar sesama. Momen-momen lebaran ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja karena sangat berharga nilainya.

Untuk menambah kerekatan silaturahmi kamu dengan keluarga, Re.juve hadir dengan Paket #TemanLebaran. Paket ini berisikan varian-varian Cold-Pressed Juice, SHOTs, Cold-Pressed Elixirs, dan Smoothies yang baik untuk jaga kesehatan tubuh kamu. Yuk, segera dapatkan Paket #TemanLebaran di website Re.juve atau Re.juve Store terdekat!