Lakukan Tips tips Berikut Agar Anak Mau Konsumsi Sayur

Masa anak-anak merupakan masa dimana kita senang dalam bermain, belajar, dan senang sekali dalam meng-explore hal-hal yang belum kita ketahui. Pertumbuhan kita pada saat anak-anak masih bergantung terhadap orangtua. Orangtua-lah yang memberikan kita asupan nutrisi lewat makanan-makanan yang diberikan. Namun terkadang para orang tua kesulitan dalam memberikan asupan nutrisi terutama lewat sayuran. Sayuran memiliki rasa yang kurang bisa diterima oleh anak-anak. Padahal, sayuran sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak-anak.

Gizi yang Diperlukan untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Para orangtua harus selalu memperhatikan makanan-makanan yang dikonsumsi sang buah hati. Anak-anak perlu mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang baik agar nantinya pertumbuhan si kecil tetap terjaga. Dilansir dari hellosehat.com, berikut ini merupakan nutrisi dan gizi yang diperlukan si kecil agar pertumbuhan nya tetap terjaga.

1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu komponen penting dalam tumbuh kembang anak-anak. Kalsium berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, menjaga fungsi otot dan saraf, membantu proses pembekuan darah, dan lainnya. Kalsium bisa diberikan kepada buah hati lewat makanan atau minuman seperti susu, keju, dan ikan.

2. Zat Besi

Zat besi merupakan zat yang membantu dalam proses pembentukan hemoglobin dan mioglobin pada tubuh. Bila sang buah hati kekurangan zat besi pada tubuh mereka, maka anak akan cenderung terasa lemas dan cepat lelah. Untuk itu, berilah buah hati kamu dengan makanan-makanan yang mengandung zat besi seperti daging, telur, ikan, dan lainnya.

3. Kalium

Gizi selanjutnya yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan anak adalah kalium. Kalium merupakan zat gizi yang berfungsi untuk mengontrol keseimbangan air di dalam tubuh, membantu fungsi otot dan irama jantung, serta mencegah terjadinya batu ginjal dan osteoporosis. Berikan buah hati makanan dan minuman yang tinggi kalium seperti pisang, tomat, susu, dan lainnya untuk membantu pertumbuhan anak.

4. Vitamin

Komponen yang satu ini sudah tidak perlu ditanya lagi soal fungsi nya bagi tubuh. Tidak hanya untuk anak-anak, zat nutrisi yang satu ini sangat dibutuhkan oleh semua orang tanpa memandang umur. Berbagai jenis vitamin dengan fungsinya masing-masing seperti vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan tulang, vitamin C berfungsi untuk pembentukan dan pengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh, vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, dan vitamin lainnya beserta fungsi-fungsinya. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin tinggi yang bisa dikonsumsi, diantaranya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

Anak Susah Makan Buah dan Sayur? Yuk Coba Pake Cara Ini!

Buah hati suka dalam mempelajari hal-hal baru di dunia ini. Sebagai orangtua, kita harus senantiasa memberikan mereka asupan gizi dan nutrisi yang baik agar pertumbuhan mereka tetap terjaga. Bila anak masih sulit untuk makan makanan sehat seperti sayuran, kamu bisa melakukan cara-cara seperti:

1. Kenalkan Sayur Beserta Fungsinya Kepada Anak

Anak-anak perlu diperkenalkan dengan makanan sehat seperti sayur. Kenalkan sayuran dan fungsinya kepada anak secara halus dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak. Anak butuh waktu dalam mengenali sayuran yang harus dikonsumsinya dan juga dibutuhkan kesabaran orangtua dalam memperkenalkan sayuran dan fungsinya kepada anak.

2. Buat Kreasi Makanan Dengan Bahan Sayuran

Bunda-bunda bisa membuatkan buah hatinya makanan-makanan yang berbahan dasar sayuran. Kreasikan makanan-makanan yang disukai anak namun tetap menggunakan bahan dasar sayuran seperti mie berbahan sayur, kripik bayam, nugget sayur, dan kreasi lainnya. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik untuk memakannya dibanding harus makan sayur secara utuh.

3. Beri Contoh Kepada Anak

Karena orangtua merupakan orang yang paling dicontoh oleh anaknya, maka orangtua juga yang harus memberikan contoh untuk anak dalam mengkonsumsi sayuran. Jika orangtua bisa memberikan contoh dalam mengkonsumsi sayur, maka anak akan dengan senang hati mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

4. Variasikan Cara Konsumsi Sayuran

Agar anak tidak bosan dalam mengkonsumsi sayuran, berikan alternatif lain untuk mengkonsumsi sayuran, seperti mengubah konsumsi sayuran utuh dalam bentuk jus. Anak-anak akan senang apabila diberikan minuman yang segar tetapi tetap sehat untuk dikonsumsi seperti jus buah dan sayur. Pastikan jus yang diberikan kepada anak tidak mengandung zat-zat yang berbahaya yang bisa merusak tumbuh kembang anak.

Re.juve Cold-Pressed Juice Bantu Tumbuh Kembang Buah Hati

Pilihan terbaik untuk para orangtua dalam memberikan asupan nutrisi dan gizi kepada si kecil adalah dengan Re.juve Cold-Pressed Juice. Re.juve 100% berasal dari buah segar dan sayuran organik, dan diproses dengan menggunakan metode Cold-Pressed yang Pure, Fresh, and Natural. Re.juve punya varian-varian yang cocok untuk anak-anak. Jika biasanya kita membuat jus terdapat busa-busa hasil juicing, Produk-produk Re.juve tidak menghasilkan busa saat pemrosesannya karena metode Cold-Pressed tadi. Produk Re.juve juga berwarna-warni yang berasal dari beragam buah dan sayuran yang nutrisinya sangat terjaga.

1. Tropic Joy Cold-Pressed Juice

Tropic Joy Cold-Pressed Juice bisa kamu berikan kepada buah hati kesayangan karena dibuat dengan perpaduan apel, kiwi, stroberi, dan buah bit yang kaya akan serat dan vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

2. Asian Green Cold-Pressed Juice

Asian Green Cold-Pressed Juice pilihan tepat untuk para orangtua memberikan asupan nutrisi kepada sang anak. Cold-Pressed Juice ini dibuat dengan perpaduan antara bayam, timun, nanas, dan apel yang 100% organik dan #GOODForYou. Asian Green Cold-Pressed Juice memiliki nutrisi antara lain vitamin B9, vitamin K, dan serat nutrisi lainnya untuk menormalkan tekanan darah.

3. u.Glow Cold-Pressed Juice

Selanjutnya Re.juve punya u.Glow Cold-Pressed Juice untuk diberikan kepada sang buah hati. Perpaduan antara wortel, nanas, dan jeruk, buat produk ini kaya akan vitamin C & B9, vitamin K, dan serat nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

4. i.Glow Cold-Pressed Juice

Dibuat dengan perpaduan antara wortel, nanas, dan apel, i.Glow Cold-Pressed Juice mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, vitamin K, dan nutrisi lainnya untuk membantu menyegarkan dan menjaga kesehatan mata kamu.

5. Crush Watermelon Cold-Pressed Juice

Tak lupa juga, Re.juve punya Crush Watermelon Cold-Pressed Juice. Perpaduan antara buah semangka, nanas, dan lemon, jus sehat yang satu ini tinggi akan vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh dan agar selalu tetap #LiveHappier!