Kolesterol Meningkat Pasca Idul Adha Ini Dia Cara Mengatasinya Rejuve

Hari Raya Idul Adha tahun 2022 terasa meriah, banyak orang yang berkumpul dengan keluarga besarnya untuk merayakan hari raya lebaran haji satu ini. Hari Raya Idul Adha, selain akrab dengan berkumpulnya keluarga dan qurban, juga akrab dengan aktivitas santap bersama keluarga besar. Menu-menu yang berbahan daging kambing dan sapi menjadi hidangan utama. Beberapa varian makanan yang akrab dijumpai saat Hari Raya Idul Adha ialah sate bumbu kecap, gulai kambing, rendang, kambing guling, sop kambing ataupun sapi, tongseng, dan lain-lain. 

Tak dipungkiri, menu makanan yang disebutkan di atas memang enak rasanya, ditambah suasana di hari spesial semakin menambah cita rasa makanan. Namun, menu makanan tersebut mengandung lemak serta termasuk jenis makanan yang berkolesterol tinggi sehingga dapat beresiko terkena serangan jantung, hingga stroke apabila dikonsumsi berlebihan. Nah, berikut beberapa cara untuk mengatasi naiknya kadar kolesterol pasca Hari Raya Idul Adha.

Cara Mencegah Kolesterol Naik Setelah Rayakan Idul Adha

Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk dapat mencegah naiknya kadar kolesterol setelah merayakan Idul Adha:

1. Mengolah Daging dengan Benar

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghindari konsumsi daging berlemak tinggi adalah memasak daging secara benar. Pilihlah daging yang bebas lemak untuk diolah. Jika bisa, kuliti lemak di yang ada pada daging agar tidak dikonsumsi terlalu banyak. Untuk mengolahnya kamu dapat menggunakan cara rebus, kukus, ataupun panggang menggunakan minyak zaitun.

2. Perbanyak Konsumsi Buah

Kandungan serat sangat ampuh untuk membantu tubuh mencerna. Maka dari itu konsumsilah buah yang kaya akan serat agar meminimalisir risiko terkena kolesterol. Kemudian, konsumsi jus buah dan sayur tanpa gula tambahan juga dapat membantu mengurangi risiko kolesterol. Beberapa buah yang tinggi serat untuk bantu mencegah naiknya kadar kolesterol adalah pisang, apel, alpukat, dan juga buah bit.

3. Perbanyak Konsumsi Kacang Almond

Kacang almond juga dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kacang almond sendiri merupakan kacang yang kaya akan vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel darah dari kerusakan serta mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol. Selain melindungi sel darah dari kerusakan, almond juga dapat mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

4. Konsumsi Seledri

Seledri biasanya hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit sebagai pelengkap makanan berkuah seperti sop, bakso, dan lain-lain. Namun sebenarnya mengonsumsi seledri amat baik untuk mengurangi kolesterol karena seledri mengandung zat yang bernama fitokimia. Zat ini mampu melemaskan jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah serta menurunkan tekanan darah. Kolesterol yang tinggi erat dengan kondisi hiperlipidemia. Penyakit ini dapat memicu berbagai penyakit lain seperti jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi seledri, kadar kolesterol jahat dan kolesterol total akan menurun perlahan.

5. Hindari Konsumsi Makanan Berlemak Jahat

Setelah Hari Raya Idul Adha, cobalah kurangi mengonsumsi makanan berlemak jahat selama beberapa hari. Makanan seperti gorengan, kue, pizza, makanan yang terbuat dari margarin atau mentega, fast food, frozen food harus dihindari. Ubahlah kebiasaan konsumsi daging merah dan menggantinya dengan mengonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti ikan kembung, salmon, tuna, maupun ikan sarden segar. Pastikan juga cara memasaknya benar sehingga lebih sehat. Hindari menggoreng ikan karena justru dapat membuat kolesterol tinggi. Kamu juga bisa mengganti penggunaan mentega dengan minyak zaitun sebagai pilihan alternatif yang lebih sehat. 

Re.juve Bantu Atasi Kolesterol Tinggi

Konsumsi buah dan sayuran yang kaya serat menjadi salah satu cara mengatasi atau mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, terutama setelah Hari Raya Idul Adha. Namun menyiapkan buah dan sayur untuk dikonsumsi nyatanya tidak terlalu praktis. Buah dan sayur harus dicuci dan dipotong dahulu. Sementara buah dan sayur yang telah terpapar udara akan berkurang nutrisinya. Maka dari itu, Re.juve hadir untuk memberikan solusi konsumsi buah dan sayur yang enak, sehat, dan juga praktis. Re.juve menggunakan teknik cold-pressed untuk membuat jus sehingga kandungan nutrisi dari buah dan sayuran segar organik yang dipakai tetap terjaga. 

Beberapa varian Re.juve yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol dari dalam tubuh adalah Re.juve Celery Line yang terbuat dari batang seledri organik sebagai bahan utamanya. Daun seledri sendiri terkenal memiliki manfaat dapat menjaga kesehatan serta mengurangi risiko penyakit jantung. Ekstrak seledri dapat efektif menurunkan lipid darah, termasuk kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan total kolesterol. Celery Line dari Re.juve terdiri dari berbagai varian cold-pressed juice yang merupakan campuran dari berbagai sayur, buah dan juga pastinya seledri itu sendiri.