Pahami Fatty Liver Pengertian Gejala dan Cara Mencegahnya Rejuve

Di dalam sistem pencernaan kita, terdapat organ-organ yang sangat penting untuk mengubah apa yang kita makan menjadi nutrisi, vitamin, bahkan energi untuk tubuh kita. Organ-organ tersebut sangat penting peranannya dalam tumbuh kembang kehidupan kita, salah satunya adalah hati. Salah satu penyakit organ hati yang akan kita bahas kali ini adalah Fatty Liver atau perlemakan hati.

Pengertian Fatty Liver

Fatty Liver merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ pencernaan kita, yaitu pada hati. Fatty liver atau Perlemakan Hati adalah adanya penumpukan lemak secara berlebih pada hati dan menyebabkan infeksi pada hati. Hati memiliki fungsi-fungsi yang penting seperti menyaring kotoran, penghasil cairan empedu, tempat penyimpanan nutrisi, dan lainnya. Untuk itu, fatty liver bisa disimpulkan adalah penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan fungsi pada organ hati kita. Berdasarkan penyebabnya, Fatty Liver terbagi dalam 2 Jenis, yaitu:

 

1. Alcoholic Fatty Liver Disease (ALD)

 

Alcoholic Fatty Liver Disease adalah penumpukan lemak berlebih di hati yang disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi alkohol. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, organ hati memiliki fungsi-fungsi yang jelas penting peranannya bagi sistem pencernaan kita. Nah, alkohol adalah salah satu penyebab kerusakan sel pada hati. Apabila kita mengkonsumsi alkohol secara berlebih, maka fungsi hati akan menurun dan dapat menyebabkan penumpukan lemak pada hati atau fatty liver.

 

2. Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD)

 

Kebalikan dari ALD, Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) merupakan fatty liver yang penyebabnya bukan karena mengkonsumsi alkohol. Biasanya, seseorang yang terkena NAFLD merupakan orang-orang yang juga menderita penyakit lainnya seperti obesitas dan diabetes tipe 2. Selain itu kolesterol tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab dari NAFLD.

Gejala Fatty Liver

Dikutip dari HelloSehat.com, fatty liver dapat berkembang tanpa adanya tanda-tanda atau gejala-gejala sedikit-pun. Namun, setelah penyakit ini berkembang, gejala-gejala akan muncul seperti sakit perut pada sisi kanan atas perut, perut terasa kembung, mual dan nafsu makan hilang, berat badan menurun, penyakit kuning, dan lainnya. Jika dirasa gejala-gejala tersebut semakin membahayakan, segeralah untuk memeriksanya ke dokter.

Cara Mencegah Fatty Liver

1. Hindari Konsumsi Alkohol

Karena alkohol menjadi salah satu zat yang bisa merusak sel-sel organ pencernaan kita terutama hati, maka dari itu mengurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol merupakan cara baik agar tidak terkena fatty liver.

2. Pola Makan Sehat

Selalu terapkan pola makan sehat agar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dapat terpenuhi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan makanan dan memilih sumber makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sumber makanan lainnya yang kaya akan vitamin, serat, dan mineral.

3. Olahraga Secara Teratur

Untuk menjaga berat badan dan mendapatkan badan yang ideal, tubuh memerlukan aktivitas fisik seperti olahraga. Selain untuk menjaga berat badan agar tidak obesitas, olahraga juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga fungsi organ tubuh kita tetap bekerja dengan baik.

Cold-Pressed Juice Re.juve dengan Manis Alami dari Buah-buahan dan Sayuran Segar

Re.juve dengan Cold-Pressed Juice nya selalu berkomitmen untuk memberikan produk-produk yang sehat bagi Re.juve Lovers. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan Cold-Pressed Juice menggunakan bahan-bahan yang 100% Pure, Fresh, and Natural, tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet, dan pastinya #GOODforYou.

 

Re.juve Lovers bisa lho merasakan sensasi segar dan rasa manis alami buah dan sayur dengan Cold-Pressed Juice Re.juve. Kamu bisa temukan itu pada produk-produk Cold-Pressed Juice Re.juve seperti u.Glow Cold-Pressed Juice, i.Glow Cold-Pressed Juice, Tropic Joy Cold-Pressed Juice, dan Crush Watermelon Cold-Pressed Juice. Yuk, tunggu apalagi? Segera dapatkan Cold-Pressed Juice terbaik yaitu Re.juve Cold-Pressed Juice!