12 Naikkan Trombosit dengan Buah Bit Mitos atau Fakta dr.Juwalita Re.juve

Turunnya trombosit dalam tubuh dapat memengaruhi sistem sirkulasi darah. Dikutip dari alodokter.com, jumlah trombosit normal dalam darah adalah 150.000-450.000 sel per mikroliter darah. Jika jumlahnya kurang, seseorang rentan mengalami kekurangan darah. Hal ini tentu saja akan berpengaruh bagi kesehatan.

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan jumlah trombosit dalam tubuh seseorang, yaitu mengonsumsi bit. Bit mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.. Kamu bisa cari tahu penjelasan lebih lengkapnya berdasarkan pernyataan dari spesialis ahli gizi, dr. Juwalita.

Penjelasan dr. Juwalita Mengenai Buah Bit

Menurut dr. Juwalita, konsumsi buah bit sebagai penambah darah atau meningkatkan trombosit memang sudah menjadi hal yang dipercaya sejak dulu. Padahal, tidak ada penelitian yang menunjang anggapan tersebut. 

Kandungan yang cukup menonjol dari buah bit adalah nitrat anorganik yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada pula senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Re.juve memiliki varian jus yang mengandung bit organik segar. Sangat cocok untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga membantu menurunkan tekanan darah. Ada banyak varian yang bisa kamu coba seperti berikut ini:

1. Beat That Cold-Pressed Juice

Perpaduan bit, timun, nanas, dan apel organik segar dalam Beat That bisa bantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.  Selain itu, Beat That juga kaya vitamin B9 dan K, sumber serat, serta tinggi mangan. Mengonsumsi Beat That cocok untuk membantu penuhi nutrisi harianmu.

2. Violet Almond Milk

Kalau kamu minuman campuran susu, Re.juve menyediakan varian Almond Milk yang mengandung bit, seperti Violet Almond Milk. Terbuat dari almond dan bit organik yang segar, kamu bisa menikmati manfaat dari bahan-bahan yang 100% alami. Violet Almond Milk tinggi vitamin C dan E, serta sumber fosfor tanpa pemanis buatan.

Waspada Penyakit Rendah Trombosit

1. Trombositosis

Trombositosis merupakan penyakit yang muncul akibat produksi trombosit berlebih. Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Pembagian jenis tersebut dikarenakan penyebabnya. Misalnya, trombositosis primer yang cenderung bersifat turunan. Sedangkan trombositosis sekunder terjadi karena masalah kesehatan, seperti infeksi atau reaksi obat tertentu.

2. Trombositopenia

Trombositopenia adalah kondisi saat jumlah keping darah di bawah 150.000 keping trombosit per mikroliter darah. Hal ini terjadi karena gangguan sumsum tulang. Mereka yang memiliki penyakit leukimia atau terinfeksi virus, mungkin akan mengalami kondisi trombositopenia.

3. Immune Thrombocytopenic Purpura

Memar pada tubuh ternyata juga bisa menjadi pertanda ada gangguan trombosit. Jikalau kamu mudah mengalami memar dan pendarahan berlebih ada kemungkinan kamu mengalami kondisi Immune Thrombocytopenic Purpura (ITP). Selain memar, gejala lain yang juga dialami penderita adalah sering mimisan, menstruasi berlebih, dan ditemukannya darah pada urine atau feses. Biasanya, kondisi ini dipicu oleh infeksi virus lain, seperti HIV.

4. Sindrom Bernard Soulier

Kondisi berikutnya termasuk dalam penyakit yang sangat langka. Pasalnya, penderita Sindrom Bernard Soulier memiliki jumlah darah yang sedikit, namun berukuran lebih besar. Penderita akan mengalami kesulitan saat pembekuan darah. Oleh karena itu, mereka yang mengalami kondisi ini akan mudah memar atau pendarahan berlangsung lama. Biasanya, kondisi ini merupakan warisan dari orang tua.

Itulah tadi penjelasan mengenai buah bit yang berguna untuk membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Dengan memantau jumlah trombosit pada kadar yang normal, kamu bisa terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Pastikan untuk memenuhi nutrisimu dengan makanan dan minuman yang tepat.

Tentang Dokter Juwalita

Dr Juwalita
dr. Juwalita

dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp. GK merupakan seorang dokter spesialis gizi lulusan Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia. Beliau melakukan praktek di Rumah Sakit Pondok Indah, Rumah Sakit Pelni, dan Prodia Healthcare Bintaro. Saat ini, beliau berperan aktif dalam menyuarakan pentingnya nutrisi dan gizi untuk tubuh, serta menyuarakan gaya hidup sehat di berbagai media

Karena kecintaannya dengan gizi dan nutrisi makanan, beliau berhasil meraih gelar penghargaan sebagai Poster Presentation Award Winner International Symposium on Clinical Metabolism and Clinical Nutrition.