5 Faktor Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya Cold Pressed Re.juve

Setiap orang memiliki permasalahan terhadap jenis kulitnya masing-masing. Ketika ingin membeli sebuah produk perawatan kulit, biasanya kalian harus memastikan dulu jenis kulit kalian seperti apa karena ada berbagai tipe kulit, seperti kulit normal, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Nah, jika kamu sudah tahu tipe kulitmu, perawatan yang dilakukan pun akan menyesuaikan dengan kondisi permasalahan kulit yang dialami. Perawatan yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Namun, tidak semua permasalahan kulit akan selesai begitu saja. Misalnya, saat produk perawatannya sudah cocok namun, dalam kurun waktu tertentu ternyata bisa menimbulkan permasalahan baru. Permasalahan baru yang paling sering dialami adalah kulit kering. Menurut medicalnewstoday.com, cuaca dingin, angin yang kencang, bahan kimia dalam produk, pH kulit yang tidak seimbang serta penyakit kulit lainnya dapat menyebabkan kulit kering yang berlebih. Kulit yang kering juga diketahui akan lebih rentan untuk mengelupas. 

Kulit yang rentan terkelupas seringkali membuat rasa tidak nyaman pada bagian wajah dan tubuh. Hal ini biasa terjadi disertai dengan ciri-ciri seperti kulit terasa agak tertarik dan teksturnya kasar atau bersisik saat disentuh. Ciri-ciri yang ditimbulkan oleh kulit kering ini ternyata adalah bentuk atau tanda bahwa kulit tidak mempunyai nutrisi yang cukup dari dalam maupun luar. Selain itu, kulit kering sering dianggap kekeringan karena kulit yang seharusnya melindungi dan mendapat cukup nutrisi, tidak bisa menjalankan tugasnya. Lalu, apa saja sih, faktor yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering? Yuk, simak beberapa penyebab dan tips yang bisa kalian lakukan jika mengalami kulit kering.

5 Faktor Penyebab Kulit Kering 

1. Sering Melakukan Eksfoliasi

Menggosok kulit merupakan salah satu perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan terhindar dari jerawat ataupun permasalahan kulit lainnya. Namun, jika eksfoliasi yang dilakukan terlalu kencang, ternyata bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Akibatnya, lapisan pelindung kulit tidak memiliki intensitas kelembaban yang baik. Sehingga kulit menjadi mudah terkelupas dan perih saat digosok ataupun disentuh. 

2. Kurang Minum

Hal yang sering terjadi jika kekurangan minum adalah dehidrasi. Tahukah kamu jika sekitar 70 persen tubuh manusia mengandung cairan yang memiliki peran sangat penting untuk mendukung kinerja organ tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, cara kerja organ tubuh akan terganggu. Saat organ dalam sudah kena, biasanya bagian luar tubuh akan memberikan sinyal berupa kulit yang mengering karena kurangnya cairan.

3. Mandi dengan Air Terlalu Panas

Mandi air hangat dikenal memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks setelah seharian menjalani aktivitas. Dikutip dari alodokter.com, tak hanya itu, manfaat mandi air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Namun, jika mandi dengan air yang terlalu panas ternyata bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Karena suhu di air panas bisa mengurangi kelembaban kulit jika airnya bersentuhan langsung dengan kulit. 

4. Jam Tidur Tidak Teratur

Tidur merupakan salah satu cara untuk me-recharge diri. Selain itu, tidur yang cukup akan membantu kalian untuk mempersiapkan performa yang baik di esok hari. Namun, tanpa disadari terkadang masih ada beberapa diantara kita yang jam tidurnya di atas jam 12 malam. Meskipun ada baiknya kalian tetap mengatur jam tidur agar fungsi tubuh bisa tetap berjalan normal. 

5. Faktor Genetik 

Penyebab kulit kering lainnya bisa berasal dari faktor genetik. Menurut beautynesia.com, kalau kamu memang berasal dari keturunan yang memiliki kulit kering, maka bisa jadi kulit kering kamu bisa disebabkan oleh faktor genetik. Faktor pigmen kulit juga bisa menjadi salah satu penyebab dari masalah kulit kering. 

Jaga Kelembaban Kulitmu bareng Re.juve Paket Glowing Skin!

Pada dasarnya, kulit kering merupakan sebuah jenis kulit yang sama seperti kulit berminyak, kombinasi, dan lainnya. Namun, yang membedakan adalah kulit kering terbentuk akibat faktor penyebab yang sudah disebutkan di atas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik seperti, diet sehat dan pola makan ‘4 sehat 5 sempurna’. Penerapan pola makan dan diet sehat ini akan membantu kamu untuk bisa memiliki kulit yang sempurna. Namun, terkadang kita tidak sempat untuk sekedar membuat sarapan karena keterbatasan waktu. Oleh karena itu, perlunya perawatan ekstra dari dalam bisa membantu kulitmu yang kering menjadi sehat. 

Jangan khawatir, Re.juve Lovers! Re.juve Paket Glowing Skin kini hadir untuk kamu yang ingin menjaga kulitmu agar tetap lembab dan sehat. Terdiri dari buah segar, sayur organik, dan rempah yang tinggi akan vitamin dan antioksidan yang membantu kulitmu bersinar dari luar dan dalam. Satu paket Re.juve Glowing Skin ini berisi Tumeric Ginger SHOT 50 ml, Curcuma Ginger SHOT 50 ml, Asian Green 250 ml, Glowing Calamansi 250 ml, Glowing Apple 250 ml, Almond Kencur 250 ml. Pilihan paket glowing skin yang tepat untuk kulitmu.