Pentingnya Menjaga Silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang menggembirakan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Mengalami dua tahun lebaran di tengah pandemi, membuat hubungan kita dengan orang-orang terkasih menjadi berjarak. Namun, lebaran 2022 ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mulai beradaptasi dengan new normal kita sudah dapat kembali menjalin tali persaudaraan untuk saling bertemu, berkumpul dan melepas rindu. Pemerintah juga sudah mengeluarkan surat keputusan mengenai libur lebaran dan syarat perjalanan mudik. Kabar yang membahagiakan sekaligus sangat kita rindukan yaitu kita sudah boleh mudik ke kampung halaman baik dengan perjalanan darat, laut, maupun udara. Mungkin, ini saat yang tepat bagi kamu untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan kerabat dan orang terdekat?

5 Manfaat Menjaga Silaturahmi

Lebaran 2022 kali ini mungkin diantara kamu sudah tidak perlu lagi bersilaturahmi melalui daring, hanya bertatap muka via video call atau bertukar pesan melalui media sosial. Dengan peraturan mudik lebaran dan segala protokol kesehatan yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah, lebaran kali ini kamu sudah dapat temu kangen dan saling bersilaturahmi dengan orang terdekat. Supaya kamu gak perlu ragu lagi, yuk simak 5 manfaat silaturahmi yang penting diketahui!

1. Mencegah demensia

Banyak penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan sosialisasi dan silaturahmi dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan otak. Biasanya orang yang gemar bergaul, bersosialisasi, dan bersilaturahmi cenderung memiliki daya ingat dan kemampuan kognitif yang baik. Hal ini dapat menurunkan risiko demensia. Dengan bersosialisasi seseorang akan terus berlatih mengingat wajah, nama, dan lain sebagainya.

2. Memperpanjang usia dan meningkatkan imun tubuh

Melakukan interaksi dengan orang lain sebenarnya memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Hal ini dikarenakan saat kita bersilaturahmi, bersosialisasi, menjalin persahabatan terdapat banyak hormon yang saling bereaksi, yaitu hormon bahagia. Hormon bahagia akan meningkatkan imunitas tubuh dan menurut para ahli dengan bersosialisasi dapat membantu seseorang menjadi panjang umur. Sejatinya, hormon adalah senyawa kimia dalam tubuh yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di dalam tubuh. Salah satu fungsi hormon yaitu untuk mengatur suasana hati seseorang dan meningkatkan perasaan positif. 

3. Mengurangi stress dan cemas

Semenjak pandemi kehidupan kita mengalami banyak perubahan. Banyak hal yang terjadi dan dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Para ahli menyebutkan bersilaturahmi dan bersosialisasi dengan keluarga, kerabat atau teman dekat dapat membantu kamu beresiliensi. Resiliensi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri secara luwes saat mengalami tekanan internal maupun eksternal. Dengan melakukan silaturahmi tentunya dapat membuat kamu membicarakan banyak hal dengan kerabat yang akan membantu meringankan rasa penat atau stress.

4. Menambah pahala

Dalam agama Islam, melakukan silaturahmi adalah salah satu cara ibadah yang merupakan anjuran dari Allah SWT selain melakukan kewajiban yang lainnya. Melakukan silaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat akan membawakan hal – hal baik dan menambah pahala. Terlebih lagi ketika kamu menyambung silaturahmi dengan orang yang memutus tali silaturahmi hal ini merupakan tindakan terpuji.

5. Mempererat tali persaudaraan

Bertemu dan berkumpul dengan orang terkasih tentunya akan mempererat tali persaudaraan. Terlebih ketika kamu tinggal berjauhan dengan sanak saudara, momen lebaran adalah waktu yang tepat untuk saling temu kangen. Dengan melakukan silaturahmi saat lebaran kamu dan keluarga dapat saling bertukar cerita, pikiran, dan mempererat hubungan persaudaraan. Saat bersilaturahmi banyak hal yang dapat dilakukan seperti bermain games, menyantap makanan lebaran, dan tentunya foto bersama.

Saat bersilaturahmi dan mengunjungi rumah kerabat, tentunya kita tidak bisa datang dengan tangan kosong. Menyiapkan bingkisan ataupun hampers lebaran adalah hal yang tidak mungkin kita lewatkan sebelum berkunjung ke rumah kerabat dan sanak saudara. Maka dari itu Hampers #TemanLebaran Re.juve dapat menjadi solusi bingkisan lebaran yang praktis dan menyehatkan untuk orang terkasih. Hampers #TemanLebaran berisi Cold-pressed juice, Cold-pressed SHOTs, Smoothies, dan varian lain yang pastinya tidak diragukan lagi nutrisinya karena 100% #GOODforYou

Hampers #TemanLebaran adalah pilihan terbaik untuk berbagi di momen kebahagiaan Idul Fitri dengan kerabat dan orang-orang terkasih! 

Yuk, berikan ucapan hari raya idul fitri dengan lebih membahagiakan bersama hampers #TemanLebaran