Kampanye peduli lingkungan Re.juve Towards Zero Waste

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah global warming dan climate change. Istilah tersebut merujuk pada perubahan suhu bumi yang semakin meningkat. Penyebab utama kenaikan suhu bumi adalah emisi gas rumah kaca yang berlebihan. Pada dasarnya efek rumah kaca memang secara alami terjadi untuk menjaga suhu bumi, namun bila berlebihan, maka akan memicu pemanasan global.

Penyebab pemanasan global terjadi karena polusi dari gas karbondioksida, penebangan hutan, dan limbah, terlebih sampah plastik. Untuk itulah, kita perlu melakukan aksi nyata untuk mendukung kampanye peduli lingkungan. Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mendukung brand yang dengan nyata sudah melakukan aksi kepedulian lingkungan, salah satunya adalah Re.juve.

Langkah Nyata Re.juve Peduli Lingkungan yang #GOODforEarth

Re.juve berkomitmen untuk selalu menciptakan produk yang tidak hanya baik bagi tubuhmu, namun juga mampu memberi kebaikan bagi lingkungan. Perjalanan Re.juve dalam misi peduli lingkungan tertuang dalam kampanye #GOODforEarth yang  sudah dimulai sejak 2019. Apa saja langkah nyata Re.juve mengurangi sampah plastik demi menjaga kelestarian lingkungan?

1. Hanya menggunakan botol 100% Food Grade rPET

Langkah nyata pertama Re.juve dalam melestarikan lingkungan adalah dengan mengganti botol minuman Re.juve menjadi lebih ramah lingkungan. Sejak 2020, seluruh produk minuman Re.juve sudah menggunakan botol 100% Food Grade rPET. rPET adalah Recycled Polyethylene Terephthalate atau botol plastik yang sudah mengalami proses daur ulang sehingga bisa menjadi sesuatu yang baru. 

Jadi sederhananya, botol yang digunakan oleh Re.juve merupakan botol yang berasal dari plastik yang sudah ada sehingga tidak menggunakan plastik baru atau virgin plastic. Namun, botol plastik daur ulang tersebut sudah melalui proses menyeluruh dan berstandar food grade. Artinya, botol rPET sangat aman bila bersentuhan dengan bahan makanan. Dengan memilih recycled plastic bottle, kita tidak hanya membantu menjaga kelestarian bumi, namun juga mendukung keberlangsungan sistem daur ulang sampah plastik.

2. Menginisiasi Program Bring Back Empty Bottle

Sejak 2019, Re.juve membangun program yang masih berlangsung hingga saat ini. Program tersebut adalah Bring Back Empty Bottle Re.juve. Re.juve mengajak para konsumen untuk mengembalikan botol bekas Re.juve kembali ke outlet terdekat untuk didaur ulang oleh Bank Sampah Lokal. menjadi barang yang berguna. Hingga tahun 2022, melalui program ini telah terkumpul kurang lebih 6 ton sampah botol plastik Re.juve yang telah didaur ulang menjadi dakron. Dakron adalah kapas sintetis yang biasa kamu temukan di dalam bantal, guling, dan boneka.

BBEB Illustration

3. Produk Re.juve 100% dari sayuran organik

Pada tahun yang sama dengan penggunaan recycled bottle, Re.juve juga mulai menggunakan 100% sayuran organik untuk setiap produk. Penggunaan sayuran organik tanpa pestisida tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga ramah lingkungan. Pestisida merupakan zat kimia yang digunakan untuk membasmi hama. 

Tanpa kita sadari, pembasmian hama menggunakan pestisida justru merusak lingkungan. Penggunaan pestisida sintetis yang berlebihan akan merusak kesuburan tanah dan juga ekosistem air. Pencemaran lingkungan yang terjadi akibat pestisida bahkan menyebabkan kematian tanaman air dan ikan, menurut penelitian pada 2012.

Mengonsumsi bahan makanan dengan pestisida juga bisa memicu berbagai macam penyakit, seperti kanker. Meskipun kamu sudah mencuci sayur dengan bersih, residu dari pestisida tetap akan tertinggal pada sayuran non-organik. Untuk itulah sayuran organik menjadi pilihan terbaik karena lebih segar, bernutrisi, dan tentunya tidak menimbulkan penyakit.

Mengapa Kita Perlu Peduli Lingkungan Sejak Sekarang?

Re.juve percaya bahwa sekecil apapun langkah nyata untuk menyelamatkan bumi pasti akan memberi dampak yang positif kelak. Bumi adalah satu-satunya tempat tinggal kita untuk saat ini. Setiap langkah nyata yang kita ambil akan bantu memperpanjang umur hidup bumi sehingga anak, cucu, bahkan cicit kita tetap bisa hidup dengan nyaman. Tidak ada kata terlambat untuk mulai peduli lingkungan dari hal yang paling sederhana. Kamu pun bisa memulainya dari sekarang. 

Yuk, ikut serta mengambil langkah nyata yang #GOODforEarth dengan Bring Back Empty Bottle Re.juve yang kamu miliki. Setiap botol yang kamu kumpulkan akan didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat nantinya. Selain itu, setiap kali kamu membeli produk minuman Re.juve, kamu juga sudah berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik.

Mengonsumsi produk yang berkomitmen menggunakan botol kemasan dengan recycled plastic akan berdampak baik bagi lingkungan kita yang lebih sustainable. Kamu juga bisa bantu mengurangi pencemaran lingkungan dengan mulai mengonsumsi 100% sayur organik agar mendukung gerakan pengurangan penggunaan pestisida.