Kopi Rendah Asam Bebas Laktosa Pilihan Aman Untuk Penderita Asam Lambung Re.juve

Siapa sih, yang tidak mengenal minuman kafein yang satu ini? Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengonsumsi olahan dari biji kopi ini. Kopi seperti sudah menjadi bagian dari gaya hidup di masyarakat. Namun, tidak semua orang suka dengan minuman yang terkenal pahit dan memiliki bau yang kuat. Bagi sebagian orang, mereka jarang mengonsumsi kopi karena kandungan kafeinnya dapat memicu masalah pencernaan seperti naiknya asam lambung. Tapi dibalik itu semua, ternyata ada pilihan kopi yang masih aman kok untuk penderita asam lambung loh.

Yuk kita cari tahu bersama kopi yang aman untuk penderita asam lambung!

Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Di balik rasa dan aromanya yang kuat, kopi mempunyai kandungan kafein. Kandungan kafein ini terdapat dalam jenis kopi yang berbeda-beda. Jenis kopi pun juga didasarkan pada cara pembuatannya yang membuat minuman kopi akhirnya aman untuk diminum untuk penderita asam lambung. Maka dari itu, kita perlu tahu jenis kopi apa saja yang aman untuk diminum bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti asam lambung. 

1. Kopi Rendah Asam

Penderita asam lambung mengonsumsi kopi yang memiliki kadar asam yang rendah. Nah, jenis kopi yang cocok untuk penderita asam lambung adalah kopi arabika. Dibandingkan kopi robusta, kopi arabika dipilih sebagai kopi yang disarankan untuk penderita asam lambung karena tingkat asam yang rendah dan kadar kafein yang kecil. Terutama jika kopi arabika dicampur susu atau dibuat menggunakan teknik cold-brew sehingga lebih aman untuk lambung.

2. Kopi yang Mengandung Susu

Jenis kopi yang bisa kalian coba selanjutnya adalah kopi yang mengandung campuran susu seperti Latte. Jenis kopi Latte ini bisa kamu dapatkan pada varian Cafe Latte dan Mocha Latte dari Re.juve Cold-Pressed Coffee. Re.juve Cold-Pressed Coffee bantu kamu nikmati kopi yang lebih sehat karena Cold-Pressed Coffeenya memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah jadi lebih aman untuk pencernaan kamu.

3. Kopi Cold-Brew

Dikutip dari klikdokter.com, batas asupan kafein yang aman pada orang dewasa sehat adalah 200-300 mg/hari atau setara 2-4 cangkir kopi. Kopi yang dibuat menggunakan teknik Cold-Brew memiliki kandungan kafein sekitar 95 mg. Sehingga, kafein yang masih berada di bawah batas asupan kafein normalnya orang dewasa seperti kopi cold-brew ini bisa jadi alternatif kopi kamu selain kopi susu.

4. Kopi Decaf

Kopi jenis Decaffeinated Brewed juga bisa jadi solusi kamu yang memiliki asam lambung tinggi. Kopi decaf merupakan kopi yang menggunakan teknik melarutkan kandungan kafein dalam proses pencucian biji kopi sebelum akhirnya biji kopi dipanggang dan digiling. Kopi ini aman untuk penderita asam lambung karena kandungan kafein yang kecil di dalam satu gelas (237 ml) kopi seduh decaf. Satu gelas tersebut hanya mengandung 2-12 mg kafein.

5. Kopi Espresso

Kopi yang terkenal dengan warna hitam pekatnya ternyata aman untuk diminum terutama jika kamu memiliki masalah pencernaan. Jenis penyajian kopi Espresso ini lebih kecil dibandingkan dengan kopi decaf ataupun kopi cold-brew. Penyajian kopi hitam ini umumnya diseduh menggunakan cangkir kecil. Satu cangkir Espresso hanya berisi 30 ml yang memiliki kandungan kafein sebesar 75 mg.

Kandungan Kafein Tak Kalah Penting

Setelah mengetahui jenis-jenis kopi serta penyajiannya yang membantu kita untuk mengenali kopi yang aman untuk masalah pencernaan kita, kita juga perlu tahu bahwa kandungan kafein juga tidak kalah penting. Kafein adalah zat alami yang terkandung dalam tanaman teh, kopi, dan kakao. Zat ini dapat berpengaruh pada fungsi organ dalam tubuh. Meski begitu, setiap orang memiliki reaksi berbeda ketika zat ini menyebar ke dalam tubuh. 

Sebagai penikmat kopi, kita perlu membatasi jumlah konsumsi apalagi jika kita memiliki tingkat asam yang berlebih sehingga seringkali asam dalam lambung kita cepat naik. Menurut penelitian, minum kopi lebih dari 500 mg kafein ternyata bisa memicu nyeri kepala dan rasa lelah. Oleh karena itu, kita perlu mengikuti anjuran minum kopi per harinya supaya kita tetap bisa menikmati kopi kesukaan dengan nikmat dan sehat.