Mengenal Fruktosa Sebagai Gula Alami dalam Buah dan Sayuran Re.juve

Tahukah kalian, ternyata rasa manis dari buah dan sayur itu berasal dari kandungan gula alami yang bernama Fruktosa loh! Tidak seperti banyak makanan yang tinggi gula, buah dan sayur dikemas dengan banyak nutrisi yang dapat memberi kita cakupan diet seimbang untuk kesehatan yang baik. Maka dari itu kandungan manis alami pada buah ini dapat dikatakan sehat untuk tubuh, asalkan ditakar kebutuhan per harinya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita kenali Fruktosa, sebagai gula alami dalam buah dan sayuran lebih lengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Fruktosa?

Fruktosa juga dikenal sebagai gula alami yang merupakan karbohidrat sederhana (monosakarida) dalam serta dapat ditemukan juga dalam beberapa sayuran, dan madu. Buah-buahan mengandung gula alami seperti fruktosa ini tetap dinilai rendah kalori dan tinggi serat dan tidak membahayakan tubuh apabila dikonsumsi sesuai dengan takaran kebutuhan hariannya. Buah juga merupakan sumber bagus untuk gizi lain seperti kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah, dan flavonoid, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, karena struktur fruktosa dan glukosa berbeda, tubuh bereaksi dan metabolismenya secara berbeda. Jika dibandingkan dengan glukosa, fruktosa memiliki sifat kimia yang berbeda. Karena fruktosa dimetabolisme oleh hati, konsumsi makanan tinggi fruktosa secara berlebihan dapat membebani hati.

Amankah Fruktosa Untuk Tubuh?

Fruktosa dinilai bisa berdampak baik dan buruk bagi kesehatan. Dilansir dari healthline, dengan mengkonsumsi fruktosa sesuai takaran dan tidak berlebihan, akan bermanfaat untuk tubuh dalam mendapatkan jumlah energi yang optimal. 

 

Sebaliknya, apabila dikonsumsi berlebihan dan tidak terkontrol, fruktosa yang tergolong pemanis alami ini dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes, dan penyakit hati berlemak pada tubuh apabila diperuntukkan sebagai bentuk gula tambahan. Namun kandungan fruktosa yang terdapat dalam buah dan sayur aman untuk dikonsumsi, karena buah juga memiliki kandungan nutrisi yang baik, seperti serat, vitamin, mineral yang bagus dan menyehatkan bagi tubuh serta memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah apabila dibandingkan dengan gula pasir. 

Buah dan Sayur yang Mengandung Fruktosa

Dilansir dari MedicalNewsToday, buah mengandung dua jenis gula: fruktosa dan glukosa. Proporsi masing-masing bervariasi, tetapi sebagian besar buah mengandung setengah glukosa dan setengah fruktosa. Fruktosa sebagai gula alami tidak meningkatkan gula darah, karena fruktosa dalam tubuh dipecah oleh organ hati (liver). Dilansir dari healthline, fruktosa berbahaya hanya dalam jumlah besar, dan sulit untuk mendapatkan fruktosa dalam jumlah berlebihan dari buah. Bagi kebanyakan orang, jumlah gula dalam buah aman dikonsumsi. Buah utuh mengandung serat dan butuh waktu untuk dikunyah dan dicerna. Karena hal inilah, buah dapat membuat kamu merasa lebih kenyang serta dapat dengan mudah mentolerir fruktosa dalam jumlah yang kecil.

Berikut merupakan buah dan sayur yang terkandung fruktosa  di dalamnya: 

  • Apel
  • Pir
  • Semangka
  • Anggur
  • Blueberry
  • Pisang
  • Mangga
  • Tomat
  • Paprika Merah
  • Terung

Lengkapi Nutrisi Harianmu dengan Re.juve yang 100% Pure Tanpa Tambahan Gula Buatan!

Tidak hanya mengandung fruktosa, buah dan sayur mengandung nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, serta phytochemical. Phytochemical merupakan zat yang ada pada tumbuhan dan bermanfaat untuk imunitas tubuh manusia. Re.juve dapat menjadi pilihan sebagai sumber nutrisi dari jus buah dan sayuran untuk keperluan tubuhmu. Dengan mengonsumsi jus buah dan sayur dapat berfungsi sebagai detoksifikasi pada sistem pencernaan serta mengeluarkan racun pada tubuh juga meningkatkan metabolisme dari kandungan nutrisi didalamnya.

Re.juve 100% Pure, yaitu tanpa tambahan air, tanpa tambahan gula, tanpa pemanis buatan, dan tanpa bahan pengawet. Let’s #LiveHappier dengan konsumsi minuman yang sehat dan penuh nutrisi dimulai dari bijak dalam memilih produk cold-pressed juice yang akan dikonsumsi agar dapat memberikan manfaat yang optimal untuk tubuhmu.

 

Berikut Rekomendasi produk Re.juve Cold-Pressed Juice Classic Line yang dapat kamu coba untuk pertama kali: I.glow, U.glow, Tropic Joy, Crush Watermelon, Glowing Golden, dan Asian Green.