Ketahui Penyebab Gejala dan Cara Mencegah Insomnia Rejuve

Setiap hari, kita tentunya selalu melakukan aktivitas, entah itu aktivitas ringan atau aktivitas berat. Ketika beraktivitas, tubuh mengeluarkan energi dan tenaga untuk melakukannya. Oleh karena itu, setiap harinya tubuh juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Mengistirahatkan tubuh banyak sekali fungsinya. Tubuh bisa meregenerasi sel-sel rusak, meningkatkan imun tubuh, pikiran akan semakin fresh, dan masih banyak lagi fungsi dari istirahat.

Kamu Susah Tidur? Bisa Jadi Itu Gejala Insomnia!

Ketika tubuh kelelahan, tubuh memerlukan istirahat, salah satunya dengan tidur. Lalu, apa jadinya ketika kita perlu waktu untuk tidur namun masih saja belum bisa tidur? Itulah yang dinamakan insomnia.

Dikutip dari alodokter.com, insomnia merupakan gangguan pada tubuh yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Umumnya, kita membutuhkan 7-8 jam untuk tidur agar tubuh tetap bugar.

Insomnia terbagi menjadi 2 jenis yaitu Insomnia Primer dan Sekunder. Insomnia Primer merupakan insomnia atau gangguan tidur yang tidak ada hubungannya dengan kondisi medis lain

Berbeda dengan Insomnia Primer, Insomnia Sekunder merupakan insomnia atau gangguan tidur yang diakibatkan oleh gangguan lainnya, seperti radang sendi, asma, depresi, kanker, dan lainnya.

Penyebab Insomnia

Dilansir dari halodoc.com, insomnia bisa dikategorikan menjadi 2, yaitu insomnia akut dan kronis.

1. Insomnia Akut

Insomnia akut merupakan insomnia yang terjadi dalam jangka waktu pendek. Biasanya insomnia akut terjadi karena:

  • Stress atau sedang banyak pikiran
  • Jetlag
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang mengakibatkan susah tidur

2. Insomnia Kronis

Sedangkan insomnia kronis, merupakan insomnia terjadi dalam jangka waktu panjang. Penyebab orang terkena insomnia kronis antara lain:

  • Datang dengan sendirinya
  • Nyeri pada tubuh
  • Masalah psikologis (depresi)
  • Penggunaan zat-zat tertentu
  • Faktor-faktor kesehatan
  • Gangguan tidur lainnya

Gejala Dari Insomnia

Sesuai dengan pengertiannya, gejala dari insomnia sendiri adalah kesulitan tidur saat malam hari karena faktor-faktor penyebab yang sudah disebutkan diatas. Biasanya, kita terlalu memikirkan hal-hal tertentu pada malam hari sehingga otak masih harus bekerja dan mata sulit untuk dipejamkan

Ketika kita menderita insomnia, baik itu insomnia akut maupun kronis, beberapa hal akan terjadi pada tubuh kita. Seseorang dapat mengalami kondisi-kondisi seperti cemas dan depresi. Selain itu, tubuh juga bisa terkena imbas dari insomnia itu sendiri. Insomnia dapat memicu terjadinya asma, meningkatkan resiko diabetes, meningkatkan resiko darah tinggi, hingga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain kondisi-kondisi tadi, ketika tubuh tidak mendapatkan porsi istirahat yang cukup, otak tidak dapat bekerja dengan maksimal sehingga dapat mempengaruhi pikiran dan dapat berpengaruh terhadap produktivitas dalam sehari-hari.

Cara Mencegah Insomnia

Ketika berbicara tentang insomnia, kita langsung terpikirkan tentang kesulitan tidur pada malam hari. Padahal itu tidak baik bagi tubuh karena tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat. Kita dapat mencegah insomnia dengan beberapa cara berikut:

1. Mulai Membiasakan Pola Tidur yang Baik

Diawali dengan membiasakan pola tidur yang baik. Setiap harinya, tubuh memerlukan sekitar 7 hingga 8 jam untuk tidur agar mendapat waktu yang cukup untuk beristirahat. Jangan biasakan begadang hingga larut malam karena itu akan mempengaruhi jam tidur kamu kedepannya. Sebelum kamu tidur, usahakan untuk membuat tubuh dalam kondisi senyaman dan serileks mungkin agar kamu bisa tertidur dengan nyenyak.

2. Hindari Tidur Siang

Ternyata tidur siang dapat mempengaruhi jam tidur kamu saat malam hari. Tidur siang dapat mata kita terjaga saat malam hari. Untuk itu, lakukanlah aktivitas di siang hari agar kamu terhindar dari tidur siang dan bisa dengan rileks tidur saat malam harinya.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Cara yang dapat mencegah insomnia selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makan yang sehat dan bergizi. Contoh makanan-makanan yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur untuk mencegah insomnia adalah ikan, kacang almond, dan buah-buahan seperti kiwi, nanas, dan jeruk. Makanan-makanan tersebut diketahui memiliki kandungan-kandungan seperti zat melatonin, zat serotonin, magnesium, protein, dan kalium. Makanan-makanan seperti kacang almond dan buah-buahan juga dapat dijadikan camilan sehat pada saat malam hari agar berat badan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari obesitas.

Sumber Gizi dari Makanan-makanan di Atas Juga Ada di Re.juve!

Re.juve punya Cold-Pressed Juice yang mengandung buah-buahan yang sudah disebutkan di atas. Dengan kiwi, nanas, apel, dan bayam, Tropic Joy Cold-Pressed Juice bisa dijadikan pilihan minuman sehat kamu. Selain Tropic Joy, u.Glow Cold-Pressed Juice bisa kamu pilih karena mengandung buah-buahan segar seperti nanas dan jeruk yang dikombinasikan dengan wortel sehingga 100% #GOODforYou. Tak hanya buah-buahan, Re.juve juga punya Cold-Pressed Juice dengan berbahan kacang almond, yaitu Almond Milk Cold-Pressed Juice, Violet Almond Milk Cold-Pressed Juice, dan varian almond milk lainnya. Kacang almond diketahui bisa membantu kamu untuk mencegah insomnia sehingga kamu bisa #LiveHappier!