10 Manfaat Jambu Biji Untuk Tubuhmu Re.juve

Jambu biji adalah tanaman tropis asli Brasil yang disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Buahnya berbentuk bulat agak lonjong dengan kulit hijau muda atau kekuningan, serta mengandung biji yang bisa dimakan langsung, buah ini kaya akan kandungan nutrisi yang luar biasa bermanfaat bagi kesehatan seperti: antioksidan, vitamin C, potassium, kalium, dan serat. Berikut merupakan ragam manfaat jambu biji yang harus kamu ketahui!

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jambu biji memiliki nilai glikemik rendah yaitu berkisar 30-an, menjadikan buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat dicerna dan diserap secara lambat oleh tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan gula darah dalam tubuh. Biasanya jambu biji dijadikan sebagai diet diabetes yang baik, karena bisa meringankan gejala gula darah yang tinggi.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan vitamin yang ada pada jambu biji dinilai bisa membantu melindungi jantung dari resiko kerusakan akibat paparan radikal bebas. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti potasium, dan serat larut yang tinggi pada jambu biji juga dianggap berkontribusi dalam peningkatan kesehatan jantung.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dilansir melalui healthline, satu buah jambu biji memiliki kandungan serat sebesar 12% yang mampu memenuhi kebutuhan serat harian. Serat sangat bermanfaat bagi tubuh agar bisa mencegah sembelit (konstipasi), membantu menjaga pergerakan usus yang sehat sehingga mencegah penyumbatan saluran pencernaan.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori 1 buah Jambu biji adalah sebesar 37 kalori, selain itu terdapat kandungan serat sebesar 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, sehingga baik untuk dicerna tubuh. Maka dari itu, berdasarkan dua kandungan nutrisi ini, jambu biji dapat dijadikan sebagai camilan buah yang sehat dan cocok jika dikonsumsi saat diet.

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Dilansir dari hellosehat, kandungan vitamin C pada jambu biji lebih besar 4x lipat daripada buah jeruk, yaitu pada satu buah jambu biji, terkandung setidaknya 250–300 miligram vitamin C, sedangkan satu buah jeruk hanya mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Kandungan vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan fit, serta terhindar dari penyakit.

6. Mencegah Kanker

Jambu biji memiliki kandungan tinggi asam protocatechuic, quercetin, asam ferulat, asam askorbat, quercetin, asam galat dan asam kafeat yang merupakan antioksidan penting. Tingginya tingkat antioksidan dalam jambu biji dapat membantu mencegah perkembangan dan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah & Kolesterol

Mengonsumsi buah jambu biji tanpa kulit dinilai lebih efektif dalam menurunkan gula darah serta mengontrol kolesterol. Kandungan nutrisi vitamin C dan senyawa antioksidan yang tinggi pada buah ini dapat membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari peradangan kronis. Jambu biji juga mengurangi kadar kolesterol secara keseluruhan, yang berkontribusi pada tekanan darah yang lebih rendah dan lebih sehat.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Selain kaya dengan antioksidannya,jambu biji juga mengandung vitamin A yang membantu meningkatkan penglihatan seseorang. Makan jambu biji tidak hanya mencegah penglihatan yang buruk tetapi juga dapat mencegah terkena katarak dan degenerasi makula.

9. Mencegah Penuaan Dini

Jambu biji bisa sangat membantu dan memerangi kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas di kulitmu, karena kandungan antioksidan dan vitamin C nya yang tinggi, dan mengatasi masalah kerutan dan garis penuaan dini.

10. Memperbaiki Mood

Vitamin C ditemukan dalam jambu biji dapat menghasilkan adrenalin dan akan meningkatkan  suasana positif suasana hatimu. Jambu biji juga mengandung magnesium tingkat tinggi untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan dan bisa meningkatkan semangat.

Banyaknya manfaat yang terkandung pada jambu biji untuk tubuhmu nantinya akan semakin kaya nutrisi apabila jambu biji dipadukan dengan buah dan sayur lainnya agar menjadi sebuah kombinasi jus dengan rasa yang unik dan tentunya 100% #GOODforYou!